Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Mahasiswa Manajemen Universitas Pamulang Di Era New Normal
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i4.13386Keywords:
Pandemi Covid-19, Metode Daring, Prestasi MahasiswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran daring dan prestasi mahasiswa Manajemen Universitas Pamulang di Era new normal. Sifat penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif. Berdasarkan hasil uji F pada tabel di atas antara variabel bebas terhadap variabel terikat diperoleh tingkat signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, Model regresi linier sederhana pada penelitian ini memiliki pengaruh dan dari pemaparan hasil analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring mahasiswa terhadap prestasi mahasiswa manajemen Universitas Pamulang di masa New Normal walaupun variabel pembelajaran daring hanya dapat memprediksi 14,5% terhadap prestasi mahasiswa manajemen Universitas Pamulang di masa New Normal saat ini.References
Alisman. 2014. Analisis Efektivitas dan Efisiensi Manajemen Keuangan di Aceh Barat. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik Indonesia. 50 Robbins, Stephen P.; Judge, Timothy A. (2008). Perilaku Organisasi Buku 1, Jakarta: Salemba Empat. Hal.56-66).
Aprida, P., & Muhammad Darwis, D. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Fitrah Jurnaljurnal Keilmuan, 337
Ar-ruzzmedia. Putra, Made. 2020. Kurang Efisiennya PembelajaranDaring/E-Learning.3
Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Bilfaqih, Yusuf. 2015. Esesnsi Pengembangan Pembelajaran Daring.Yogyakarta: Deepublish
Dunnette, M. D. (Inggris)"Aptitude, Abilities, and Skills," Handbook of Industrial and Organizational Psychology, Chicago: Rand McNally, 1976, hal. 478-483.
Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia Weiner, B. (1990). History of motivational research in education. Journal of educational Psychology, 82(4), 616.
Imron, m. (2017). Pengaruh motivasi dan kompensasi terhadap prestasi kerja karyawan cleaning service PT Etos nasional indonesia (studi kasus di rsud kepanjen malang).
Isman, Mhd. 2016. Pembelajaran Media dalam Jaringan (Moda Jaringan). The Progressive and Fun Education Seminar, 586.
Jamaludin, Dindin dkk. 2020. Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 3
Masruri. 2014. Analisis Efektifitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan.Padang: Akademia Permata
Mitchell, T. R. Research in Organizational Behavior. Greenwich, CT: JAI Press, 1997, hal. 60-62.
Mutia, Intan dan Leonard. 2013. Kajian Penerapan E-learning Dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Faktor Exacta 6(4). 282
Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 25.Pengetahuan. 131
Pangondian, Roman A. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS). 57
Prastowo, Andi. 2012. Metode Penelitian Penelitian Kualitatif Dalam Persektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta :
Putra, Made. 2020. Kurang Efisiennya PembelajaranDaring/E-Learning.3
Rohmawati, Afifatu. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 17.
Syarifudin, Albitar S. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 31-33
Sobron A.N, B. R. 2019. Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Minat Belajar IPA. Pendidikan Islam dan Multikulturalisme.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta
Uno, H. B. (2007). Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2020.
https://www.beritasatu.com/heri-soba/nasional/673285/pemberlakuan-jam-malam-di-wilayah-penyangga-jakarta Diakses tanggal 28 September 2020.
https://www.kemdikbud.go.id/Diakses tanggal 28 September 2020.
Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 03/KB/2020 Nomor 612 Tahun 2020 Nomor HK.01.08/Menkes/502/2020 Nomor 119/4536/SJ tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 Dan Tahun Akademik 2020/2021 Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).