Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Belajar Siswa SMK YADIKA 5 Pondok Aren

Authors

  • Novia Susanti Universitas Pamulang
  • Susi Ayuna Dewi Alumni Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/fb.v2i2.2020.217-228.6557

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan belajar siswa SMK YADIKA 5 Pondok Aren. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 572 siswa sedangkan sampel yang diambil sebanyak 85 siswa menggunakan rumus slovin. Metode penelitian yang digunakan asosiatif kuantitatif dengan pengumpulan data observasi, kuesioner dan studi kepustakaan. Metode analisa data menggunakan analisis deskiptif, uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, uji regresi linier sederhana, uji resresi linier berganda, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji uji-t  dan uji F (simultan). Hasil penelitian diperoleh bahwa secara parsial dan simultan kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan belajar siswa SMK Yadika 5 Pondok Aren.Di dukung dengan persamaan Y= 5.677+0.32X1+0.48X2  dan nilai Fhitung 34.557 > Ftabel 2.36. Sedangkan besarnya konstribusi kualitas layanan dan faslitas terhadap kepuasan belajar sebesar sebesar 46.6%.


Kata Kunci: Kualitas Pelayanan; Fasilitas; Kepuasan siswa


References

Araska, Penelitian Kuantitatif Untuk Skripsi Dan Tensis Tahun2019

Ghozali,Imam 2013 aplikasi multivariate dengan program SPSS. Edisi Ketujuh.Badan penerbit. Universitas DIponogoro:Semarang

Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&Dâ€.penerbit CV.alfabeta:bandung.

Konsep dan Aplikasi dengan Amos18.PT.Elex Media Komputido. Kompas Gramedia: Jakarta

Kusjono, G., & Sudjiani, E. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Terhadap Kepuasan Peserta Didik Di SMA Islam Cikal Harapan Bumi Serpong Damai. Jurnal Ilmiah Feasible (JIF), 1(1), 97-108.

Philips Kotler dan Gery Amstrong .2012. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketigabelas jilid 1 Jakarta Erlangga.

Philips Kotler. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketigabelas jilid 1

Santoso, Slamet.†Dinamika kelompokâ€. Penerbit bumi aksara, Jakarta 2011

Sugiyono,†metode penelitian kuantitatif,kualitatif dan R & D†Penerbit VC.Alphabeta, Bandung,2014

Widyatama, Prinsip-Prinsip pemasaran Tahun 2012

Widyatama, (2013) Indikator pemasaran menurut para ahli Tahun 2012

Widyatama, (2016) Pengertian Hipotesis Tahun 2014

Downloads

Published

2020-08-27

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.