Efektivitas Loyalty Program Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Epson di Jakarta

Authors

  • Ovi Mariana Sari Universitas Pamulang
  • Niko Adrianto Universitas Pamulang
  • Aprilinus Hia Universitas Pamulang
  • Neng Nurhemah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i2.19609

Keywords:

Loyalty Program, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Loyalitas pelanggan berawal dari rasa puas dan percaya pelanggan terhadap apa yang diberikan oleh perusahaan, maka dari itu perusahaan harus tetap dapat menciptakan dan memelihara loyalitas tersebut dengan melakukan promosi dan perbaikan layanan. Loyalty program yang dibuat oleh Epson yaitu dengan memberikan poin rewards untuk pembelian produk tertentu, event gratis jasa servis, pemberian cashback dan juga paket bundling. Penelitian ini menggunakan survei dengan metode distribusi online kepada pelanggan Epson di Jakarta, dengan jumlah sampel 81 responden. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji variabel Loyalty Program (X) terhadap variabel kepuasan Pelanggan (M) sebagai mediasi dan variabel Loyalitas Pelanggan (Y). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel Loyalty Program mempengaruhi loyalitas pelanggan serta kepuasan pelanggan. Variabel kepuasan pelanggan pada penelitian ini juga berperan menjadi mediasi yang menjelaskan bahwa variabel Loyalty Program secara tidak langsung mempengaruhi variabel Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan Epson di Jakarta.

References

Adieb, Maulana. 2021. Loyalty Program, Strategi Ampuh untuk Pertahankan Pelanggan. [online] dari: https://glints.com/id/lowongan/loyalty-program/#.YbSjMlkxVPY [11 Desember 2021].

Agustin, R. P., Suparwo, A., Yuliyana, W., Sunarsi, D., & Nurjaya, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan serta dampaknya pada Word of Mouth Jasa Pengurusan Nenkin di CV Speed Nenkin. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3), 186-190.

Asmarasari, Devi Tri, dkk. 2020. Pengaruh Digital Loyalty Program Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Studi Kasus Tokopedia. Jurnal Pemasaran Kompetitif, Volume 4, Nomor 1, Halaman 13-32. Tangerang: Jurnal Pemasaran Kompetitif Universitas Pamulang.

Bagaskara, Andhika Surya. 2018. Analisis Pengaruh Program Loyalitas Pelanggan dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepercayaan sebagai Variabel Mediasi pada Produk HP Samsung (Penelitian di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta). Universitas Islam Indonesia: Yogyakarta.

Curatman, Aang., dkk. 2020. Program Loyalitas Pelanggan. Sleman: Deepublish Publisher.

Hanif, H., & Fuadyah, I. (2021). Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan, 2(1), 38-47.

Pandita, Giovanni. 2021. Loyalty Program Menambah Keuntungan Perusahaan. [online] dari: https://www.jojonomic.com/blog/loyalty-program/ [11 Desember 2021].

Rifa’I, Khamdan. 2019. Membangun Loyalitas Pelanggan. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Saifuddin, A. 2001. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sari, Hesti Kartika. 2009. Efektivitas Loyalty Program dalam Customer Relationship Management terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 6, Nomor 2, Halaman 177- 206. Malang: Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya.

Downloads

Published

2022-04-06

How to Cite

Sari, O. M., Adrianto, N., Hia, A., & Nurhemah, N. (2022). Efektivitas Loyalty Program Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Epson di Jakarta. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 2(2), 255–261. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i2.19609

Issue

Section

Articles