Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian yang Berdampak pada Loyalitas Konsumen (Studi Kasus pada Je’el Boutique di Tangerang Selatan)
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v3i4.34715Keywords:
Harga, Review Pelanggan Online, Keputusan Pembelian, Loyalitas KonsumenAbstract
Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk menganalisis pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Jeel Boutique. 2). Untuk menganalisis Online Customer Review mempunyai pengaruh terhadap Keputusan Pembelian di Jeel Boutique. 3). Untuk menganalisis Pengaruh Harga dan Ulasan Pelanggan Online terhadap Keputusan Pembelian di Jeel Boutique. 4). Untuk menganalisis Keputusan Pembelian berpengaruh terhadap Loyalitas Konsumen pada Jeel Boutique. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 160 pembeli di Je’el Boutique. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probabilitas sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi. Hasil penelitian dapat diringkas sebagai berikut: (1). Terdapat pengaruh secara parsial harga terhadap keputusan pembelian dengan nilai sebesar 52,5% (2). Terdapat pengaruh secara parsial review pelanggan online terhadap keputusan pembelian dengan nilai sebesar 55,4%. (3). Terdapat pengaruh secara simultan Harga dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian sebesar 63%. (4). Terdapat pengaruh antara Keputusan Pembelian terhadap Loyalitas Konsumen dengan nilai sebesar 52,2%.
References
Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 4(12).
Asmani, J. M. (2015). Manajemen Efektif Marketing Sekolah: Strategi Menerapkan Jiwa Kompetisi dan Sportivitas untuk Melahirkan Sekolah Unggulan. Diva Press.
Auliya, Z. F., Umam, M. R. K., & Prastiwi, S. K. (2017). Online costumer reviews (OTRs) dan rating: Kekuatan baru pada pemasaran online di Indonesia. Ebbank, 8(1), 89–98.
Bakti, U. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, 22(1), 101–118.
Batjo, N. (2018). Penerapan Komunikasi Pemasaran Terhadap Perilaku Dan Putusan Pembelian. Dinamis: Journal of Islamic Management and Bussiness, 1(2).
Esna Harahap, S. (2020). Pengaruh Persepsi Harga Dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Toko Mega Fashion Palembang [PhD Thesis]. 021008 Universitas Tridinanti Palembang.
Farki, A., & Baihaqi, I. (2016). Pengaruh online customer review dan rating terhadap kepercayaan dan minat pembelian pada online marketplace di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 5(2), A614–A619.
Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS) Edisi 4. Universitas Diponegoro.
Handoko, H. (2017). Manajemen Personalia & Sumber Daya Manusia. BPFE.
Hasibuan, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi.Revisi. Bumi Aksara.
Iralisa, Y. (2017). Pengaruh Marketing Mix (Produk, Harga, Lokasi dan Promosi) Terhadap Loyalitas Pelanggan Dunkin Donuts Bandar Lampung.
Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi strategi promosi produk dalam proses keputusan pembelian melalui digital marketing saat pandemi covid’19. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 23–31.
Manullang, & Hutabarat. (2016). Manajemen Pemasaran Dalam Kompetisi Global. Indomedia Pustaka.
Mawa, S. F., & Cahyadi, I. F. (2021). Pengaruh Harga, Online Customer Review, dan Rating terhadap minat beli di Lazada. Jurnal Seminar Nasional & Call Paper Hubisintek. Universitas Muhamadiyah Surakarta, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis.
Nugroho, A. (2017). Tata Terampil Manajemen. Indah.
Nuraeni, Y. S., & Irawati, D. (2021). Pengaruh online customer review, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee (studi kasus mahasiswa UBSI). Jurnal Ilmiah Manajemen Vol.9 No. 4 Desember 2021 (439-450) E ISSN 2580-3743.
Rahmawati, N., & Mahfudz, M. (2019). Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi pada CV. Larissa Ready Mix di Kabupaten Pati). Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Riniwati, H. (2016). Manajemen sumberdaya manusia: Aktivitas utama dan pengembangan SDM. Universitas Brawijaya Press.
Rofi’i, N. A. (2019). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Produk Dr. Kebab Bara Satriya Sidoarjo. Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Setiawan, W. (2015). Analisis Pengaruh Citra, Kualitas Layanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Jateng (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhamadiyah Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sugiyanto, L. N., & Wanten, I. K. (2020). Studi Kelayakan Bisnis Penerbit Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM) Banten 2020. Cetak Perdana.
Sugiyanto, S., Kartolo, R., Haryanto, T., Ridwan, M., & Yusuf, M. (2021, January). PEMBERDAYAAN EKONOMI KREATIF IMPLIKASINYA PADA UMKM DUSUN CIBODAS DESA BANJARSARI KECAMATAN BOYONGBONG KABUPATEN GARUT JAWA BARAT. In PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 1255-1264).
Sugiyanto, S., Holiawati, H., Ruhiyat, E., Marjohan, M., & Waryanto, H. (2021). MANAJEMEN PERSEDIAAN DALAM MENINGKATKAN LABA DIMASA PADEMI COVID-19 STUDI EMPIRIS PADA UKM DIBAWAH NAUNGAN DISPERINDAG DAN KOPERASI KABUPATEN PURWAKARTA. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 262-272.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suryani, M., Adawiyah, N. N., & Syahputri, E. B. (2022). Pengaruh Harga dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Sociolla Pada Masa Pandemi Covid-19. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(1), 49–74.
Wahyurini, S. C., & Trianasari, N. (2020). Analisis Pengaruh Label halal dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. Jurnal Mitra Manajemen, 4(1), 39–50.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).