Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Motor Drt Di Kota Tangerang Selatan
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Lokasi, Kepuasan PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas pelayanan dan Lokasi secara parsial maupun simultan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Bengkel Motor DRT di Kota Tangerang Selatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pelanggan Bengkel Motor DRT di Kota Tangerang Selatan. Sampel yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini berjumlah 94 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer yang diambil adalah hasil kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dimana diperoleh nilai t hitung > t tabel atau (3,240 > 1,986) dan diperkuat dengan nilai Ï value < Sig.0,05 atau (0,002 < 0,05). Lokasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dimana diperoleh nilai t hitung > t tabel atau (5,992 > 1,986). dan diperkuat dengan nilai Ï value < Sig.0,05 atau (0,001 < 0,05). Kualitas Pelayanan dan Lokasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dimana diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (17,843 > 3,097), hal ini juga diperkuat dengan Ï value < Sig.0,05 atau (0,001 < 0,05).
References
Abdul Manap (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran, edisi pertama, Penerbit PT. Mitra Wacana Media, Jakarta.
Agus Hermawan. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2018.
Ali Hasan. (2014). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS. Yogyakarta.
Alma, Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.
Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
Andi Supangat. 2013. Statistik Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, dan Nonparametrik. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Arikunto, Suharsimi. 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian program. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Arikunto,S. 2018. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Christina Widhya Utami. 2017. Manajemen Ritel. Salemba Empat. Jakarta
Danang Sunyoto. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Center for Academic Publishing Service (CAPS)
Danang, Sunyoto. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru
Daryanto, & Setyobudi, I. (2014). Pelanggan dan pelayanan prima. Yogyakarta: Gava Media
Djaslim Saladin. (2016). Manajemen Pemasaran. Bandung: Agung Ilmu.
Donni Juni. 2017. Perilaku Pelanggan: Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: CV Alfabeta
Donni Priansa. 2017. Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Alfabeta
Fandy Tjiptono & Anastasia Diana. 2016. Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta.
Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2012. Service, Quality Satisfaction. Jogjakarta: Andi Offset.
Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.
Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Ferrel, O.C & D, Harline. 2016. Marketing Strategy. South Western: Thomson Corporation.
Ghozali, Imam dan Ratmono, Dwi. 2017. Analisis Multivariat dan Ekonometrika dengan Eviews 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Hery. (2019). Manajemen Perbankan. Jakarta: PT Gramedia.
Ingga, Ibrahim, 2017. Akuntansi Manajemen Implementasi dalam Kasus Indonesia, Yogyakarta: CV Budi Utama
Keegan J Warren dan Green C Mark. 2017. Global Marketing. 9th Edition. Harlow: Pearson Education Limited.
Keegan, W. J. (2017). Manajemen Pemasaran Global. Jakarta: PT Premhatindo
Kotler, Philip & Gary Armstrong, (2018). Prinsip-prinsip Manajemen. Edisi 14,Jilid1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Gerry Armstrong, (2014): Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip And Gary Armstrong., 2018., Principle Of Marketing, 17e Global Edition, Pearson Education Limited, New York
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zuma
Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).
Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34
Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167
Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45
Lovelock, Christopher, Jochen Wirtz, & Jacky Mussry. 2017. Pemasaran Jasa.edisi 7. Erlangga: Jakarta
Lupiyoadi,R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat
Malhotra, Naresh. 2014. Basic Marketing Research. Pearson Education: England.
Putri, Budi Rahayu Tanama. 2017. Manajemen Pemasaran. Denpasar: Fakultas Universitas Udayana.
Santoso, Singgih. 2017. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Siyoto. 2018. Dasar Metodologi Penelitian: Literasi Media Publising. Yogyakarta
Stanton, William J. 2013. Dasar-dasar Pemasaran Manajemen. Yogyakarta: Danang Sunyoto
Sudjana. 2011. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.
Sugiyono (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sunardi, N. (2020). Penilaian Kinerja Keuangan menggunakan Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) dengan Time Series Approach pada Industri Semen di Indonesia. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 3(2).
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana 2015, Pelanggan Puas? Tak Cukup!, Edisi Pertama, Yogyakarta : CV Andi Offset.
Tjiptono, Fandy., & Gregorius Chandra. (2017). Pemasaran Strategik Edisi 3. Yogyakarta: Andi offset
Tjiptono. 2019. Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Magister is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.