Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Mahasiswa Manajemen Universitas Pamulang Di Era New Normal

Authors

  • Dewi Nari Ratih Permada Universitas Pamulang
  • Yhonanda Harsono Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i4.13386

Keywords:

Pandemi Covid-19, Metode Daring, Prestasi Mahasiswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran daring dan prestasi mahasiswa Manajemen Universitas Pamulang di Era new normal. Sifat penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif. Berdasarkan hasil uji F pada tabel di atas antara variabel bebas terhadap variabel terikat diperoleh tingkat signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, Model regresi linier sederhana pada penelitian ini memiliki pengaruh dan dari pemaparan hasil analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring mahasiswa terhadap prestasi mahasiswa  manajemen Universitas Pamulang di masa New Normal walaupun variabel pembelajaran daring hanya dapat memprediksi 14,5% terhadap prestasi mahasiswa manajemen Universitas Pamulang di masa New Normal saat ini.

References

Alisman. 2014. Analisis Efektivitas dan Efisiensi Manajemen Keuangan di Aceh Barat. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik Indonesia. 50 Robbins, Stephen P.; Judge, Timothy A. (2008). Perilaku Organisasi Buku 1, Jakarta: Salemba Empat. Hal.56-66).

Aprida, P., & Muhammad Darwis, D. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Fitrah Jurnaljurnal Keilmuan, 337

Ar-ruzzmedia. Putra, Made. 2020. Kurang Efisiennya PembelajaranDaring/E-Learning.3

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Bilfaqih, Yusuf. 2015. Esesnsi Pengembangan Pembelajaran Daring.Yogyakarta: Deepublish

Dunnette, M. D. (Inggris)"Aptitude, Abilities, and Skills," Handbook of Industrial and Organizational Psychology, Chicago: Rand McNally, 1976, hal. 478-483.

Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia Weiner, B. (1990). History of motivational research in education. Journal of educational Psychology, 82(4), 616.

Imron, m. (2017). Pengaruh motivasi dan kompensasi terhadap prestasi kerja karyawan cleaning service PT Etos nasional indonesia (studi kasus di rsud kepanjen malang).

Isman, Mhd. 2016. Pembelajaran Media dalam Jaringan (Moda Jaringan). The Progressive and Fun Education Seminar, 586.

Jamaludin, Dindin dkk. 2020. Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 3

Masruri. 2014. Analisis Efektifitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan.Padang: Akademia Permata

Mitchell, T. R. Research in Organizational Behavior. Greenwich, CT: JAI Press, 1997, hal. 60-62.

Mutia, Intan dan Leonard. 2013. Kajian Penerapan E-learning Dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Faktor Exacta 6(4). 282

Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 25.Pengetahuan. 131

Pangondian, Roman A. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS). 57

Prastowo, Andi. 2012. Metode Penelitian Penelitian Kualitatif Dalam Persektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta :

Putra, Made. 2020. Kurang Efisiennya PembelajaranDaring/E-Learning.3

Rohmawati, Afifatu. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 17.

Syarifudin, Albitar S. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 31-33

Sobron A.N, B. R. 2019. Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Minat Belajar IPA. Pendidikan Islam dan Multikulturalisme.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Uno, H. B. (2007). Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2020.

https://www.beritasatu.com/heri-soba/nasional/673285/pemberlakuan-jam-malam-di-wilayah-penyangga-jakarta Diakses tanggal 28 September 2020.

https://www.kemdikbud.go.id/Diakses tanggal 28 September 2020.

Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 03/KB/2020 Nomor 612 Tahun 2020 Nomor HK.01.08/Menkes/502/2020 Nomor 119/4536/SJ tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Dan Tahun Akademik 2020/2021 Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Downloads

Published

2021-10-07

How to Cite

Permada, D. N. R., & Harsono, Y. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Mahasiswa Manajemen Universitas Pamulang Di Era New Normal. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(4), 487–492. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i4.13386

Issue

Section

Articles