Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di Bank Muamalat Cabang Sorong

Authors

  • Dini Ratna Sari Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Wisang Candra Bintari Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Nur Aeni Waly Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i3.11147

Keywords:

Kualitas Produk, Pelayanan, Keputusan Menjadi Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, pelayanan terhadap keputusan menjadi nasabah Bank Muamalat Cabang Sorong. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (primer) yang dibagikan kepada nasabah Bank Muamalat Cabang Sorong. Teknik pengampilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive samping dengan jumlah sampel sebanyak 44 Nasabah. Teknik pengumpulan data berupa Obsevasi atau pengamatan secara langung, Kuesioner dan Dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liniear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kualitas Produk terhadap Keputusan Menjadi Nasabah.Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 8,303 dan signifikansi 0,000 < 0,05), 2) Terdapat Pengaruh Pelayanan terhadap Keputusan Menjadi Nasabah. Hal ini di tunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 1,857 dan signifikansi 0,000 < 0,05, 3) Terdapat Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan secara simultan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah. Hal ini di tunjukkan dengan nila F hitung sebesar 91,704 dan signifikansi 0,000 < 0,05 Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,817 atau 81,7%.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Baiti, R. U. (2017). Pengaruh marketing mix terhadap keputusan menjadi nasabah tabungan ib muamalat di bank muamalat kcp salatiga. ekonomi.

Dibyantoro, d. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan. ekonomi dan bisnis.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. Semarang: Universitas Diponegoro.

Haque, M. G., et al. (2021). Micro Financial Sharia Non-bank Strategic Analysis: a Study at BMT Beringharjo, Yogyakarta. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 1677-1686.

Hasan, M. I. (2002). Pokok-pokok Meteodologi Penilitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hidayat, A. (2009). Metode Penelitian Keperawatan dan Tekhnik. Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Larasati, F. (2017). Pengaruh religiusitas produk bank kepercayaan pengetahuan dan pelayanan terhadap referensi menabung pada perbankkan syariah. jurnal ekonomi.

Maddinsyah, A., et al. (2020). Desain Formulasi Dan Implementasi Bisnis Strategik Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC) Terintegrasi Kerangka Integrated Performance Management System (IPMS) Pada Koperasi Asperindo. Inovasi, 7(2), 67-76.

Muhidin. (2017). Pengaruh citra perusahaan, pengetahuan produk bank, kepercayaan dan pelayanan terhadap minat menjadi nasabah bank syariah dengan religiusan sebagai variabel moderating. jurnal ekonomi.

Nurjaya, N., et al. (2021). The Effect of Product Promotion and Innovation Activities on Marketing Performance in Middle Small Micro Enterprises in Cianjur. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 528-540.

Rasyid, N., & Rawi, R. D. P. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Pada Pt. Nestle Indofood Citarasa Indonesia Di Makassar. Sentralisasi, 7(2), 11-27.

Rawi, R. D. P., & Lewenussa, R. (2019). Pengaruh Karakteristik Dan Kinerja Generation Young (Gen Y) Terhadap Ekspektasi Peluang Bisnis (Studi Kasus Di PT. Adira Group Kota Sorong). Gorontalo Management Research, 2(2), 80-89.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Dept Store Cabang BSD Tangerang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 21(1), 7-13.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. yogjakarrta: Edisi 3.

Wangsi, M. M., & Rawi, R. D. P. (2018). Perlindungan Konsumen Dalam Pelabelan Produk Menurut Ekonomi Islam. Sentralisasi, 7(1), 1-9.

Yusuf, A., & Sunarsi, D. (2020). The Effect of Promotion and Price on Purchase Decisions. Almana: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(2), 272-279.

Downloads

Published

2021-06-16

How to Cite

Sari, D. R., Bintari, W. C., & Waly, N. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di Bank Muamalat Cabang Sorong. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(3), 375–379. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i3.11147

Issue

Section

Articles