Analisis Studi Kelayakan Usaha Boga Pada CV Amelia Catering Service

Authors

  • Susilawati Susilawati Universitas Pamulang
  • Ahmad Bisri Universitas Pamulang
  • Heni Yati Universitas Pamulang
  • Topan Pamungkas Universitas Pamulang
  • Nardi Sunardi Universitas Pamulang

Keywords:

Studi Kelayakan Usaha, Bidang Hukum, Bidang Pemasaran, Bidang Teknik/Operasi, Bidang Keuangan, Bidang Manajemen dan SDM, Bidang Sosial dan Ekonomi, Bidang AMDAL.

Abstract

Mengembangkan usaha layanan makanan membutuhkan analisis yang cermat untuk mencapai profitabilitas setinggi mungkin. Sejumlah permasalahan bisa muncul dalam dunia usaha, di antaranya keterbatasan modal dan risiko kegagalan usaha. Untuk memitigasi hal ini, beberapa bidang yang saling terkait dari studi kelayakan usaha perlu dipertimbangkan dan diputuskan dengan cermat. Penelitian yang dilakukan bertujuan agar dapat menentukan dan menganalisa besarnya tingkat kelayakan usaha dari CV Amelia Catering Service  baik dari perspektif financial maupun non financial. Metode kuantitatif merupakan metode yang digunakan oleh peneliti. Teknik Analisa pada data penelitian ini menggunakan analisa keuangan dengan menganalisa laporan keuangan yang meliputi payback period (PP), internal rate of return (IRR), net present value (NPV), dan analisa perbandingan keuntungan (PI), sedangkan analisa non keuangan meliputi bidang hukum, pemasaran, operasional,  manajerial dan potensi manusia, bidang sosial ekonomi dan menganalisa mengenai dampak lingkungan (AMDAL). Sumber data adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti berupa pengamatan, tanya jawab dan dokumentasi. Setelah mengamati dan meneliti usaha jasa boga di CV Amelia Catering Service dalam semua bidang tersebut (hukum, pemasaran, teknik/operasional, keuangan, manajemen dan potensi manusia, bidang sosial dan ekonomi, AMDAL) dapat disimpulkan bahwa kemampuan usaha ini patut untuk didirikan dan dijalankan

References

Afriansyah, Afriansyah, et al. "Studi Kelayakan Rencana Usaha." (2022).

Alfahdy, Mumtaza. Analisis kelayakan usaha dengan pendekatan revenue cost pada Lily Tumpeng Catering Ponorogo. Diss. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2021.

Farhan Ariestianto, A., Dewi Turgarini, and Agus Sudono. "Analisis Evaluasi Kelayakan Usaha

Fitria, H., & Kaswara, R. A. (2009). Buku Pintar Berusaha Katering. Jakarta: Transmedia.

Food." Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE).

Hakim, L., Sunardi, N. (2017). Determinant of leverage and it's implication on company value of real estate and property sector listing in IDX period of 2011-2015. Man in India, 97(24), pp. 131-148.

Husain, T., & Sunardi, N. (2020). Firm's Value Prediction Based on Profitability Ratios and Dividend Policy. Finance & Economics Review, 2(2), 13-26.

Jakfar, K. (2012). Studi Kelayakan Usaha. Jakarta: Kencana

Johan, S. (2011). Studi Kelayakan Pengembangan Usaha. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kadim, A., & Sunardi, N. (2022). Financial Management System (QRIS) based on UTAUT Model Approach in Jabodetabek. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1).

Kadim, A., Sunardi, N & Husain, T. (2020). The modeling firm's value based on financial ratios, intellectual capital and dividend policy.Accounting, 6(5), 859-870.

Kasmir, & Jakfar. (2012). Studi Kelayakan Usaha. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

KOTA KARAWANG-JAWA BARAT. Diss. Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama, 2019.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kurniadi, Wandi. PENGEMBANGAN USAHA CATERING PADA CV. TORY CATERING DI

Nardi Sunardi Et Al (2020). Determinants of Debt Policy and Company’s Performance, International Journal of Economics and Business Administration Volume VIII Issue 4, 204-213

Nawawi, H. (2011). Manajemen Potensi Manusia. Yogyakarta: Gadjah Mada University

Purnomo, R. A., Riawan, R., & Sugiharto, L. (2018). Studi Kelayakan Usaha. UNMUH Ponorogo Press.

Purwana, D., & Hidayat, N. (2016). Studi Kelayakan Usaha. Jakarta: PT RajaGrafindo

Safitri, Dian Nadiva, et al. "Analisis Studi Kelayakan Usaha dalam Pembentukan Usaha Jhilty

Santoso, Irfan. "Studi Kelayakan Pendirian Usaha Catering Harian Ketogenik Makanan Jawa

Sari, Tri Artika. Perencanaan Usaha Katering Bayi Dan Anak Maestro di Kota Semarang. Diss.

Satriana, Farah Melia, Nanang Suryana, and Sinta Aryani. "Analisis Kelayakan Usaha Terhadap Pembukaan Cabang Katering Anggala Ditinjau Dari Bidang Pasar, Bidang Teknis, Dan Bidang Finansial." eProceedings of Engineering 7.2 (2020).

Shaleh, Tifanni Suci Irawan. PERENCANAAN USAHA KATERING (Studi Perencanaan Usaha Pada Fareli Katering Industri). Diss. Program Studi Manajemen S1, Universitas Widyatama, 2021.

Suliyanto. (2010). Studi Kelyakan Usaha. Yogyakarta: ANDI.

Sunardi, N. (2022). Liquidity and Asset Growth on Telecommunications Companies Value. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 5(3), 299-307.

Yessica, Yessica. Proposal Studi Kelayakan Usaha Catering Dailycious Lunch Box di Green Lake City, Jakarta Barat. Diss. Universitas Pelita Harapan, 2016.

Downloads

Published

2023-05-17