Pengaruh Disiplin Kerja dan Kompetensi Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor SAMSAT Kota Sorong

Authors

  • Evi Mufrihah Zain Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Febry Jein Andjar Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Tyas Dwi Restyani Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Rais Dera Pua Rawi Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i2.19604

Keywords:

Disiplin Kerja, Kompetensi Pegawai, Kualitas Pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Disiplin kerja dan kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan publik pada Kantor SAMSAT Kota Sorong. Teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi linier berganda, determinasi dan uji hipotesis.Hasil penelitian Disiplin Kerja berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan sebesar 33%, uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (3,849 > 1,986). Kompetensi Pegawai berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan sebesar 18%, uji  hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (4,813 > 1,986). Disiplin Kerja dan Kompetensi pegawai secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Pelayanan memiliki Kontribusi pengaruh sebesar 40,9%, uji hipotesis diperoleh F hitung > F tabel atau (11,426 > 2,700).

References

Andayani, M. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan disiplin kerja terhadap kepuasan pasien rawat inap pada rumah sakit umum daerah kabupaten lahat. MOTIVASI, vol 6(No 1).

Barus, S. A. H. (2016). Pengaruh Akses Pajak, Fasilitas, Sosialisasi Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. JOM Fekon, Vol. 3(No. 1), 295–309.

Dwiyanto. (2008). Manajemen Pelayanan. Pustaka Belajar.

Febriarti, N. P., & Hengky Pramusinto. (2015). Pengaruh Disiplin Kerja, Kompetensi Pegawai, dan Fasilitas Kantor Terhadap Kualitas Pelayanan Sub Bagian Tata Pemerintah Pada Pembuatan Kartu Keluarga (KK) di Kantor Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen. Economic Education Analysis Journal, 4(1), 141–150.

Mimin Armiyati. (2016). Pengaruh Kompetensi Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan UPT. Perpustakaan Kabupaten Kutai Timur.

Saleh, A. M. (2010). Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar.

Sudiyanti, D. (2012). Pengaruh Kemampuan Kerja dan Disiplin Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di SAMSAT Kota Semarang III. Ilmu Administrasi Publik, 2013–2015.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suwanto, S., Sunarsi, D., Erlangga, H., Nurjaya, N., & Haryadi, R. N. (2022). Pengaruh Pemberian Reward dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja yang Berdampak pada Kinerja Karyawan pada PT Surya Pratama Gemilang di Bekasi. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 5(2), 471-484.

Wibawa. (2005). Manajemen Kualitas: Penerapan Konsep-Konsep Kualitas dalam Manajemen Bisnis. PT.Gramedia Pustaka Utama.

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2022-04-06

How to Cite

Zain, E. M., Andjar, F. J., Restyani, T. D., & Rawi, R. D. P. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja dan Kompetensi Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor SAMSAT Kota Sorong. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 2(2), 221–226. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i2.19604

Issue

Section

Articles