Pengaruh Online Review dan Rating terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Online Pray Shoes di Shopee
DOI:
https://doi.org/10.32493/fb.v5i2.2023.124-129.32568Keywords:
Online Review, Rating, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online reviews dan rating baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan pembelian di situs toko pray_shoes. Dimana jenis penelitian adalah penelitian asosiatif dan populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan online situs toko pray_shoes. Dengan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 96 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner berupa seperangkat pertanyaan tertulis untuk responden sehingga diperoleh data yang diinginkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan online review terhadap keputusan pembelian dengan nilai Nilai koefisien determinasi sebesar 47,4% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (9,202 > 1,986) . Terdapat pengaruh signifikan Rating terhadap keputusan pembelian dengan Nilai koefisien determinasi sebesar 41.6% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (8,180 > 1,986). Dan secara Simultan terdapat pengaruh signifikan secara simultan online review dan Rating terhadap keputusan pembelian dengan Nilai koefisien determinasi sebesar 60,7% sedangkan sisanya sebesar 39,3% dipengaruhi faktor lain.
References
Andi Supangat. 2013. Statistik Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, dan Nonparametrik. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Ardianti &Widiartanto, (2019) Pengaruh Onlive Customer Review dan Customer Rating terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee pada mahasiswa aktif FISIP, Universtitas Diponegoro
Arikunto, Suharsimi. 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian program. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Christina Widhya Utami. 2017. Manajemen Ritel. Salemba Empat. Jakarta
Danang Sunyoto. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Center for Academic Publishing Service (CAPS) 124
Daryanto, & Setyobudi, I. (2014). Pelanggan dan pelayanan prima. Yogyakarta: Gava Media
Djaslim Saladin. (2016). Manajemen Pemasaran. Bandung: Agung Ilmu.
Donni Priansa. 2017. Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Alfabeta Fandy Tjiptono & Anastasia Diana. 2016. Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta.
Dwinanda, G., & Nur, Y. (2020). Bauran pemasaran 7p dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada industri retail giant ekspres makassar. Jurnal Mirai Management, 5(3), 120-136.
Dzulqarnain,(2019) Pengaruh Fitur Online Costomer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk pada Marketplace Shopee
Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Farki, et al., (2016) Pengaruh Online Customer Review dan Rating terhadap Keputusan Pembelian pada Online Marketplace di Indonesia
Ferrel, O.C & D, Harline. 2016. Marketing Strategy. South Western: Thomson Corporation.
Fitirani Latief, (2020) Pengaruh Online Customer Review dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Shopee
Hasiholan, L. B., & Amboningtyas, D. (2021). Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Pada Pariwisata Kota Lama Semarang. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 888-893. 128
Hery. (2019). Manajemen Perbankan. Jakarta: PT Gramedia.
Ichsan, etal., (2018) Pengaruh Consumer Online Rating and Review terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Marketplace Shopee
Ingga, Ibrahim, 2017. Akuntansi Manajemen Implementasi dalam Kasus Indonesia, Yogyakarta: CV Budi Utama
Istiqomah & Novi, (2020). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Marketplace Shopee pada seluruh penggguna Shopee
Julian, and Onsardi Onsardi. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembalian Pelanggan Pada Cafe Wareg Bengkulu." Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib) 1.1 (2020): 117- 127.
Keegan, W. J. (2017). Manajemen Pemasaran Global. Jakarta: PT Premhatindo 125
Kotler, Philip & Gary Armstrong, (2018). Prinsip-prinsip Manajemen. Edisi 14,Jilid1. Jakarta: Erlangga.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zuma Lovelock, Christopher, Jochen Wirtz, & Jacky Mussry. 2017. Pemasaran Jasa.edisi 7. Erlangga: Jakarta
Lie,D.,Butarbutar,M.,Simatupang, S., Efendi, E., Damanik, H. A., & Silaen, M. F. (2021). Pengaruh lokasi terhadapkepuasan Pelanggan padaKedai Kopi Baravi Pematangsiantar. St rategic: Journal of Management Sciences, 1(2), 32-41.E-ISSN: 2798-0049
Lupiyoadi,R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat
Purwanto, (2019) Pengaruh Perceived Risk dan Online Customer Riview terhadap Keputusan Pembelian Online di Tokopedia pada Konsumen Tokopedia di Kota Jombang.
Putri, Budi Rahayu Tanama. 2017. Manajemen Pemasaran. Denpasar: Fakultas Universitas Udayana.
Putri, Yayang., (2021) Perngaruh Customer Review, Customer Rating dan Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia
Putri,(2020) Pengaruh Onlive Customer Review dan Customer Rating terhadap keputusan pembelian pada Shopee di Solo raya
Santoso, Singgih. 2017. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Siyoto. 2018. Dasar Metodologi Penelitian: Literasi Media Publising. Yogyakarta
Stanton, William J. 2013. Dasar-dasar Pemasaran Manajemen. Yogyakarta
Sugiyono (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.
Sunyoto Sudjana. 2011. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production. 126
Tjiptono. 2019. Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta. Andy 127
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.