Efektivitas Pemanfaatan Software Aplikasi Kopi Kenangan dalam Peningkatan Penjualan Produk Kopi Kenangan

Authors

  • Erwin Permana Universitas Pancasila
  • Richard Beethoven Huang Universitas Pancasila
  • Sekar Soraya Maheswari Universitas Pancasila

Keywords:

Pemasaran, Kopi Kenangan, Software Aplikasi

Abstract

Brand Kopi kenangan saat ini menjadi salah satu TOP Brand Kopi di Indonesia. Meski tergolong usaha baru akan tetapi mampu meraup pangsa pasar dalam jumlah yang cukup besar. Salah satu kekuatan pemasaran produk kopi kenangan adalah dengan meluncurkan Aplikasi Kopi kenangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pemanfaatan software aplikasi Kopi Kenangan dalam meningkatkan penjualan produknya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh berasal dari berbagai penelusuran terhadap literatur, artikel, jurnal serta situs data yang ada di internet yang berkaitan dengan penelitian tentang Kopi Kenangan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dengan kemunculan software aplikasi Kopi Kenangan terjadi peningkatan penjualan yang drastis. Aplikasi ini muncul tidak hanya untuk meminimalisir hilangnya pelanggan saja, tetapi informasi mengenai data pelanggan yang diberikan juga diolah dengan baik sehingga dapat memenuhi kebutuhan para pelanggannya. Penelitian ini menegaskan bahwa penggunaan aplikasi merupakan sarana marketing efektif. Sehingga, disarankan kepada pelaku usaha sejenis untuk melakukan hal yang sama. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk menganalisis tentang inovasi marketing kopi kenangan sehingga keberlanjutan usaha lebih terjaga.

References

Abdurahman, H., Riswaya, A. R., & Id, A. (n.d.). APLIKASI PINJAMAN PEMBAYARAN SECARA KREDIT PADA BANK YUDHA BHAKTI STMIK Mardira Indonesia, Bandung Email: asep_ririh@stmik-mi.

Bisnis Berbasis E-Commerce, P., Huda, B., & Priyatna, B. (2019). Penggunaan Aplikasi Content Manajement System (CMS) Untuk (Vol. 1, Issue 2).

Bisnis, J. M., & Kediri, U. K. (2021). Tren Gaya Hidup Milenial, Identitas Sosial dan Desain Coffe Shop Petty Arisanti. 18(4). http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/579

Cara Kopi Kenangan Berkembang Pesat dan Profit di Tahun 2019. (2021, January 20). Tech in Asia Indonesia. Retrieved March 11, 2023, from https://id.techinasia.com/cara-kopi-kenangan-tetap-profitable-di-tahun-2019#:~:text=Menurut%20pembukuannya%2C%20pendapatan%20tahunan%20Kopi%20Kenangan%20di%20tahun,Angka%20tersebut%20juga%20meningkat%20hampir%20lima%20kali%20lipat

Dapat Pendanaan 1,3 Triliun Rupiah, Kopi Kenangan Jadi “Unicorn New Retail†Pertama di Indonesia | DailySocial.id. (2021, December 27). Dailysocial. Retrieved March 11, 2023, from https://dailysocial.id/post/dapat-pendanaan-13-triliun-rupiah-kopi-kenangan-jadi-unicorn-new-retail-pertama-di-indonesia/

Dharmmesta, B. S. (2014). Manajemen Pemasaran.

Dinobatkan Jadi Unicorn, Yuk Intip Kisah Perjalanan Kopi Kenangan Menggapai Kesuksesannya. (2022, May 6). Cermati.com. Retrieved March 8, 2023, from https://www.cermati.com/artikel/kopi-kenangan

DUA TAHUN BERTURUT-TURUT, KOPI KENANGAN RAIH GELAR BRAND OF THE YEAR — Kopi Kenangan. (2022, November 30). Kopi Kenangan. Retrieved March 6, 2023, from https://kopikenangan.com/news/dua-tahun-berturut-turut-kopi-kenangan-raih-gelar-brand-of-the-year

Ekonomi, F. :, & Islam, B. (n.d.). SKRIPSI FENOMENA MARAKNYA COFFEE SHOP SEBAGAI GEJALA GAYA HIDUP ANAK MUDA DI KOTA METRO (Studi Pada Mahasiswa IAIN Metro) Oleh: IMROATUN MUAWANAH NPM 1502040053 Jurusan: Ekonomi Syariah.

Gatra.com. (2020, Desember 29). Akhir 2020, Kopi Kenangan Laris, Raup Pendapatan Optimal. Retrieved Maret 3, 2023, from https://www.gatra.com/news-499522-ekonomi-akhir-2020-kopi-kenangan-laris-raup-pendapatan-optimal.html

Ibrahim, K., Triwardhani, D., & Marzuki, F. (n.d.). ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI KENANGAN PADA GENERASI MILENIAL. In PROSIDING BIEMA Business Management, Economic, and Accounting National Seminar (Vol. 1).

Imaniar, N., Indrawan, A., & Nurmilah, R. (2020, September 19). PENGARUH PENJUALAN TERHADAP LABA KOTOR (Studi Kasus Pada Home Industry Kopi Karuhun).

