Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Motor Drt Di Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Agun Gunawan Universitas Pamulang
  • Juhaeri Juhaeri Universitas Pamulang

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Lokasi, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas pelayanan dan Lokasi secara parsial maupun simultan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Bengkel Motor DRT di Kota Tangerang Selatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pelanggan Bengkel Motor DRT di Kota Tangerang Selatan. Sampel yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini berjumlah 94 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer yang diambil adalah hasil kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dimana diperoleh nilai t hitung > t tabel atau (3,240 > 1,986) dan diperkuat dengan nilai Ï value < Sig.0,05 atau (0,002 < 0,05). Lokasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dimana diperoleh nilai t hitung > t tabel atau (5,992 > 1,986). dan diperkuat dengan nilai Ï value < Sig.0,05 atau (0,001 < 0,05). Kualitas Pelayanan dan Lokasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dimana diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (17,843 > 3,097), hal ini juga diperkuat dengan Ï value < Sig.0,05 atau (0,001 < 0,05).

 

References

Abdul Manap (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran, edisi pertama, Penerbit PT. Mitra Wacana Media, Jakarta.

Agus Hermawan. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2018.

Ali Hasan. (2014). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS. Yogyakarta.

Alma, Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Andi Supangat. 2013. Statistik Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, dan Nonparametrik. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Arikunto, Suharsimi. 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian program. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Arikunto,S. 2018. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, S. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Christina Widhya Utami. 2017. Manajemen Ritel. Salemba Empat. Jakarta

Danang Sunyoto. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Center for Academic Publishing Service (CAPS)

Danang, Sunyoto. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru

Daryanto, & Setyobudi, I. (2014). Pelanggan dan pelayanan prima. Yogyakarta: Gava Media

Djaslim Saladin. (2016). Manajemen Pemasaran. Bandung: Agung Ilmu.

Donni Juni. 2017. Perilaku Pelanggan: Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: CV Alfabeta

Donni Priansa. 2017. Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Alfabeta

Fandy Tjiptono & Anastasia Diana. 2016. Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta.

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2012. Service, Quality Satisfaction. Jogjakarta: Andi Offset.

Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.

Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.

Ferrel, O.C & D, Harline. 2016. Marketing Strategy. South Western: Thomson Corporation.

Ghozali, Imam dan Ratmono, Dwi. 2017. Analisis Multivariat dan Ekonometrika dengan Eviews 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Hery. (2019). Manajemen Perbankan. Jakarta: PT Gramedia.

Ingga, Ibrahim, 2017. Akuntansi Manajemen Implementasi dalam Kasus Indonesia, Yogyakarta: CV Budi Utama

Keegan J Warren dan Green C Mark. 2017. Global Marketing. 9th Edition. Harlow: Pearson Education Limited.

Keegan, W. J. (2017). Manajemen Pemasaran Global. Jakarta: PT Premhatindo

Kotler, Philip & Gary Armstrong, (2018). Prinsip-prinsip Manajemen. Edisi 14,Jilid1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Gerry Armstrong, (2014): Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip And Gary Armstrong., 2018., Principle Of Marketing, 17e Global Edition, Pearson Education Limited, New York

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zuma

Lesmana, R., & Sunardi, N. (2021). Futuristic Leadership Through PEKA Analysis Approach. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).

Lesmana, R., Sunardi, N., & Kartono. The Effect of Financing and Online Marketing on MSMEs Income Increasing at Intermoda Modern Market BSD City Tangerang Selatan. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(7), 25-34

Lesmana, R., Sunardi, N., Hastono, H., & Widodo, A. S. (2021). Perceived Quality Membentuk Customer Loyalty via Brand Equity pada Pengguna Smartphone Merek Xiaomi di Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 157-167

Lesmana, R., Sutarman, A., & Sunardi, N. Building A Customer Loyalty Through Service Quality Mediated by Customer Satisfaction. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(3), 38-45

Lovelock, Christopher, Jochen Wirtz, & Jacky Mussry. 2017. Pemasaran Jasa.edisi 7. Erlangga: Jakarta

Lupiyoadi,R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat

Malhotra, Naresh. 2014. Basic Marketing Research. Pearson Education: England.

Putri, Budi Rahayu Tanama. 2017. Manajemen Pemasaran. Denpasar: Fakultas Universitas Udayana.

Santoso, Singgih. 2017. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Siyoto. 2018. Dasar Metodologi Penelitian: Literasi Media Publising. Yogyakarta

Stanton, William J. 2013. Dasar-dasar Pemasaran Manajemen. Yogyakarta: Danang Sunyoto

Sudjana. 2011. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.

Sugiyono (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sunardi, N. (2020). Penilaian Kinerja Keuangan menggunakan Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) dengan Time Series Approach pada Industri Semen di Indonesia. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 3(2).

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana 2015, Pelanggan Puas? Tak Cukup!, Edisi Pertama, Yogyakarta : CV Andi Offset.

Tjiptono, Fandy., & Gregorius Chandra. (2017). Pemasaran Strategik Edisi 3. Yogyakarta: Andi offset

Tjiptono. 2019. Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-08-18