Pengaruh Online Review dan Rating terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Online Pray Shoes di Shopee

Authors

  • Priyanto Priyanto Fakultas EKonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Juhaeri Juhaeri Fakultas EKonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Uswatun Chasanah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/fb.v5i2.2023.124-129.32568

Keywords:

Online Review, Rating, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui pengaruh online reviews  dan rating baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan pembelian  di situs toko pray_shoes. Dimana jenis  penelitian adalah penelitian asosiatif  dan populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan online situs toko pray_shoes. Dengan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 96 responden.  Metode pengumpulan data  yang digunakan adalah  kuesioner berupa seperangkat pertanyaan tertulis untuk responden sehingga diperoleh data yang diinginkan.  Hasil penelitian   menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan online review terhadap keputusan pembelian dengan  nilai Nilai koefisien determinasi sebesar 47,4% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (9,202 > 1,986) . Terdapat   pengaruh signifikan Rating terhadap keputusan pembelian dengan  Nilai koefisien determinasi sebesar 41.6% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (8,180 > 1,986).  Dan secara  Simultan terdapat pengaruh signifikan secara simultan online review dan Rating terhadap keputusan pembelian dengan Nilai koefisien determinasi sebesar 60,7% sedangkan sisanya sebesar 39,3% dipengaruhi faktor lain.

References

Andi Supangat. 2013. Statistik Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, dan Nonparametrik. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Ardianti &Widiartanto, (2019) Pengaruh Onlive Customer Review dan Customer Rating terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee pada mahasiswa aktif FISIP, Universtitas Diponegoro

Arikunto, Suharsimi. 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian program. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Christina Widhya Utami. 2017. Manajemen Ritel. Salemba Empat. Jakarta

Danang Sunyoto. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Center for Academic Publishing Service (CAPS) 124

Daryanto, & Setyobudi, I. (2014). Pelanggan dan pelayanan prima. Yogyakarta: Gava Media

Djaslim Saladin. (2016). Manajemen Pemasaran. Bandung: Agung Ilmu.

Donni Priansa. 2017. Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Alfabeta Fandy Tjiptono & Anastasia Diana. 2016. Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta.

Dwinanda, G., & Nur, Y. (2020). Bauran pemasaran 7p dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada industri retail giant ekspres makassar. Jurnal Mirai Management, 5(3), 120-136.

Dzulqarnain,(2019) Pengaruh Fitur Online Costomer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk pada Marketplace Shopee

Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.

Farki, et al., (2016) Pengaruh Online Customer Review dan Rating terhadap Keputusan Pembelian pada Online Marketplace di Indonesia

Ferrel, O.C & D, Harline. 2016. Marketing Strategy. South Western: Thomson Corporation.

Fitirani Latief, (2020) Pengaruh Online Customer Review dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Shopee

Hasiholan, L. B., & Amboningtyas, D. (2021). Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Pada Pariwisata Kota Lama Semarang. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 888-893. 128

Hery. (2019). Manajemen Perbankan. Jakarta: PT Gramedia.

Ichsan, etal., (2018) Pengaruh Consumer Online Rating and Review terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Marketplace Shopee

Ingga, Ibrahim, 2017. Akuntansi Manajemen Implementasi dalam Kasus Indonesia, Yogyakarta: CV Budi Utama

Istiqomah & Novi, (2020). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Marketplace Shopee pada seluruh penggguna Shopee

Julian, and Onsardi Onsardi. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembalian Pelanggan Pada Cafe Wareg Bengkulu." Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib) 1.1 (2020): 117- 127.

Keegan, W. J. (2017). Manajemen Pemasaran Global. Jakarta: PT Premhatindo 125

Kotler, Philip & Gary Armstrong, (2018). Prinsip-prinsip Manajemen. Edisi 14,Jilid1. Jakarta: Erlangga.

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zuma Lovelock, Christopher, Jochen Wirtz, & Jacky Mussry. 2017. Pemasaran Jasa.edisi 7. Erlangga: Jakarta

Lie,D.,Butarbutar,M.,Simatupang, S., Efendi, E., Damanik, H. A., & Silaen, M. F. (2021). Pengaruh lokasi terhadapkepuasan Pelanggan padaKedai Kopi Baravi Pematangsiantar. St rategic: Journal of Management Sciences, 1(2), 32-41.E-ISSN: 2798-0049

Lupiyoadi,R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat

Purwanto, (2019) Pengaruh Perceived Risk dan Online Customer Riview terhadap Keputusan Pembelian Online di Tokopedia pada Konsumen Tokopedia di Kota Jombang.

Putri, Budi Rahayu Tanama. 2017. Manajemen Pemasaran. Denpasar: Fakultas Universitas Udayana.

Putri, Yayang., (2021) Perngaruh Customer Review, Customer Rating dan Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia

Putri,(2020) Pengaruh Onlive Customer Review dan Customer Rating terhadap keputusan pembelian pada Shopee di Solo raya

Santoso, Singgih. 2017. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Siyoto. 2018. Dasar Metodologi Penelitian: Literasi Media Publising. Yogyakarta

Stanton, William J. 2013. Dasar-dasar Pemasaran Manajemen. Yogyakarta

Sugiyono (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.

Sunyoto Sudjana. 2011. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production. 126

Tjiptono. 2019. Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta. Andy 127

Downloads

Published

2023-08-27

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.