Pengaruh Standar Operasional Prosedur Pengiriman dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Sicepat Ekspres Cabang Bintaro

Authors

  • Kemas Vivi Andayani Universitas Pamulang
  • M. Rifqi Ardinsyah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i3.23910

Keywords:

SOP Pengiriman, Komunikasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Jasa pengiriman barang kini semakin diminati setiap harinya oleh kalangan masyarakat di Indonesia, terutama pada zaman yang canggih ini. Fenomena tersebut diiringi dengan pesatnya perkembangan perusahaan penyedia jasa pengiriman barang, keberadaannya itu dibutuhkan bagi masyarakat sekitar. Salah satu jasa pengiriman yang diminati adalah perusahaan PT. Sicepat Ekspres merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa yang berfokus pada pelayanan jasa pengiriman. Data penelitian dikumpulkan dengan metode angket, observasi, dan wawancara menggunakan analisis data antara lain: Uji Regresi Linear Berganda, Uji Hipotesis, Koefisien Korelasi, dan Koefisien Determinasi . Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 3,163 + 0,241 (X1) + 0,614 (X2) dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,694. Hal ini menunjukan bahwa sebesar 69,4% Standar Operasional Prosedur Pengiriman (X1) dan Komunikasi (X2) memiliki kontribusi pengaruh terhadap KInerja (Y). Dan berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji f dari hasil uji statistik dimana nilai Fhitung > Ftabel (58,971 > 2,750) dan Sig < 0,05 (0,00<0,05) maka hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara standar operasional prosedur pengiriman dan komunikasi terhadap kinerja karyawan dengan kebutusan yang diambil adalah Ho Ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil dari koefisien korelasi, diperoleh nilai signifikansi antara variabel standar operasional prosedur (X1) dan Komunikasi (X2) terhadap Kinerja karyawan (Y) didapat angka Korelasi (R) sebesar 0,810, yang menunjukan bahwa hubungan antar variabel dependen dan variabel independen sangat kuat karena angka tersebut berada pada interval 800-1.000.

References

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Agus, Erwan .P dan Dyah R.S. (2012). Implementasi Kebijakan Publik. Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta : Gava Media.

Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Anwar Prabu Mangkunegara A.A., (2013), Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Anwar Prabu Mangkunegara A.A.. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Arif. .R . (2011). Penilaian Kinerja. PT Sarana Panca Karya Nusa.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta.

Bahar, H., & Mathar, T. (2015). "Upaya Pelestarian Naskah Kuno di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Selatan" Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipak Khizanah Al-Hikmah volume 3 no 1 halaman 89-100.

Bambang .W. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Sulita.

Bangun, Wilson. (2012). “Manajemen Sumber Daya Manusiaâ€. Jakarta: Erlangga.

Dessler, Gary. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Djamarah, Syaiful .B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Effendy, Onong .U. (2015). Ilmu, Komunikasi Teori dan Praktek Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditia Bakti.

Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Haryadi, R. N., Sunarsi, D., Erlangga, H., & Wijandari, A. (2022). Pengaruh Promosi Jabatan Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Beringin Life di Jakarta. MAMEN: Jurnal Manajemen, 1(1), 41-48.

Hasibuan, Malayu SP. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan keempatbelas, Jakarta ,Penerbit : Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Masram. (2017) . Manajemen Sumber Daya Profesional. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Misbahudin, Iqbal Hasan, (2013), Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Jakarta, Bumi Aksara

Purnamasari, Evita P., 2015, Panduan Menyusun SOP Standard Operating Procedure, Jagakarsa, Jakarta: PT Buku Kita.

Robbins, Stephen .P dan Timothy A. Judge. 2012. Perilaku Organisasi. Salemba Empat. Jakarta.

Ruliana, Poppy. 2014. Komunikasi Organisasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Ruliana, Poppy. 2016. Komunikasi Organisasi. Teori dan Studi Kasus. Jakarta. Penerbit Rajawali Pers.

Sekaran, Uma (2003), Research Methods For Business: A Skill Building Aproach, New York-USA: John Wiley and Sons, Inc.

Sinambela, Lijan .P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Suryono. (2011). Metodelogi penelitian kesehatan. Jogjakarta: Mitra Cendikia.

Sutrisno. (2013). Manajemen Keuangan : Teori, Konsep & Aplikasi. Jakarta : Ekonisia.

Suwanto, S., Sunarsi, D., Erlangga, H., Nurjaya, N., & Haryadi, R. N. (2022). Pengaruh Pemberian Reward dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja yang Berdampak pada Kinerja Karyawan pada PT Surya Pratama Gemilang di Bekasi. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 5(2), 471-484.

Downloads

Published

2022-08-27

How to Cite

Andayani, K. V., & Ardinsyah, M. R. (2022). Pengaruh Standar Operasional Prosedur Pengiriman dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Sicepat Ekspres Cabang Bintaro. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 2(3), 424–433. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v2i3.23910

Issue

Section

Articles