Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah

Authors

  • Nurmin Arianto UNIVERSITAS PAMULANG
  • Agus Setiawan Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/fb.v2i1.2020.27-37.4121

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengatahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan baik secara parsial ataupun simultan terhadap kepuasan nasabah. Obyek penelitian ini adalah BPR H. A. Bogor, yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah Nasabah yang di BPR H. A. Boogor berjumlah 81 Nasabah.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikati dengan menggunakan analisa regresi berganda, uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukan bahwa promosi dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh baik secara parsialataupun simultann terhadap kepuasan nasabah dengan kontribusi sebesar  62,5% sedangkan sisanya sebesar 37,5% dipengaruhi oleh faktor lain.


Kata Kunci: Promosi; Kualitas pelayanan; kepuasan nasabah

Author Biography

Nurmin Arianto, UNIVERSITAS PAMULANG

UNIVERSITAS PAMULANG 

DOSEN MANAJEMEN

References

Arianto, Nurmin, 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor, Jurnal Kompetitif Unpam Vol. 1, No.2 / Januari 2018 .

______________,2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepuasan Terhadaployalitas Pasien (Studi Kasus Pada Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Premier Bintaro, Jurnal Organisasi dan Manajemen Universitas Terbuka Vol. 13 No. 1/ Maret 2017.

______________, 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Alfamart Roda Hias Serpong. Jurnal Efektif Unpam Vol. 2, No.1, Oktober 2019.

______________, 2019. Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Serta Berdampak Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnl Kreatif Unpam Vol. 7 No.1 Juni 2019.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc

Fandy Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi

Fandy Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, (2014), Marketing Management, 14th Edition, Pearson Education Limited.

Dharmawan, Yusa. 2011. Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Non Fisik Terhadap Disiplin dan Kinerja Karyawan Hotel Nikki Denpasar. Tesis. Universitas Udayana Denpasar. Bali.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjiani, E., Subarto, S., & Kusjono, G. (2019). Pengaruh Citra dan Kualitas Layanan Pendidikan terhadap Kepuasan Peserta Didik di Sekolah Cikal Harapan. Jurnal Ilmiah Feasible (JIF), 1(2), 123-137.

Downloads

Published

2020-02-12

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.