Pengaruh Harga, Word of Mouth, dan Kualitas Produk Platform Steam pada Keputusan Pembelian Game (Studi Kasus pada Area Soloraya)
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v3i2.29583Keywords:
Word of Mouth, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengaruh harga terhadap keputusan pembelian game di platform Steam di area Soloraya, (2) pengaruh Word of Mouth terhadap keputusan pembelian game di platform Steam di area Soloraya, (3) pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian game di platform Steam di area Soloraya, (4) pengaruh harga, Word of Mouth, dan kualitas produk secara simultan terhadap terhadap keputusan pembelian game di platform Steam di area Soloraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Steam di area Soloraya yang pernah membeli game di Steam dan diperoleh sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Accidental Sampling atau teknik pengambilan sampel secara kebetulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner menggunakan skala Likert. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Uji t (uji parsial) menunjukkan variabel Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian. (2) Uji t (uji parsial) menunjukkan variabel Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian. (3) Uji t (uji parsial) menunjukkan variabel Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian. (4) Uji F (uji simultan) menunjukkan variabel gaya Harga, Word of Mouth, dan Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian. (5) Uji R2 menunjukkan Keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel Harga, Word of Mouth, dan Kualitas Produk sebesar 63,8%, sedangkan sisanya 36,2% Keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dan disertakan dalam penelitian ini.
References
Aghniya, K. F. (2019). PENGARUH LOKASI DAN WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survey pada Kopi Euy! (Coffe Shop) Jl. Tamansari no.50 Bandung). Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, i.
Dwi, R. L. (2017). Pengaruh harga dan kualitas pelayananterhadap keputusan pembelian produk di gulai kepala ikan Bank jo. Jurnal Manajemen Dahwah.
Ekky Suti Wibisono. (2019). Pengaruh Kualitas Produk,Harga dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Pengaruh Kualitas Produk,Harga Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen U.D Rizky Barokah Di Balongbendo.
Ghozali, I. (2018b). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS-Imam Ghozali-2018. In Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali. (2018a). metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif. In Accountability (Vol. 6, Issue 1). https://doi.org/10.32400/ja.16023.6.1.2017.18-27
Jha, S. (2020). Organization without Hierarchy: A Case Study of Valve Corporation. Review of Management, 10(1/2), 19–24.
Masturi, H., & Hardini, R. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARATE-GI MEREK HOKIDO DI LIMA DOJO WILAYAH DKI JAKARTA. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 13(2). https://doi.org/10.47313/oikonomia.v13i2.508
Puranam, P., & Håkonsson, D. D. (2015). Valve’s way. Journal of Organization Design, 4(2), 2–4.
PUTRA, H. P. (2017). Pengaruh Penerapan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pengguna Steam Valve Di Kota Bandung).
Putranto, A. T., & Qiyanto, A. (2020). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Transaksi E-Pulsa. Jurnal Disrupsi Bisnis, 3(2).
Putri, M. A. (n.d.). Pengaruh harga, lokasi, store atmosphere, dan word of mouth terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada Restoran Warunk Upnormal Cinere [Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah]. Retrieved June 2, 2022, from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42892
Rosita, & Satyawisudarini, I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen(Studi Kasus Pembelian Online Produk T-Shirt Samesame Clothing). Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Almana), 1(3).
Sarjono, Haryadi, & Julianita, W. (2018). SPSS vs lisrel, Sebuah Pengantar untuk Riset. In Jakarta: Salemba Empat.
Setyawati, S. M., Poespowidjojon, D. A. L., & Hayuningtias, K. A. (2018). Role of brand love and brand commitment in establishing word of mouth communication. Indian Journal of Public Health Research and Development, 9(11). https://doi.org/10.5958/0976-5506.2018.01655.8
Sugiyono, D. (2016). Metode penelitian pendidikan kuantitatif , kualitatif dan R&D / Sugiyono. In Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: In Pustaka Baru Press (Vol. 1, Issue Metodologi Penelitian).
Suprapto, R., & Azizi, Z. W. (2020). PENGARUH KEMASAN, LABEL HALAL, LABEL IZIN P-IRT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN UMKM KERUPUK IKAN. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN), 3(2). https://doi.org/10.31002/rn.v3i2.1984
Supriadi. (2018). Konsep Harga Dalam Ekonomi Islam. In Book.
Winanti, W., Bahri, S., Nurbaeti, A., & Novita, D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Amanah Di BMT Purwakarta Amanah Sejahtera. EKSISBANK: Ekonomi Syariah Dan Bisnis Perbankan, 5(2). https://doi.org/10.37726/ee.v5i2.172
Wira Purnawan, I. K. A., & Suarmanayasa, I. N. (2021). Pengaruh Word Of Mouth Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Gojek Di Kota Denpasar. Bisma: Jurnal Manajemen, 7(2). https://doi.org/10.23887/bjm.v7i2.32054
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).