Evaluasi Kelayakan Bisnis Steam Mobil “Top Clean” Tangerang Selatan Ditinjau Dari Aspek Operasional

Authors

  • Syamruddin Syamruddin Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/fb.v1i2.2019.182-195.2994

Abstract

Saat ini, di setiap sisi jalan sering kita jumpai layanan cuci mobil. Hal tersebut disebabkan karena bagi kebanyakan masyarakat kota, jasa cuci mobil merupakan suatu kebutuhan dan sarana untuk mencuci kendaraan mereka yang sangat praktis, di sela-sela kesibukan serta rutinitas keja sehari-hari. Jasa cuci mobil pun terus berkembang dan  menjadi suatu peluang bisnis yang cukup menjanjikan sehingga perlu dikelola secara profesional. Seiring dengan semakin berkembangnya bisnis jasa cuci mobil ini, maka sudah  sewajarnya pula dilakukan suatu evaluasi mengenai layak tidaknya bisnis tersebut. Pada umumnya Evaluasi Kelayakan Bisnis sudah banyak dikenal masyarakat. Terutama masyarakat yang bergerak dalam dunia bisnis. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang evaluasi dan gambaran kelayakan bisnis Steam Mobil “Top Clean†yang berlokasi di Kota Tangerang Selatan dari aspek operasional. Adapun Evaluasi Kelayakan Bisnis diperlukan untuk melihat suatu gambaran mengenai layak tidak layaknya suatu bisnis yang akan dijalankan. Selanjutnya metode penelitian  yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan observasi. Teknik sampel yang digunakan adalah nonprobability. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan Matriks SWOT dengan cara analisis matriks IE, IFAS, dan EFAS. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh gambaran bahwa kelayakan bisnis Steam Mobil “Top Clean†dinyatakan layak. Hasil dari dari faktor internal dan eksternal dalam operasional berada di tingkat yang tinggi. Aspek operasional ini memperoleh hitungan Bobot Matriks SWOT sebesar 3,27 untuk faktor internal dan 3,07 untuk faktor eksternal. Dengan demikian sesuai hasil tersebut berarti Steam Mobil “Top Clean†ini layak untuk terus dijalankan.


Kata Kunci : Studi Kelayakan Bisnis; SWOT; Manajemen Strategi

References

Assauri, Sofjan. (2011). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Assauri, Sofjan. (2008). Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Keempat. Jakarta: Lembaga Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

David, Fred R. (2011). Manajemen Strategis Konsep, Kasus dan Implementasi terjemahan. Jakarta: PT Gasindo.

Handoko, T Hani. (2011). Manajemen. Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta Anggota IKAPI.

Hasibuan. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Haji Masagung.

Ishak, Aulia. (2010). Management Operation. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kuncoro, Mudrajad. (2014). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi 4. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol Jilid 1 Edisi 13. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi Ketigabelas. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 2 Edisi Ketigabelas. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi Ketigabelas. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 2 Edisi Ketigabelas. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Laksana, Fajar. (2013). Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lovelock & Wright. (2012). Principle of Services Marketing and Management. Upper Saddle River, New Jersey, USA: Prentice Hall Inc.

Manullang. (2012). Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Martono, Nanang. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Edisi Revisi 2. Jakarta: Penerbit RajaGrafindo Persada.

Naresh, K. Malhotra. (2010). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan. Edisi Keempat Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.

Pearce, Jhon A. dan Robinson, Richard, B. (2011). Manajemen Strategi: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif: jenis, karakteristik, dan keunggulannya. Jakarta: Penerbit Grasindo.

Rangkuti, Freddy. (2009). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis Reorientasi Konsep Perencanaan Strategi Untuk Menghadapi Abad 21. Jakarta: PT Gramedia.

Rangkuti, F. (2013). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Render Berry dan Heizer Jay. (2011). Management Operation. Jakarta: Boston.

Silalahi, Ulber. (2011). Asas-Asas Manajemen. Bandung: PT Refika Aditama. Anggota IKAPI.

Sri Wahyudi, Agustinus. (2013). Manajemen Strategik: pengantar proses berpikir strategik. Jakarta: Penerbit Binarupa Aksara.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif-Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Supranto, J. (2012). Metode Riset. Cetakan 2. Jakarta: Penerbit Rineke Cipta.

Terry, George R. dan Rue, Leslie W. (2012). Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Wheelen, T. L. dan Hunger, J . D. (2012), Strategic Management and Business Policy : Toward Global Sustainability. Thirteen Edition, Pearson, United States.

Wijayanto, Dian. (2012). Pengantar Manajemen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Anggota IKAPI.

Internet :

Albert Humphrey, Teknik Analisis SWOT, dikutip dari https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT, tanggal 27 Juli 2019.

Downloads

Published

2019-08-30

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.