Strategi Digital Branding Dalam Meningkatkan Jumlah Santri di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin

Authors

  • Irfan Maulana Universitas Pamulang
  • Jasip Soleh Universitas Pamulang
  • Antin Setiyawati Universitas Pamulang
  • Udin Ahidin Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i2.19598

Keywords:

Digital Branding, Internet, Media Sosial, Pondok Pesantren, Santri

Abstract

Pengguna media sosial dan berbagai platform digital semakin berkembang dari tahun ke tahun. Hal ini mempermudah para pelaku usaha dalam mempromosikan usahanya secara digital, tidak terkecuali bagi para pelaku usaha yang bergerak di bidang jasa pendidikan. Fenomena ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian terkait penggunaan digital branding pada lembaga pendidikan. Dalam penelitian ini, objek utama penelitianya adalah Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin yang terletak di Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Banten. Dalam prosesnya, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sehingga hasil penelitian disampaikan secara deskriptif melalui teks naratif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu bagaimana penerapan Digital Branding di lingkungan Pondok Pesantren serta sebesar apa pengaruhnya dalam membangun Image dan peningkatan jumlah santri di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin telah sejak lama menggunakan Digital Branding sebagai startegi dalam membangun image dan meningkatkan jumlah santrinya. Sementara hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa Digital Branding sangat efektif diterpakan dalam usaha membangun image serta meningkatkan jumlah santri di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin.

References

Haikal, H., Ridwan, A., Andrianto, I., Afif, W., Rusli, R., & Sunarsi, D. (2021). Penyuluhan Pemanfaatan Media Sosial Bagi Perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pada Masyarakat Desa. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(3).

Husaini, Setiady, & Akbar. (2018). Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta:PT.Bumi Aksara, 2000), cet. 3. 54

Mahmud. (2006).“Model-Model Pembelajaran di Pesantren†Tangerang: Media Nusantara.

Mulyana, D. (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial, Lainnya, Bandung: PT. Remaja Rodakarya.

Sudarso, A., Kurniullah, A. Z., Halim, F., Purba, P. B., Dewi, I. K., Simarmata, H. M. P., & Manullang, S. O. (2020). Manajemen Merek. Yayasan Kita Menulis.

Suherman, K., Hagijanto, A. D., & Maer, B. (2019). Perancangan Branding Aksesoris" Tanda". Jurnal DKV Adiwarna, 1(14), 9.

Ubaedullah, D. (2018). Strategi Membangun Citra Pesantren. EDUKASIANA.

Wasan, G. H., & Sariningsih, A. (2021). Pelatihan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Digital di Kecamatan Citeureup. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 31-36.

Wijandari, A., & Sumilah, N. (2021). Sosialisasi Manajemen Strategi Pemasaran Di UMKM Kecamatan Cileungsi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 61-64.

Downloads

Published

2022-04-06

How to Cite

Maulana, I., Soleh, J., Setiyawati, A., & Ahidin, U. (2022). Strategi Digital Branding Dalam Meningkatkan Jumlah Santri di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i2.19598

Issue

Section

Articles