Kisah Edward Tirtanata mengembangkan bisnis Kopi Kenangan (bagian 1). (2019, July 20). Peluang Usaha Kontan. Retrieved March 6, 2023, from https://peluangusaha.kontan.co.id/news/kisah-edward-tirtanata-mengembangkan-bisnis-kopi-kenangan-bagian-1

Kisah Edward Tirtanata mengembangkan bisnis Kopi Kenangan (bagian 2). (2019, July 20). Peluang Usaha kontan Co Id. Retrieved March 6, 2023, from https://peluangusaha.kontan.co.id/news/kisah-edward-tirtanata-mengembangkan-bisnis-kopi-kenangan-bagian-2-1

Kopi Kenangan, Startup Unicorn F&B Terbaik di ASEAN. (2022, June 15). Mojok.co. Retrieved March 11, 2023, from https://mojok.co/esai/kopi-kenangan-membawa-kabar-baik-tak-sia-sia-jadi-unicorn-fb-pertama-di-asean/Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Kopi Kenangan: Ekspansi 800 gerai di 2021 dan ambisi go public pada 2023. (2021, January 27). KONTAN. Retrieved March 6, 2023, from https://industri.kontan.co.id/news/kopi-kenangan-ekspansi-800-gerai-di-2021-dan-ambisi-go-public-pada-2023

Kotler, Philip, and Bilson Simamora. "2.1. Landasan Teori 2.1. 1. Produk 2.1. 1.1. Pengertian Produk."

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Lestari Ningrum, S. (n.d.). GAYA HIDUP MINUM KOPI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI (STUDI KASUS PADA KOPI KENANGAN GANDARIA CITY-JAKARTA).

Manik, C. D. (2015, Oktober 1). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP TINGKAT PENJUALAN, 3(1).

Nurikhsan, F., Salsabila Indrianie, W., & Safitri, D. (n.d.). FENOMENA COFFEE SHOP DI KALANGAN KONSUMEN REMAJA.

Rachmawati, E., Hurriyati, R., Dirgantari, P. D., & Manajemen, I. (n.d.). E-Promosi untuk Komunikasi Pelanggan di Sektor Minuman: Studi Kopi Kenangan.

Rasmikayati, E., Afriyanti, S., Rachmat, B., Agritekh, S., Agribisnis, J., Pangan, T., & Saefudin, B. R. (2020). Keragaan, Potensi dan Kendala pada Usaha Kedai Kopi Di Jatinangor (Kasus pada Belike Coffee Shop dan Balad Coffee Works) (Vol. 1, Issue 1).

Rudi Julianto, A., Gusriati, dan, Agribisnis, P., & pertanian, F. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN KOPI PADA MASA NEW NORMAL DI COFFEE SHOP KOTA PADANG. 1(1), 2747–2175. https://doi.org/10.31933/jrip.v1i1.396

Sangsaka, I., & Rusmayadi, R. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA MINI MARKET MINAMART'90 BANDUNG. 2.

Saputra, D. (n.d.). PERBANDINGAN TEKNOLOGI SYSTEM SOFTWARE, APPLICATION SOFTWARE, EMBEDDED SOFTWARE DAN WEB APPLICATIONS.

Scelly, A., Chayadi, R., & Loisa, S. (2021). Strategi Marketing Public Relations Kopi Kenangan dalam Membangun Brand Awareness (Vol. 5, Issue 1).

Setiawan, B., & Bilson, I. (n.d.). PENGARUH CITRA MEREK DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI KEMBALI KOPI KENANGAN.

Sunardi, N. (2019). Relevansi Intelectual Capital terhadap Harga dan Retun Saham di Industri Perbankan Pemerintah di Indonesia. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 3(1).

Sunardi, N. (2020). Penilaian Kinerja Keuangan menggunakan Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) dengan Time Series Approach pada Industri Semen di Indonesia. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 3(2).

Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).

Survei: Siapa Penikmat Kopi di Indonesia? (2019, September 19). Uzone.id. Retrieved March 11, 2023, from https://uzone.id/survei-siapa-penikmat-kopi-di-indonesia-#:~:text=Sebanyak%204%2C5%25%20responden%20pria%20mengaku%20minum%20kopi%204-5,%2857%25%29%2C%20Sumatera%20Barat%20%2857%25%29%2C%20dan%20Sulawesi%20Utara%20%2851%25%29.

Suwendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan. Nilacakra.

Tak Usah Antre, Pesan Kopi Kenangan Bisa Lewat Aplikasi. (2019, March 26). Teknologi. Retrieved March 8, 2023, from https://teknologi.bisnis.com/read/20190326/266/904339/tak-usah-antre-pesan-kopi-kenangan-bisa-lewat-aplikasi

Top Brand Index. (n.d.). Top Brand Index 2023 Kategori Makanan dan Minuman. Retrieved Maret 2, 2023, from https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_year=2023&type=subcategory&tbi_find=KEDAI%20KOPI

Tren Konsumsi Kopi Nasional. (2021, December 29). Iconomics. Retrieved March 8, 2023, from https://www.theiconomics.com/infographic/38699/

YULIASTUTI, D. (2021, Agustus 23). Empat Strategi Kopi Kenangan di Tengah Pandemi Kopi Kenangan tidak menyerah dihantam pandemi Covid-19. Empat Strategi Kopi Kenangan di Tengah Pandemi. Retrieved March 11, 2023, from https://www.fortuneidn.com/business/desy/empat-strategi-kopi-kenangan-di-tengah-pandemi?page=all

Downloads

Published

2023-08-01