Efektivitas Loyalty Program Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Epson di Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i2.19609Keywords:
Loyalty Program, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas PelangganAbstract
Loyalitas pelanggan berawal dari rasa puas dan percaya pelanggan terhadap apa yang diberikan oleh perusahaan, maka dari itu perusahaan harus tetap dapat menciptakan dan memelihara loyalitas tersebut dengan melakukan promosi dan perbaikan layanan. Loyalty program yang dibuat oleh Epson yaitu dengan memberikan poin rewards untuk pembelian produk tertentu, event gratis jasa servis, pemberian cashback dan juga paket bundling. Penelitian ini menggunakan survei dengan metode distribusi online kepada pelanggan Epson di Jakarta, dengan jumlah sampel 81 responden. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji variabel Loyalty Program (X) terhadap variabel kepuasan Pelanggan (M) sebagai mediasi dan variabel Loyalitas Pelanggan (Y). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel Loyalty Program mempengaruhi loyalitas pelanggan serta kepuasan pelanggan. Variabel kepuasan pelanggan pada penelitian ini juga berperan menjadi mediasi yang menjelaskan bahwa variabel Loyalty Program secara tidak langsung mempengaruhi variabel Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan Epson di Jakarta.References
Adieb, Maulana. 2021. Loyalty Program, Strategi Ampuh untuk Pertahankan Pelanggan. [online] dari: https://glints.com/id/lowongan/loyalty-program/#.YbSjMlkxVPY [11 Desember 2021].
Agustin, R. P., Suparwo, A., Yuliyana, W., Sunarsi, D., & Nurjaya, N. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan serta dampaknya pada Word of Mouth Jasa Pengurusan Nenkin di CV Speed Nenkin. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3), 186-190.
Asmarasari, Devi Tri, dkk. 2020. Pengaruh Digital Loyalty Program Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Studi Kasus Tokopedia. Jurnal Pemasaran Kompetitif, Volume 4, Nomor 1, Halaman 13-32. Tangerang: Jurnal Pemasaran Kompetitif Universitas Pamulang.
Bagaskara, Andhika Surya. 2018. Analisis Pengaruh Program Loyalitas Pelanggan dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepercayaan sebagai Variabel Mediasi pada Produk HP Samsung (Penelitian di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta). Universitas Islam Indonesia: Yogyakarta.
Curatman, Aang., dkk. 2020. Program Loyalitas Pelanggan. Sleman: Deepublish Publisher.
Hanif, H., & Fuadyah, I. (2021). Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Manajemen Bisnis dan Keuangan, 2(1), 38-47.
Pandita, Giovanni. 2021. Loyalty Program Menambah Keuntungan Perusahaan. [online] dari: https://www.jojonomic.com/blog/loyalty-program/ [11 Desember 2021].
Rifa’I, Khamdan. 2019. Membangun Loyalitas Pelanggan. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Saifuddin, A. 2001. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sari, Hesti Kartika. 2009. Efektivitas Loyalty Program dalam Customer Relationship Management terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 6, Nomor 2, Halaman 177- 206. Malang: Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).