Faktor Ketertarikan Minuman Kopi Kekinian Terhadap Keputusan Membeli Konsumen di Kalangan Anak Muda

Authors

  • Febrianto Hermawan Universitas Pamulang
  • Nurbaety Nurbaety Universitas Pamulang
  • Deviana Oktoria Universitas Pamulang
  • Hengky Mayer Pardede Universitas Pamulang
  • Kasmad Kasmad Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i2.19608

Keywords:

Faktor Ketertarikan, Keputusan Membeli, Pembeli Anak Muda

Abstract

Jenis minuman kopi kekinian marak di kalangan anak muda. Persaingan antar kedai usaha minuman tersebut terlihat dari munculnya berbagai kedai kopi unik. Untuk itu, penulis tertarik untuk meneliti faktor ketertarikan minuman kopi kekinian terhadapkeputusan membeli konsumen kalangan muda. Riset ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan teknik purposive sampling, responden diambil dari kalangan muda di sekitar Jakarta, Tangerang dan Bekasi yang suka minuman kopi. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang didapat di lapangan ditemukan terdapat beberapa faktor ketertarikan sehingga terdapat keputusan membeli pada kalangan muda yakni faktor tempat yang nyaman, pelayanan yang ramah, faktor rasa yang enak dengan banyak varian, faktor nama resto dan nama menu yang unik menjadikan ada ketertarikan untuk membeli. Di samping itu faktor harga yang cukup terjangkau, kemasan dengan design kreatif serta menarik. Selain itu ditemukan juga adanya faktor pribadi, sosial dan psikologi menjadi salah satu faktor ketertarikan membeli minuman kopi kekinian di kalangan muda. Dengan demikian diharapkan penelitian ini bermanfaat bagi pembisnis di bidang kuliner minuman kop, serta penelitian selanjutnya dalam meneliti bisnis di bidang ini.

References

Al Farisi, M. S. (2020). Preferensi Masyarakat Terhadap Pembelian Produk Makanan Halal Di Dusun Mlangi Yogyakarta: Masyarakat Terhadap Pembelian Produk Makanan Halal Di Dusun Mlangi Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 1(2), 60-75.

Herawati, E., Puspitasari, P., Susanti, M., & Rahmahdani, N. (2021). Pelatihan Kewirausahaan bagi Remaja Karang Taruna di Desa Dayeuh. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 17-21.

Išoraitė, M. (2020). Marketing Mix Features. Ecoforum, 9(1), 1–6. Retrieved from http://journal.walisongo.ac.id/index.php/JDMHI/article/view/4369/2394

Leniwati, & Arafat, Y. (2017). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan (JMKSP), 2(1), 106–114. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1158

Mustinda, L. (2016, November 22). Generasi Millennial Terbukti Lebih Banyak Minum Kopi Dibandingkan Generasi Sebelumnya. Detikfood, p. 1. Retrieved from https://food.detik.com/info-kuliner/d-3350957/generasi-millennial-terbuktilebih-banyak-minum-kopi-dibandingkan-generasi-sebelumnya

Negara, A. A. N. D. E., & Arifin, Z. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Minat Beli (Survei pada Pembeli di Gerai Starbucks di Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 61(2), 202–209. Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2590/2984

Nopian, A. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Kedai Kopi CELLESTIAL Lembang Kab. Bandung Barat). Universitas Pasundan.

Nuraini, M. W., Wahyu, W., Nurjanah, D., Firnanda, D. Y., Fazlurrahman, H., N, M. W.,… Nurjanah, D. (2019). Measuring Intention to buy Air freshener product based on Brand Name , Packaging , Product Quality , Price , and Advertising in Indonesia Measuring Intention to buy Air freshener product based on Brand Name , Packaging , Product Quality , Price , and Adve. International Journal Of Academic Research in Business & Social Sciences, 9(7), 470–483. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v9-i7/6139

Poerwanto, E. (2019). Wouw, Nilai Bisnis Kedai Kopi Tembus Rp4,8 Triliu. Retrieved January 17, 2020, from https://bisniswisata.co.id/wouw-nilai-bisnis-kedai-kopi- tembus-rp48-triliun/

Putri, Y. A. (2019). Pengaruh Bauran Promosi dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Pada Kedai Kopi Serasi. JMSAB, 1(2), 137–144. Retrieved from http://www.ejournal.imperiuminstitute.org/index.php/JMSAB/issue/view/4

Samodro. (2018). Upaya Meningkatkan Daya Tarik Produk Makanan Dan Minuman Oleh-Oleh Di Tempat Destinasi Wisata Melalui Kajian Tanda Pada Desain Kemasan. Widyakala, 5(1), 66–76. Retrieved from http://www.ojs.upj.ac.id/index.php/journal_widya/article/view/102/50

Sijabat, M. S. (2019). Kedai Kopi, Menjanjikan Kini dan Masa Depan. GEOTIMES, p. 1.Retrieved from https://geotimes.co.id/op-ed/kedai-kopi-menjanjikan-kini-di- masa-depan/

Silfania, S. (2019). Hubungan Daya Tarik Dan Minat Beli Masyarakat Muslim Terhadap Pencantuman Lebel Halal (Studi Kasus Bakso Pak Mien Bogor). Al Amwal (Hukum Ekonomi Syariah), 1(2), 100–117. Retrieved from http://ojs.staibhaktipersada- bandung.ac.id/index.php/Alamwal/article/view/20

Sudarsono, A., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Varian Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Laboratorium Klinik Kimia Farma-Bintaro. Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 15(1), 16-26.

Downloads

Published

2022-04-06

How to Cite

Hermawan, F., Nurbaety, N., Oktoria, D., Pardede, H. M., & Kasmad, K. (2022). Faktor Ketertarikan Minuman Kopi Kekinian Terhadap Keputusan Membeli Konsumen di Kalangan Anak Muda. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 2(2), 249–254. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i2.19608

Issue

Section

Articles