Pengaruh Store Atmosphere dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Rafa Rabbit Pet Shop di Cabang Bintaro
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v4i1.39151Keywords:
Store Atmosphere, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dan harga terhadap keputusan pembelian di Rafa Rabbit pet shop di cabang Bintaro. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu non probability sampling, teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Rao Purba dengan batas kesalahan yang ditorelir sebesar 10% sehingga diperoleh sampel sebanyak 96 responden. Sedangkan teknik penguumpulan data primer melalui kuesioner yang diolah menggunakan sistem aplikasi SPSS Versi 29. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinan sebesar 41,3%, dan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel (8,133 > 1,986) atau signifikasi 0,001 < 0,05. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi sebesar 59,7% dan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel (11,810 > 1,986) atau signifikasi 0,001 < 0,05. Store Atmosphere dan Harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y=8,527 + 0,176 X1 + 0,623 X2. Nilai koefisien determinasinya sebesar 61,4%, sedangakan sisanya sebesar 38,6%, dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai Fhitung > Ftabel atau (73,937> 3,094).
References
Amir, Faishol., Prijati (2015). Pengaruh Store Atmosphere dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cosmic Clothing Store. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 4(8), 1-18.
Arkam, M. M. (2020). Pengaruh Lokasi dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Di Warkop Suka Kopi Lesehan. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis. 5(1), 17-25
Assauri, S. 2018. Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep dan Strategi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Baiti, T. F. N., Tresnati, Ratih., Malik, Moch. (2020). Pengaruh Store Atmosphere dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Sate S.O.S di Kota Bandung. Prosiding Manajemen. 6(1), 128-132. 2460-6545.
Berman, B. Evans, J.R (1997) Marketing. 7illustrated. Prentice Hall.
Berman, Barry, Joel R. Evans, Patrali Chatterjee (2018) Retail Manajement A Strategic Approach, Edisi 13. New Jersey: Pearson Education Limited.
Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan. Gowa:Global RCI.
Dharmamesta,S,. B., & Handoko T., H. (2016). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Faroh, W. N. (2017). Analisa Pengaruh Harga, Promosi, dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pemasaran Online Melalui Jejaring Sosial Facebook. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 4(2). 3-24
Febriatmoko, Anjar. (2018). Pengaruh Store Atmosphere dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Palapa Toserba Surabaya), 6(4), 445-455.
Ghozali, I (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Program AMOS 24. Semarang : Badan Penerbit Universitas diPonegoro.
Jaya, Hendy Surya, Suparna, Gege.(2018),Pengaruh Atmosfer Toko, Kesesuaian Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Temday Store Denpasar.7(6). 2887-2912.
Katarika D. Merinda dan syahputra. 2017. Pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada coffe shop Bandung. Jurnal Ecodemica 1
Kotler, Philip & Amstrong, G. (2016) Dasar-Dasar Peasaran Jilid 1 Edisi Kesembilan. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Managemen, Edisi 14, New Jersey : Prentice-Hall Published.
Mardeliana, Cici & Rachmi, Asminah. (2021). Pengaruh Store Atmosphere dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Rumah Makan Minang Sabana Mojokerto. 7(2). 53-56.
Paila J. A., Kalangi J.A.F., dan Rogahang J. J. 2018. Pengaruh suasana toko terhadap minat beli konsumen pada UD. Sinar Anugerah Pratama Manado. Jurnal Administrasi Bisnis 6 (1)
Pratiwi, Afrida. Junaedi, Dedi. Prastyo, Agung.(2019). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. 2(2). 150-159.
Ramadhan, S. H. (2017). Pengaruh Store Atmosphere dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Excelso Jalan Sulawesi No.71). 5(1). 1-7.
Romadon, A. S., Pramusinto, M. A., Kamelia, N. S. (2023) Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee. 21(3). 672-682. 1412-5331.
Soetanto, J. P., Septina, Fanny. Febry, Timotius. (2020) Pengaruh Kualitas Produk dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk AMONDEU. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. 5(1). 63-71
Sofyan, A. Saeful,, Oktini, Dede R, (2019). Pengaruh Store Atmosphere dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Steak Ranjang Dipatiukur Bandung, Prosiding Manajemen, 5(2), 970-976. 2460-6545,
Suryanti, Saputra. J, Asral. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Indomaret. Jurnal Terapan Ilmu Pengetahuan. 1, 23-33. 2809-4379.
Tansala, D., M, Tinneke., C. F. Olivia. (2019). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Di Gramedia Manado. Jurnal Administrasi Bisnis. 8(1). 21-27. 2338-9605.
Tjiptono, F.(2018). Pemasaran Jasa – Prinsip Penerapan dan Penelitian.
Yuana, D. (2018). Pengaruh Harga, Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Café Matchbox Too Coffee & Friends). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 7(12). 1-22. 2461-0593.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).