Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rich Perfumery ITC Kuningan Jakarta Selatan

Authors

  • Yumelin Adelina Sinaga Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
  • Feb Amni Hayati Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang
  • Uswatun Chasanah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/fb.v3i1.2021.55-61.9152

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rich Perfumery ITC Kuningan. Penelitian yang dilakukan dalam penulisan ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan pengujian hipotesis  yang diproses menggunakan sistem aplikasi SPSS ver.23. Populasi yang didapat dari data penelitian konsumen yang berbelanja di Rich Perfumery ITC Kuningantidakdiketahuijumlahnya hingga menggunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah80responden. Metodeanalisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, koefisienkorelasi, koefisien determinasi, regresi linier sederhana,regresi linier berganda,uji asumsi klasik dan hipotesis. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas produk dan kualitaspelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Rich Perfumery ITC Kuningan. Hal inidibuktikan dengan uji regresi berganda Y = 1,301 + 0,525X1 + 0,437X2, Korelasi product momentdengan hasil 0,886 dan nilai KD sebesar78,5% sisanya 21,5%  dipengaruhi faktor lain yang tidakditeliti. Dan dari hasil uji hipotesis yang dihasilkan sebesar > dari 3,12 .

 

Kata kunci: Kualitas Produk; Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pelanggan

Author Biography

Yumelin Adelina Sinaga, Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang

Universitas Pamulang

References

Abda, N. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Distribusi terhadap Minat Beli Konsumen Toko Vizcake Pekanbaru. JOM FISIP.5(2), 1-15.

Abdul. S. (2015). Analisis Kebijakan. Jakarta: Bumi Aksara.

Algifari. (2015). Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE.

Alma, Buchori. (2016).Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa, Bandung: CV.Alfabeta.

Amstrong, G &Kotler, P.(2017). Dasar-dasarPemasaran . Jilid 1, AlihBahasa Alexander Sindorodan Benyamin Molan. Jakarta: Prenhalindo.

Amstrong,Gary.(2008).Prinsip-PrinsipPemasaran. Jilid 1.EdisiKesembilan. Jakarta : PT. IndeksGramedia.

Arikunto,S. (2013). ManajemenPemasaran.Bandung: Alfabeta.

Arikunto. S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, S . (2013).Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Revisi. Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Assauri,S.(2015).ManajemenPemasaranDasar dan KonsepStrategi. Jakarta : PT. GrafindoPersada.

Dharmmesta ,B. S.(2014). Manajemen Pemasaran.Yogyakarta : BPFE.

Ghozali ,I.(2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Downloads

Published

2021-02-24

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.