Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Belajar Siswa SMK YADIKA 5 Pondok Aren
DOI:
https://doi.org/10.32493/fb.v2i2.2020.217-228.6557Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan belajar siswa SMK YADIKA 5 Pondok Aren. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 572 siswa sedangkan sampel yang diambil sebanyak 85 siswa menggunakan rumus slovin. Metode penelitian yang digunakan asosiatif kuantitatif dengan pengumpulan data observasi, kuesioner dan studi kepustakaan. Metode analisa data menggunakan analisis deskiptif, uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, uji regresi linier sederhana, uji resresi linier berganda, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji uji-t dan uji F (simultan). Hasil penelitian diperoleh bahwa secara parsial dan simultan kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan belajar siswa SMK Yadika 5 Pondok Aren.Di dukung dengan persamaan Y= 5.677+0.32X1+0.48X2 dan nilai Fhitung 34.557 > Ftabel 2.36. Sedangkan besarnya konstribusi kualitas layanan dan faslitas terhadap kepuasan belajar sebesar sebesar 46.6%.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan; Fasilitas; Kepuasan siswa
References
Araska, Penelitian Kuantitatif Untuk Skripsi Dan Tensis Tahun2019
Ghozali,Imam 2013 aplikasi multivariate dengan program SPSS. Edisi Ketujuh.Badan penerbit. Universitas DIponogoro:Semarang
Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&Dâ€.penerbit CV.alfabeta:bandung.
Konsep dan Aplikasi dengan Amos18.PT.Elex Media Komputido. Kompas Gramedia: Jakarta
Kusjono, G., & Sudjiani, E. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Terhadap Kepuasan Peserta Didik Di SMA Islam Cikal Harapan Bumi Serpong Damai. Jurnal Ilmiah Feasible (JIF), 1(1), 97-108.
Philips Kotler dan Gery Amstrong .2012. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketigabelas jilid 1 Jakarta Erlangga.
Philips Kotler. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketigabelas jilid 1
Santoso, Slamet.†Dinamika kelompokâ€. Penerbit bumi aksara, Jakarta 2011
Sugiyono,†metode penelitian kuantitatif,kualitatif dan R & D†Penerbit VC.Alphabeta, Bandung,2014
Widyatama, Prinsip-Prinsip pemasaran Tahun 2012
Widyatama, (2013) Indikator pemasaran menurut para ahli Tahun 2012
Widyatama, (2016) Pengertian Hipotesis Tahun 2014
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.