Pengaruh Disiplin Kerja dan Kompetensi Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor SAMSAT Kota Sorong
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i2.19604Keywords:
Disiplin Kerja, Kompetensi Pegawai, Kualitas PelayananAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Disiplin kerja dan kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan publik pada Kantor SAMSAT Kota Sorong. Teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi linier berganda, determinasi dan uji hipotesis.Hasil penelitian Disiplin Kerja berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan sebesar 33%, uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (3,849 > 1,986). Kompetensi Pegawai berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan sebesar 18%, uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (4,813 > 1,986). Disiplin Kerja dan Kompetensi pegawai secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Pelayanan memiliki Kontribusi pengaruh sebesar 40,9%, uji hipotesis diperoleh F hitung > F tabel atau (11,426 > 2,700).References
Andayani, M. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan disiplin kerja terhadap kepuasan pasien rawat inap pada rumah sakit umum daerah kabupaten lahat. MOTIVASI, vol 6(No 1).
Barus, S. A. H. (2016). Pengaruh Akses Pajak, Fasilitas, Sosialisasi Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. JOM Fekon, Vol. 3(No. 1), 295–309.
Dwiyanto. (2008). Manajemen Pelayanan. Pustaka Belajar.
Febriarti, N. P., & Hengky Pramusinto. (2015). Pengaruh Disiplin Kerja, Kompetensi Pegawai, dan Fasilitas Kantor Terhadap Kualitas Pelayanan Sub Bagian Tata Pemerintah Pada Pembuatan Kartu Keluarga (KK) di Kantor Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen. Economic Education Analysis Journal, 4(1), 141–150.
Mimin Armiyati. (2016). Pengaruh Kompetensi Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan UPT. Perpustakaan Kabupaten Kutai Timur.
Saleh, A. M. (2010). Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar.
Sudiyanti, D. (2012). Pengaruh Kemampuan Kerja dan Disiplin Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di SAMSAT Kota Semarang III. Ilmu Administrasi Publik, 2013–2015.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suwanto, S., Sunarsi, D., Erlangga, H., Nurjaya, N., & Haryadi, R. N. (2022). Pengaruh Pemberian Reward dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja yang Berdampak pada Kinerja Karyawan pada PT Surya Pratama Gemilang di Bekasi. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 5(2), 471-484.
Wibawa. (2005). Manajemen Kualitas: Penerapan Konsep-Konsep Kualitas dalam Manajemen Bisnis. PT.Gramedia Pustaka Utama.
Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. PT Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).