Analisis Pengaruh Ekuitas Merek PT Pos Indonesia (Persero) KPC Jakarta Pusat Dalam Menarik Konsumen
DOI:
https://doi.org/10.32493/fb.v3i1.2021.97-103.9595Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek PT Pos Indonesia (Persero) KPC Jakarta Pusat dalam menarik konsumen melalui keputusan pembelian. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitaif. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Regresi Linier Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi, Analisis Koefisien Determinasi, dan Pengujian Hipotesis (Uji t). Adapun hasil penelitian menunjukkan adanya faktor yang kuat pada ekuitas merek dalam menarik konsumen untuk menggunakan produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Hal itu ditunjukkan pada hasil pengujian di mana Ekuitas Merek berpengaruh sebesar 59,8% terhadap Keputusan Pembelian. Sisanya sebesar 40,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Sedangkan dalam uji hipotesis diperoleh nilai t hitung > t tabel atau (12,004 > 1.985), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.
Kata Kunci : Ekuitas Merek, Keputusan Pembelian, Konsumen
References
Aaker, David A. (2014). Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of a Brand Name. New York. The Free Press.
Algustin, W., & Matoati, R. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Minat Beli Ulang Produk Emina Pada Generasi Z. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 27(1).
Aprilia, Y. D., & Verinita, V. (2019). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Tabungan Ebatara Pos di Kantor Layanan Setara Kantor Kas (KLKK) Pariaman. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(3), 519-532.
Ariyanto, Y. (2016). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan Juke. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(3).
Fibriany, F. W., & Dewi, Y. N. (2020). Analisis Ekuitas Merek Kedai Kopi Kekinian. Journal of Marketing Modern, 1(2), 63-71.
Khasanah, I. (2013). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Sedaap di Semarang. JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), 4(1).
Kirana, E. K. (2019). Pengaruh Ekuitas Merek dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Ekspedisi (Studi Pada Konsumen Jalur Nugraha Ekakurir). Manajemen Bisnis, 8(1).
Kotler, Philip & Keller. (2017). Manajemen Pemasaran. Terjemahan Bob Sabran. Edisi ke 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Lukman, M. D. (2014). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Produk Teh Botol Sosro Kemasan Kotak. Jurnal Administrasi Bisnis, 10(1).
Murhadi, T. (2019). Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian LintasartaNet di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1).
Mustofa, B., & Sutopo, S. (2013). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha (studi kasus pada Mahasiswa Universitas Diponegoro). Diponegoro Journal of Management, 10-20.
Nurfitriani, A., & Suhartini, T. (2018). Strategi Marketing Public Relations PT. Pos Indonesia. J-IKA, 5(1), 66-70.
Putra, R. P., Yulianita, N., Hamdan, Y., & Ratnasari, A. (2018). Analisis Brand Equity Perusahaan Melalui Media Sosial (Studi Kasus pada Bagian Media Komunikasi PT. Pos Indonesia Persero). Idea: Jurnal Humaniora, 50-62.
Pinassang, A. W., & Rahardjo, S. T. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Toshiba Di Semarang. Diponegoro Journal of Management, 6(4), 123-134.
Putri, V. D. A., & Suasana, I. G. A. K. G. (2017). Pengaruh elemen ekuitas merek terhadap keputusan pembelian di gerai Starbucks coffee (Studi pada konsumen domestik Starbucks coffee di wilayah Bali). E-Jurnal Manajemen, 7(1), 470-496.
Rido, F., Fathor, A. S., & Purnamawati, P. (2019). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Memilih Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening. Competence: Journal of Management Studies, 13(1), 44-55.
Sabar, D. R., Mananeke, L., & Lumanauw, B. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek, Atribut Produk dan Direct Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Pada PT Hasjrat Abadi Manado Tendean. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(1).
Suharyani, K., Nuridja, I. M., & Haris, I. A. (2016). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Teh Botol Sosro Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Supranto dan Limakrisna, Nandan. (2011). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Syamruddin, S., & Hakim, F. N. (2019). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, 2(1), 147-161.
Taqwa, D. M. (2020). Analisis Ekuitas Merek Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Moda Ojek Online ‘’Grab’’. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 1(08), 20-27.
Wiastuti, R. D., & Kimberlee, S. (2018). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Simetri Coffee Roaster Puri, Jakarta. Jurnal Pariwisata, 5(2), 133-146.
Widhiarta, I. G. T. E., & Wardana, M. (2015). Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Iphone di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(4).
William, C., & Japarianto, E. (2014). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Ice Cream Di De Boliva Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 2(2), 1-15.
Yusuf, A., & Sudrajat, A. (2017). Analisis Ekuitas Merek Destinasi Wisata Berdasarkan Perspektif Wisatawan: Kasus pada Pantai-Pantai di Karawang, Jawa Barat. Value: Journal of Management and Business, 2(1).
Yuvita, H., Wahab, Z., & Sulastri, S. (2019). Pengaruh Brand Image dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Equity (Survei Terhadap Nasabah Bank Bni Syariah Di Kota Palembang). MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(3), 293235.
https://www.tribunnewswiki.com/2019/10/25/pt-pos-indonesia-persero.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.