Analisis Strategi Pemasaran Bawang Merah di Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur

Authors

  • Hasanudin Hasanudin Universitas Islam Al-Azhar Mataram, Indonesia
  • Khairil Anwar Universitas Islam Al-Azhar Mataram, Indonesia
  • Nirmawati Nirmawati Universitas Islam Al-Azhar Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v3i1.28250

Keywords:

Bawang Merah, Harga, Volume Penjualan, Regresi Linear Berganda

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk  mengetahui pengaruh strategi  produk dan harga terhadap permintaan pasar bawang merah di Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok  Timur. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Deskriptif Kuantitatif, Tekhnik penelitian yang akan digunakan pada  penelitian ini yakni yang pertama dengan menggunakan wawancara. Data dianalisis menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Produk dan Harga berpengaruh positif signifikan terhadap volume penjualan. Dari hasil analisis deskripsi yang ada pada  variabel  unsur produk dan harga memang menunjukkan rata-rata yang memuaskan dengan skor maksimal 3. Dimana unsur produk berisi tentang  : kualitas bawang merah, ukuran bawang merah, kegunaan bawang merah dan ketersediaan produk; (2) Variabel harga produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel volume penjualan. Dan sesuai dengan Hipotesis awal, karena harga produk memiliki pengaruh terhadap volume penjualan bawang merah.

References

Agus Wibowo.2015.Pengantar Pemasaran Bisnis Digital.Yayasan Prima Agus Tekhnik. Hlm 1

Antonius Non Yeri dan Sarlina Noni, 2021. Jurnal Agribisnis Kepulauan. Strategi Pemasaran Bawang Merah Di Kebun Praktek Fakultas Pertanian Universitas Nusa NIPA. Vol 9, Nomor 2. Hlm 162

Astuti Kurnianingsih,dkk. 2018. Jurnal Hort Indonesia. Karakter Pertumbuhan Tanaman Bawang Merah Pada Berbagai Komposisi Media Tanaman.ISSN : 26142872. Vol 9, Nomor 3. Hlm 168

Chairul Muslim dan Valeriana Darwis. Jurnal SEPA. Keragaman kedelai nasional dan analisis farmer shares serta efisiensi pemasaran saluran pemasaran kedelai di kabupaten cianjur. ISSN 18299946. Vol 9, Nomor 1. Hlm 8.

Dahlia Rosyidah Wijaya,dkk.2021. Jurnal Magister Agribisnis. Strategi Pemasaran Agribisnis Bawang Merah Goreng Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Dikabupaten Nganjuk. ISSN : 27159086, Vol 21,Nomor 2. Hlm 106.

Dani Apriono.dkk. 2012. Jurnal Social Dan Pertanian. Analisis Efisiensi Saluranpemasaran Ikan Lele Di Desa Rasau Jaya 1 Kecamatan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya. Vol 1, Nomor 3. Hlm 30.

Dasril Aldo dan Sapta Eka Putra.2019. Jurnal Sistem Komputer. Sistem Pakar Diagnosis Hama Dan Penyakit Bawang Merah Menggunakan Metode Dempster Shafer. ISSN : 26553198, Vol 9. Nomor 2. Hlm 76.

Didit Darmawan.2018. Jurnal Agrimas. Strategi Pengembangan Usaha Tani Bawang Merah Di Desa Sajen,Kecamatan Pacet,Kabupaten Mojokerto. ISNN :25808621, Vol 2 Nomor 1. Hlm 14.

Erlyna Noviyanti dan Sandi Eka Suprajang. 2015. Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi. Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Volume Penjualan Dan Keputusan Pembelian Pada UD PRIMA Tulunganggung. ISSN : 24072680, Vol 2, No.1. hlm 35.

I Kadek Januwiata.dkk.2014. Analisis Saluran Pemasaran Usaha Tani Jeruk Di Desa Kerta Kecamatan Payangan Kabupaten Gianjar Tahun 2013. Vol 4,Nomor 1.hlm 6

Ivony Annisa, dkk. 2018. Jurnal ilmiah managemen. Efisiensi Pemasaran Bawang Merah ( Kasus : Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah . ISSN : 2088-1231, Vol 8, No.2 hlm 254

Kardono .2010. Budidaya Dan Manfaat Bawang Merah,Mentimun Dan Pare. PT Armandelta Selaras . hlm 4.

Muhammad Rizal Gozali dan Rudi Wibowo. 2019. Jurnal ekonomi pertanian dan Agribisnis. Analisis Resiko Produksi Usahatani Bawang Merah Di Desa Petak Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk. ISSN : 2614-4670, Vol 3, No. 2. Hlm 295

Noor Fajjriyah. 2017. Kiat Sukses Budidaya Bawang Merah . Bio Genesis.hlm 29

Nur Widiastuti dan Mohm Harisudind. 2013. Saluran Dan Marjin Pemasaran Jagung Di Kabupaten Grobogan. ISSN 18299946, Vol 9, No.2. hlm 235

Rendi Prayoga.2021. Jurnal Of Vision And Ideas. Saluran Pemasaran Dalam Memasarkan Asuransi. ISSN : 28092058. Vol 1, Nomor 2. Hlm 133-134

Rizka Karlina Putri.dkk.2018. Jurnal Ilmiah Manajemen. Analisis Efisiensi Dan Faktor Yang Mempengaruhi Pilihan Saluran Pemasaran

Rosihan Asmara dan Ruri Ardhiani,2010. Jurnal Agrise. Integritasi Pasar Dalam Sistem Pemasaran Bawang Merah. ISSN :1412-1425, Vol X, No.3.hlm 165

Suhirman. 2019. Strategi Pemasaran Bawang Merah. hlm 2

T. Prasetyo Hadi Atmoko.2018. Journal Of Indonesia Tourism, Hospitaly And Recreation. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Volume 1, Nomor 2

Totok Sudiyanto dan Rismansyah. 2017. Jurnal Media Wahana Ekonomi. Analisis Strategi Produk Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan PT.HTI Bumi Persada Banyuasin. Vol, 13.No.4. hlm 83

Wayan Redi Aryanto.2019. Jurnal Widia Kesehatan. Bawang Merah Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan. Vol 1, Nomor 1. Hlm 2

Yernelis Syawal, dkk. 2018. Jurnal Pengabdian Sri Wijaya. Budidaya Tanaman Bawang Merah ( Allium Cepa L) Dalam Polibag Dengan Memanfaatkan Kompos Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) Pada Tanaman Bawang Merah.hlm 671.

Downloads

Published

2023-01-23

How to Cite

Hasanudin, H., Anwar, K., & Nirmawati, N. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Bawang Merah di Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 3(1), 164–172. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v3i1.28250

Issue

Section

Articles