Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Abadi Jaya Motor Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32493/fb.v1i2.2019.148-159.2972Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada Bengkel Abadi Jaya Motor Bogor. Untuk mengetahui pengaruh lokasi secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada Bengkel Abadi Jaya Motor Bogor. Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan pelanggan pada Bengkel Abadi Jaya Motor Bogor.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi secara parsial, uji koefisien determinasi secara simultan, uji korelasi product moment, Uji t dan Uji f. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang konsumen yang memakai jasa perbaikan kendaraan motor pada Bengkel Abadi Jaya Motor sebanyak 457 konsumen. Dengan rumus slovin didapat sampel sebanyak 82 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa . Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 26,2%. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang tinggi akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Dari hasil yang diperoleh nilai t hitung > t tabel (5,334 > 1,663), hal itu juga dibuktikan dengan signifikansi 0,000 < 0,05. dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan.Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 41,9%. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang tinggi akan meningkatkan keputusan pembelian. Dari pengujian hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (7.602 > 1,663) hal ini diperkuat dengan probability 0,000 < 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara lokasi terhadap kepuasan pelanggan.Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan lokasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dengan persamaan regresi Y = 14,980 + 0,230X1 + 0,473X2. Semakin tinggi kualitas pelayanan dan loaksi maka akan semakin meningkatkan kepuasan pelanggan. Demikian pula sebaliknya. Kontribusi pengaruh promosi dan kualitas pelayanan secara simultan adalah sebesar 46,7% sedangkan sisanya sebesar 53,3% dipengaruhi faktor lain. Dari pengujian hipotesis menggunakan uji statistik F hitung > F tabel atau (34,613 > 2,150), hal tersebut juga diperkuat dengan probability 0,000 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara kualitas pelayanan, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan; Lokasi; Kepuasan Pelanggan
References
Alma, Buchari. â€Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasaâ€. Bandung. Edisi
Revisi. Alfabeta. 2005.
Arikunto, S. “Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktekâ€. Penerbit Rineka Cipta
Bungin, Jakarta, 2010.
Daud, Denny. Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian
Pada PT. Bess Finance Manado. Manajemen. Fakultas Ekonomi Dan
Bisnis.Universitas Sam Ratulangi Manado. 2013.
Dwintha, Tiyani. Analisis Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Volume
Penjualan Mobil Daihatsu Pada PT. Jujur Jaya Sakti Makassar.
Manajemen. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Hasanudin
Makasar. 2012.
George, Terry. Dasar-Dasar Manajemen. Cetakan Kesebelas. PT. Bumi Aksara.
Jakarta. 2010.
Handoko, T. Hani. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta BPFE. 2012.
Hasibuan, SP, “Dasar-dasar Perbankanâ€, Haji Masagung, Jakarta, 2012.
Kotler, Philip & Gary Armstrong. Principles of Marketing. Eleventh Edition,
Pearson Prentice Hall, New Jersey. 2006.
Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. Manajemen Pemasaran. Jakarta. Penerbit
Indeks. 2007.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. Marketing Management 13. New Jersey.
Pearson Prentice Hall, Inc. 2012.
Mandasari, Ii. “Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan
Nasabah Untuk Menabung Pada BRI Syariah cabang Cirebonâ€. Manajamen.
Institut Agama Islam Negri (IAIN) Syekh Nurjati. Cirebon. 2015.
Noor, Juliansyah. “Metodelogi Penelitianâ€. Penerbit Prenhalindo. Jakarta. 2000.
Peter, J.P. & Olson, J.C. Consumer Behaviour & Marketing Strategy, New
York: McGraw-Hill Companies, Inc. Seventh Edition. 2005.
Rambat, Lupiyoadi. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta. 2008.
Saladin, Djaslim, â€Manajemen Pemasaranâ€, Linda Karya, Bandung, 2012.
Sarwono, Jonathan, “Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatifâ€, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2012
Setiadi, Nugroho. Perilaku Konsumen. Jakarta. Cetakan Keempat. Penerbit
Kencana Prenada Media Group. 2010.
Simamora, Bilson, “Panduan Riset Dan Perilaku Konsumenâ€, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2013.
Singgih Santoso, “SPSS Statistik Parametik†Cetakan Kedua, PT. Elek Media
Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & Dâ€, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung, 2012.
Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & Dâ€, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung, 2014.
Supranto, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta. Cetakan Ketiga.
Penerbit Rineka. 2006.
Swasta, Basu dan Irawan. “Manajemen Pemasaran Modernâ€. Liberty. Yogyakarta. 1990.
Swastha, Bashu dan T. Handoko, “Manajemen Pemasaran Moderenâ€, BPFE, Yogyakarta, 2010..
Syofian Siregar, “Statistika Deskriptif Untuk Penelitianâ€, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2010.
Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Andi Offset. Yogyakarta. 2008.
Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran Jasa. CV. Andi. Yogyakarta. 2009.
Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra. Pemasaran Strategik. Yogyakarta. Edisi
Kedua. Penerbit Andi. 2012.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, “Serivce Quality and Satisfiationâ€, Edisi tiga, Andi, Jakarta, 2012.
Utama, Rai. “Pengaruh Kualitas Pelaynan dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen
Dalam Pmbelian Produk Pada Salon Kecantikan Mutiara Sading Mengwiâ€.
Manajamen. Fakultas Ekonomika. Universitas Dhyana Pura.Bandung. 2016
Rocket.“Definisi Manajemenâ€.sumber:http://rocketmanajemen.com/20definisimanaj
emen-menurut-para-ahli/. Diakses Tanggal 25 Januari 2018 Jam 20.36 WIB
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.