Strategi Digital Branding Dalam Meningkatkan Jumlah Santri di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i2.19598Keywords:
Digital Branding, Internet, Media Sosial, Pondok Pesantren, SantriAbstract
Pengguna media sosial dan berbagai platform digital semakin berkembang dari tahun ke tahun. Hal ini mempermudah para pelaku usaha dalam mempromosikan usahanya secara digital, tidak terkecuali bagi para pelaku usaha yang bergerak di bidang jasa pendidikan. Fenomena ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian terkait penggunaan digital branding pada lembaga pendidikan. Dalam penelitian ini, objek utama penelitianya adalah Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin yang terletak di Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten. Dalam prosesnya, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sehingga hasil penelitian disampaikan secara deskriptif melalui teks naratif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu bagaimana penerapan Digital Branding di lingkungan Pondok Pesantren serta sebesar apa pengaruhnya dalam membangun Image dan peningkatan jumlah santri di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin telah sejak lama menggunakan Digital Branding sebagai startegi dalam membangun image dan meningkatkan jumlah santrinya. Sementara hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa Digital Branding sangat efektif diterpakan dalam usaha membangun image serta meningkatkan jumlah santri di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin.References
Haikal, H., Ridwan, A., Andrianto, I., Afif, W., Rusli, R., & Sunarsi, D. (2021). Penyuluhan Pemanfaatan Media Sosial Bagi Perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pada Masyarakat Desa. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(3).
Husaini, Setiady, & Akbar. (2018). Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta:PT.Bumi Aksara, 2000), cet. 3. 54
Mahmud. (2006).“Model-Model Pembelajaran di Pesantren†Tangerang: Media Nusantara.
Mulyana, D. (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial, Lainnya, Bandung: PT. Remaja Rodakarya.
Sudarso, A., Kurniullah, A. Z., Halim, F., Purba, P. B., Dewi, I. K., Simarmata, H. M. P., & Manullang, S. O. (2020). Manajemen Merek. Yayasan Kita Menulis.
Suherman, K., Hagijanto, A. D., & Maer, B. (2019). Perancangan Branding Aksesoris" Tanda". Jurnal DKV Adiwarna, 1(14), 9.
Ubaedullah, D. (2018). Strategi Membangun Citra Pesantren. EDUKASIANA.
Wasan, G. H., & Sariningsih, A. (2021). Pelatihan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Digital di Kecamatan Citeureup. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 31-36.
Wijandari, A., & Sumilah, N. (2021). Sosialisasi Manajemen Strategi Pemasaran Di UMKM Kecamatan Cileungsi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 61-64.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).