Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Ching Luh Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v3i3.33058Keywords:
Tingkat Pendidikan, Pengalaman Kerja, Kinerja KaryawanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan baik secara parsial maupun simultan pada PT. Ching Luh Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket kuisioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, hanya beberapa anggota populasi yang dijadikan sampel yaitu sebanyak 99 karyawan. Analisis data menggunakan program SPSS versi 26. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji instrumen data, uji asumsi klasik, uji analisis, dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis secara parsial variabel tingkat pendidikan (X1) diperoleh nilai diperoleh ð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” > ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™ (6,358 > 1,984) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Artinya tingkat pendidikan (X1) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y). Uji hipotesis secara parsial variabel pengalaman kerja (X2) diperoleh nilai ð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” > ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™ (11,113 > 1,984) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Artinya pengalaman kerja (X2) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y). Pengujian hipotesis secara simultan diperoleh nilai ð¹â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” > ð¹ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™ (61,863> 2,700) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan (X1) dan pengalaman kerja (X2) secara bersama-sama berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan (Y). Determinasi diperoleh R Square sebesar 0,563, artinya variabel tingkat pendidikan dan pengalaman kerja secara bersama-sama memiliki kontribusi pengaruh sebesar 56,3% sedangkan sisanya sebesar 43,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian.
References
Abdilah, R. H. (2019). Ilmu Pendidikan Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Adamy, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori, Praktik, dan Penelitian. Ljokseumawe : UNIMAL Press.
Badriyah, M. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.
Bili, W., Resmawan, E., & Kondorura, D. (2018). Pengaruh pengalaman kerja terhadap kinerja pegawai di kantor Kecamatan Laham Kabupaten Mahakam Ulu. Ejournal Pemerintahan Integratif, 6(3), 465-474.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 23 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Devischa, M. (2018). Pengaruh Pendidikan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis UB, 63(1).
Dewi, S., Bagia, I. W., & Susila, G. P. A. J. (2020). Pengaruh tingkat pendidikan dan pengembangan karir terhadap Kinerja karyawan. Jurnal Manajemen Indonesia, 8(1), 1-7.
Effendy, E. U. (2015). Ilmu Komunikasi dan Teori Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Elfrianto, M. A. (2017). Manajemen Pendidikan Masa Kini. Medan: UMSU Press. Ghozali, I. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Handoko, T. H. (2011). Manajemen Personalia Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
Hasibuan. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara. Hayati, I., Kusniawati, A., & Kader, M. A. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi pada Pegawai ASN RSUD Kabupaten Ciamis). Business Management and Entrepreneurship Journal, 2(3), 106-115.
Husain, B. A. (2018). Pengaruh Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (PT Bank Negara Indonesia TBK Kantor Cabang Bumi Serpong Damai). Jurnal Disrupsi Bisnis: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen, Fakultas ekonomi, Universitas Pamulang, 1(2), 1-20.
Leatemia, S. Y. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Manis, 2(1), 4.
Mangkunegara. (2015). Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Marpaung, N. N. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Kinerja Pegawai. Parameter, 6(2), 81-95.
Nia Putri Astriyani, A. S. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Jasamarga Tollroad Operator. Jurnal Ilmiah Kreatif Prodi Manajeman Unpam, 9(1), 79-85. Diambil kembali dari http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/kreatif
Octavianus, W. R. (2018). Pengaruh Pengalaman Kerja Dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Telkom Indonesia Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(3).
Sadili, S. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia. Santos, S. (2014). Manajemen Statistik Multivariat. Jakarta: PT Alex Media Komputerindo.
Sari, V. N., Sari, M. W., & Apriyan, J. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Keterampilan Kerja, Dan Sikap Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Kota Padang. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 99-106.
Sinambela. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (membangun tim kerja yang solid untuk meningkatkan kinerja). Jakarta: Bumi Aksara.
Subandrio, S., & Asminawati, A. (2022). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt Karya Sawitindo Mas (KSM). (JEMS) Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains, 3(1), 84-91.
Sudigdo, A., & Kurniawan, I. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. IPSOS Jakarta Selatan. Prosiding Manajerial dan Kewirausahaan, 5, 141-150.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno, E. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
W.Mahardika, M. A. (2018). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).