Analisis Keseimbangan Kehidupan Kerja (Worklife Balance) Pada Karyawati yang Sudah Berkeluarga

Authors

  • Tamia Canka Monita Universitas Pamulang

Keywords:

Kata Kunci, Ibu Bekerja, Keluarga, dan Keseimbangan kehidupan-kerja

Abstract

 Perempuan yang memilih untuk bekerja bukan hanya perempuan yang masih berstatus lajang, perempuan yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak juga banyak yang memutuskan tetap bekerja. Perempuan yang telah menikah dan bekerja akan menghadapi beberapa resiko atas kedua peran yang dilakukan sekaligus yang tidak membuatnya nyaman. Namun di sisi lain, menjadi Ibu rumah tangga dan bekerja memiliki beberapa keuntungan. Untuk menjalani kedua peran yaitu sebagai Ibu dan sekaligus karyawati dituntut untuk mampu menyeimbangkan antara tugas di rumah dan pekerjaannya atau yang disebut work-life balance. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran work-life balance pada Ibu yang bekerja. Metode Penelitian ini merupakan kualitatif Deskriptif. Wawancara, observasi dan dokumentasi digunakan untuk pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keseimbangan kehidupan kerja karyawati di PT. Parama Tunas Agro telah mampu dikelola dengan baik oleh 5 informan. Dimensi dominan worklife balance pada Ibu yang bekerja adalah WIPL (Work Interference With Personal Life). Ibu bekerja yang tinggal dengan keluarga sebelum menikah, memiliki jabatan, memiliki asisten rumah tangga dan tinggal bersama suami, anak-anak dan orang tua paling banyak yang memiliki work-life balance tinggi.

References

Darmlawan, A. A. Y. P., Sillvilandaril, IL. A., & Susillawatil, IL. R (2016). Hubungan burnout delngan Work Lilfel Balancel. MLeldilapsil, 1(1), 28-39.

Fauzil, R. (2018). Hubungan Aantara Work Lilfel Balancel Delngan Strelss Kelrja Pada Pelrawat Wanilta (Skrilpsil). Unilvelrsiltas ILslaml ILndonelsila

Hastutil A. P. (2018). Pelran Work Lilfel Balancel Telrhadap Keltelrilkatan Kelrja Wanilta Karilelr. Jurnal ILlmlilah Ciltra ILlmlu,14(27)

Laella, C.R., & MLuhamlmlad, A. H. (2016). Pelngaruh rellatilon-orilelnteld leladelrshilp belhavilour telrhadap work lilfel balancel pada wanilta pelkelrja. ILntuilsil: Jurnal Psilkologil ILlmlilah, 8 (2), 121-126.

Novellila, P., Sukhilrmlan, IL., & Hartana, G. (2013) Hubungan antara work lilfel balancel dan komliltmleln belrorganilsasil pada pelgawail pelrelmlpuan. Jurnal Unilvelrsiltas ILndonelsila, 1-19.

Nur Aprilanil A., MLarilyantil S., Safiltril ML. (2021) Gamlbaran Work Lilfel Balancel pada ILbu yang Belkelrja Jurnal JCA Psilkologil vol 2 no.4 (58-59)

Noor, J. (2016). MLeltodologilPelnelliltilan: Skrilpsil, Telsils, Dilselrtail&KaryaILlmlilah. Kelncana

Syafnildawaty (2020). Proposilsil. Unilvelrsiltas Raharja .https://raharja.ac.ild/2020/11/06/proposilsil/ Ramladanil. ML (2020). Unilvelrsiltas Brawiljaya Fakultas ELkonomlil dan Bilsnils Analilsils Pelngaruh Kelselilmlbangan Kelhildupan Kelrja telrhadap Kelsukselsan Karilr

Dr. H. Zuchril Abdussaamlad, S. ML. (2021). MLeltodel Pelnelliltilan Kualiltatilf. MLakassar: Syakilr MLeldila Prelss.

ELkowatil, G. R. (2020). Work-Lilfel Balancel Karyawan MLillelnilal Lelvell MLanajelrilal Bank Tabungan Nelgara Syarilah. Jurnal Pelnelliltilan ILptelks, 194-209.

ELlilsabelt Hana MLelgumlil, A. Z. (2022). Gamlbaran Work-Lilfel Balancel pada Wanilta Silnglel Parelnt yang Belkelrja. PSILKODILMLELNSILA Kajilan ILlmlilah Psilkologil, 132-143.

Hapsaril, R. R. (2023). Work-lilfel balancel Pelrelmlpuan yang Belkelrja pada Posilsil Stratelgils dalaml Organilsasil. Jurnal Psilkologil ILslaml, 1-15.

Hapsaril, R. R. (2023). Work-lilfel balancel Pelrelmlpuan yang Belkelrja pada Posilsil Stratelgils dalaml Organilsasil. Jurnal Psilkologil ILslaml, 1-15.

Hilzkila Panjailtan, H. EL. (2023). Analilsils Silstelml Work Lilfel Balancel Pada Pelgawail X. Jurnal MLeldila Admlilnilstrasil, 103-115.

Nurmlulilasnelny MLusa, ML. R. (2022). WORK LILFEL BALANCEL PADA DOSELN WANILTA SELLAMLA PANDELMLIL COVILD-19. JURNAL ABDIL ILNSANIL, 419-427.

Nurul Huda, ML. F. (2020). WORK-LILFEL BALANCEL PADA WANILTA KARILELR DIL ILNSPELKTORAT JELNDELRAL KELMLELNTELRILAN KELUANGAN YANG MLELNJALANIL PELRAN GANDA. Jurnal Psilkologil, 46-55.

Putra, R. S. (2020). WORK LILFEL BALANCEL PADA PELJABAT WANILTA YANG ADA DIL SALAH SATU UNILVELRSILTAS DIL ILNDONELSILA. Jurnal ELcoprelnelur.12, 119-128.

Rahmlayatil, T. (2021). Kelselilmlbangan Kelrja dan Kelhildupan (Work Lilfel Balanceld) Pada Wanilta Belkelrja. Jurnal ILnsiltusil Poliltelknilk Ganelsha MLeldan, 129-141.

Saputra, EL. K. (2021). ANALILSILS WORK-LILFEL BALANCEL PADA PELRAWAT WANILTA SUDAH MLELNILKAH (STUDIL KASUS RUMLAH SAKILT UMLUML DAELRAH RAJA AHMLAD TABILB) PROVILNSIL KELPULAUAN RILAU. JURNAL MLANAJELRILAL DAN BILSNILS TANJUNGPILNANG, 106- 114.

Downloads

Published

2023-12-01