Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Sarana Multigriya Lestari

Authors

  • Mutmainnah Mutmainnah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/fb.v2i1.2020.83-94.3710

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara Harga dan Promosi tehadap Keputusan Pembelian pada PT Sarana Multigriya Lestari. Metode penelitian ini adalah berjenis penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan metode pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 523 responden dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 84 responden dan menggunakan teknik random sampling. Sedangkan metode analisa data menggunakan rumus-rumus statistik yaitu dengan teknik pengujian instrumen uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi product moment, uji koefisien determinasi, uji autokorelasi, uji heterokedastisitas, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian berdasarkan analisa data, Terdapat pengaruh positif signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian PT Sarana Multigriya Lestari dengan nilai t hitung > t tabel (1,848 > 1,664) dan sig < 0,05 (0,68 < 0,05) maka Ha ditolak Ho diterima. Terdapat pengaruh positif signifikan antara promosi terhadap keputusan pembelian PT Sarana Multigriya Lestari dengan nilai t hitung > t tabel (8,782 > 1,664) dan sig < 0,05 (0,000 < 0,05) maka Ha ditolak Ho diterima. Pengujian secara simultan menunjukkan Harga dan Promosi berpengaruh secara bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian, hal ini dibuktikan dengan persamaan regresi Y  dengan konstanta sebesar 5,388 menyatakan bahwa tanpa ada variabel Harga (X1) dan Promosi (X2) maka Keputusan Pembelian (Y) tetap terbentuk sebesar 5,388 atau jika Harga (X1) dan Promosi (X2) nilainya = 0 maka Keputusan Pembelian tetap memiliki nilai 5,388. Hasil koefisien Determinasi R2 = 0,655, artinya variabel  Harga (X1) Promosi (X2) memiliki kontribusi sebesar 65,5% terhadap Keputusan Pembelian (Y) dan sisanya 34,5% dipengaruhi variabel lain. Hasil uji hipotesis secara simultan menunjukjan nilai f hitung > f tabel yaitu 76,886 > 3,11 dan sig < 0,05 atau 0,000 <0,05 Ha ditolak Ho diterima yang artinya terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Harga dan Promosi terhadap keputusan pembelian pada PT Sarana Multigriya Lestari.

 

Kata Kunci : Harga; Promosi ; Keputusan Pembelian

References

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Penerbit : Alfabeta, Bandung

Danang, Sunyoto, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru

Danang, Sunyoto, 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Buku Seru

Kolter Dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta : Erlangga

Kolter, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Kolter dan Kevin Lane Keller. 2012, Marketing Management 14th Edition. New Jersey : Pearson Education, Inc

Kolter dan Keller, 2012, Marketing Management. Edisi 14 Global Edition. Pearson, Prenice Hall

Kolter, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi. 13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kom-petensi. Edisi ke 3. Jakarta : Salemba Empat

Setiadi, Nugroho J. 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta : Kencana

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Alfabeta

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta Andi.

Downloads

Published

2020-02-12

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.