Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rich Perfumery ITC Kuningan Jakarta Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/fb.v3i1.2021.55-61.9152Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rich Perfumery ITC Kuningan. Penelitian yang dilakukan dalam penulisan ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan pengujian hipotesis yang diproses menggunakan sistem aplikasi SPSS ver.23. Populasi yang didapat dari data penelitian konsumen yang berbelanja di Rich Perfumery ITC Kuningantidakdiketahuijumlahnya hingga menggunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah80responden. Metodeanalisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, koefisienkorelasi, koefisien determinasi, regresi linier sederhana,regresi linier berganda,uji asumsi klasik dan hipotesis. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas produk dan kualitaspelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Rich Perfumery ITC Kuningan. Hal inidibuktikan dengan uji regresi berganda Y = 1,301 + 0,525X1 + 0,437X2, Korelasi product momentdengan hasil 0,886 dan nilai KD sebesar78,5% sisanya 21,5% dipengaruhi faktor lain yang tidakditeliti. Dan dari hasil uji hipotesis yang dihasilkan sebesar > dari 3,12 .
Kata kunci: Kualitas Produk; Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pelanggan
References
Abda, N. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Distribusi terhadap Minat Beli Konsumen Toko Vizcake Pekanbaru. JOM FISIP.5(2), 1-15.
Abdul. S. (2015). Analisis Kebijakan. Jakarta: Bumi Aksara.
Algifari. (2015). Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE.
Alma, Buchori. (2016).Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa, Bandung: CV.Alfabeta.
Amstrong, G &Kotler, P.(2017). Dasar-dasarPemasaran . Jilid 1, AlihBahasa Alexander Sindorodan Benyamin Molan. Jakarta: Prenhalindo.
Amstrong,Gary.(2008).Prinsip-PrinsipPemasaran. Jilid 1.EdisiKesembilan. Jakarta : PT. IndeksGramedia.
Arikunto,S. (2013). ManajemenPemasaran.Bandung: Alfabeta.
Arikunto. S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Assauri, S . (2013).Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Revisi. Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Assauri,S.(2015).ManajemenPemasaranDasar dan KonsepStrategi. Jakarta : PT. GrafindoPersada.
Dharmmesta ,B. S.(2014). Manajemen Pemasaran.Yogyakarta : BPFE.
Ghozali ,I.(2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.