Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Distro Gembel Elit’s Bojong Gede Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v4i1.39144Keywords:
Harga, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Distro Gembel Elit`S Bojong Gede Kabupaten Bogor baik secara parsial dan juga secara simultan. Jenis ataupun metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif besifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini merupakan konsumen Distro Gembel Elit`S Bojong Gede Kabupaten Bogor sebanyak 615 konsumen yang terhitung 4 kuartal pada tahun 2023. Sampel yang diambil menggunakan rumus slovin taraf 10% dari populasi sehingga menjadi 86 sampel. Teknik analisis data menggunakan instrumen data, asumsi klasik, regresi linier, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji hipotesis dibantu dengan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini adalah kualitas produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
A, Muri Yusuf. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Aghitsni, W. I., & Busyra, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 38-51.
Ahmad Rivai & Nana Sudjana. (2013). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Ali Maksum. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.
Alma H. Buchari. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep & Strategi). Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Deliyanti Oentoro. (2012). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Laks Bang PRESS Indo.
Fandy, Tjiptono. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa: (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish.
Feriyansyah, A., & Venanza, S. (2021). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone oppo di kota Pagar Alam. Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 44-53.
Gain, R., Herdinata, C., & Sienatra, K. B. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap keputusan pembelian konsumen Vodkasoda shirt. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 2(2), 142-150.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69-72.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2017). Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Alih bahasa: Bob Sabran, M.M. Jakarta: Erlangga.
Limakrisna, N. dan Purba, T.P. (2017). Manajemen Pemasaran, Teori dan Aplikasi dalam Bisnis di Indonesia, jilid 2. Mitra Wacana Media. Bogor.
Panjaitan, R. (2018). Manajemen Pemasaran. Penerbit: Yayasan Prima Agus.
Tjiptono, Fandy. (2017). Strategi Pemasaran, Edisi 4. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta. Andy.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).