Pengaruh Atribut Produk dan Variety Seeking Terhadap Brand Merek VIVO (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sorong) Switching Handphone Merek NOKIA ke Smartphone
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i2.19616Keywords:
Atribut Produk, Variety Seeking, Brand SwitchingAbstract
Penelitian ini memiliki dua variabel independen yaitu Atribut Produk dan Variety Seeking, sedangkan variabel dependennya yaitu Brand Switching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Atribut Produk dan Variety Seeking terhadap Brand Switching handphone merek Nokia ke smartphone merek Vivo (Studi pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sorong). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan korelasi dengan menggunakan analisis data yaitu analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sorong yang menggunakan handphone merek Nokia kemudian berpindah ke smartphone merek Vivo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik non probability dengan pendekatan purposive sampling. Pengambilan data menggunakan kuisioner. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Atribut Produk dan Variety Seeking secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap Brand Switching. Hasil uji menunjukkan bahwa variabel Variety Seeking yang paling dominan dalam penelitian ini.References
Farida, F., Nurwanita, N., & Ferdiawan, F. (2020). Pengaruh Berbagai Faktor terhadap Brand Switching Handphone pada Mahasiswa Fakultas dan Ekonomi Islam IAIN Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(2), 89–109. https://doi.org/10.24239/jiebi.v1i2.13.89-109
Hadi, A. S. (2021). The influence of product attribute, promotion mix, distribution channel, and price toward repurchase intention on iPhone. Asian Management and Business Review, 1(2), 95–104. https://doi.org/10.20885/ambr.vol1.iss2.art2
Harjadi, D., Nurfatimah, S., Kuningan, U., Kuningan, K., & Barat, J. (2021). Brand Switching Behavior From Samsung To Oppo Among Millenials. Trikonomika, 20(1), 41–46. https://doi.org/10.23969/trikonomika.v20i1.3853
Jasmani, J., Sutiman, S., & Sunarsi, D. (2020). Analysis of the Effect of Prices, Promotions and Products on Purchase Interest Impacts on Consumer Satisfaction of VIVO Brand Mobile Phones in South Tangerang Region. Jurnal Ad’ministrare, 7(1), 73. https://doi.org/10.26858/ja.v7i1.13585
Mahayu Putri, E., & Astuti, M. (2020). Analisis Perpindahan Merek (Studi Kasus Pada Pengguna Smartphone Oppo Di Ciganjur, Jagakarsa). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(4), 333–341. https://doi.org/10.31933/jimt.v1i4.126
Putranto, A. T. (2019). Pengaruh Atribut Produk, Promosi Dan Variety Seeking Terhadap Brand Switching. JURNAL SeMaRaK, 1(3). https://doi.org/10.32493/smk.v1i3.2248
Satya, A., & Irna, C. (2016). Product Attributes and Price on Purchase Decision of Xiaomi Smartphone. Trikonomika, 15(1), 40. https://doi.org/10.23969/trikonomika.v15i1.398
Setiawan, R. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Vivo Smartphone Pada Pt Salim Surya Phone Di Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 8(1), 55. https://doi.org/10.54144/jadbis.v8i1.3240
Wibowo, S. F., Kurnaen, T., & P, A. K. R. (2014). Pengaruh atribut produk dan variety seeking terhadap keputusan perpindahan merek handphone nokia ke smartphone samsung ( Survei pada outlet Okeshop ITC Roxy Mas , Jakarta Pusat ). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 5(1), 21–41.
Winarti, Y., Sarkum, S., & Halim, A. (2021). Product Innovation on Customer Satisfaction and Brand Loyalty of Smartphone Users. Journal of Applied Business Administration, 5(2), 179–187. https://doi.org/10.30871/jaba.v5i2.3166 Yogyakarta, S. (2021). Analisis pengaruh. 5(September 2005), 90–104.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).