Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah
DOI:
https://doi.org/10.32493/fb.v2i1.2020.27-37.4121Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengatahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan baik secara parsial ataupun simultan terhadap kepuasan nasabah. Obyek penelitian ini adalah BPR H. A. Bogor, yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah Nasabah yang di BPR H. A. Boogor berjumlah 81 Nasabah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikati dengan menggunakan analisa regresi berganda, uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukan bahwa promosi dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh baik secara parsialataupun simultann terhadap kepuasan nasabah dengan kontribusi sebesar 62,5% sedangkan sisanya sebesar 37,5% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci: Promosi; Kualitas pelayanan; kepuasan nasabah
References
Arianto, Nurmin, 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor, Jurnal Kompetitif Unpam Vol. 1, No.2 / Januari 2018 .
______________,2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepuasan Terhadaployalitas Pasien (Studi Kasus Pada Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Premier Bintaro, Jurnal Organisasi dan Manajemen Universitas Terbuka Vol. 13 No. 1/ Maret 2017.
______________, 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Alfamart Roda Hias Serpong. Jurnal Efektif Unpam Vol. 2, No.1, Oktober 2019.
______________, 2019. Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Serta Berdampak Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnl Kreatif Unpam Vol. 7 No.1 Juni 2019.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc
Fandy Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi
Fandy Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, (2014), Marketing Management, 14th Edition, Pearson Education Limited.
Dharmawan, Yusa. 2011. Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Non Fisik Terhadap Disiplin dan Kinerja Karyawan Hotel Nikki Denpasar. Tesis. Universitas Udayana Denpasar. Bali.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudjiani, E., Subarto, S., & Kusjono, G. (2019). Pengaruh Citra dan Kualitas Layanan Pendidikan terhadap Kepuasan Peserta Didik di Sekolah Cikal Harapan. Jurnal Ilmiah Feasible (JIF), 1(2), 123-137.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.