Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Sarana Multigriya Lestari
DOI:
https://doi.org/10.32493/fb.v2i1.2020.83-94.3710Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara Harga dan Promosi tehadap Keputusan Pembelian pada PT Sarana Multigriya Lestari. Metode penelitian ini adalah berjenis penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan metode pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 523 responden dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 84 responden dan menggunakan teknik random sampling. Sedangkan metode analisa data menggunakan rumus-rumus statistik yaitu dengan teknik pengujian instrumen uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi product moment, uji koefisien determinasi, uji autokorelasi, uji heterokedastisitas, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian berdasarkan analisa data, Terdapat pengaruh positif signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian PT Sarana Multigriya Lestari dengan nilai t hitung > t tabel (1,848 > 1,664) dan sig < 0,05 (0,68 < 0,05) maka Ha ditolak Ho diterima. Terdapat pengaruh positif signifikan antara promosi terhadap keputusan pembelian PT Sarana Multigriya Lestari dengan nilai t hitung > t tabel (8,782 > 1,664) dan sig < 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ha ditolak Ho diterima. Pengujian secara simultan menunjukkan Harga dan Promosi berpengaruh secara bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian, hal ini dibuktikan dengan persamaan regresi Y dengan konstanta sebesar 5,388 menyatakan bahwa tanpa ada variabel Harga (X1) dan Promosi (X2) maka Keputusan Pembelian (Y) tetap terbentuk sebesar 5,388 atau jika Harga (X1) dan Promosi (X2) nilainya = 0 maka Keputusan Pembelian tetap memiliki nilai 5,388. Hasil koefisien Determinasi R2 = 0,655, artinya variabel Harga (X1) Promosi (X2) memiliki kontribusi sebesar 65,5% terhadap Keputusan Pembelian (Y) dan sisanya 34,5% dipengaruhi variabel lain. Hasil uji hipotesis secara simultan menunjukjan nilai f hitung > f tabel yaitu 76,886 > 3,11 dan sig < 0,05 atau 0,000 <0,05 Ha ditolak Ho diterima yang artinya terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Harga dan Promosi terhadap keputusan pembelian pada PT Sarana Multigriya Lestari.
Kata Kunci : Harga; Promosi ; Keputusan Pembelian
References
Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Penerbit : Alfabeta, Bandung
Danang, Sunyoto, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru
Danang, Sunyoto, 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Buku Seru
Kolter Dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta : Erlangga
Kolter, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Kolter dan Kevin Lane Keller. 2012, Marketing Management 14th Edition. New Jersey : Pearson Education, Inc
Kolter dan Keller, 2012, Marketing Management. Edisi 14 Global Edition. Pearson, Prenice Hall
Kolter, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi. 13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kom-petensi. Edisi ke 3. Jakarta : Salemba Empat
Setiadi, Nugroho J. 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta : Kencana
Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta Andi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.