Pengaruh Store Atmosphere dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Rafa Rabbit Pet Shop di Cabang Bintaro

Authors

  • Laila Khoiroh Nissa Muthoharoh Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Alvin Praditya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v4i1.39151

Keywords:

Store Atmosphere, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dan harga terhadap keputusan pembelian di Rafa Rabbit pet shop di cabang Bintaro. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu non probability sampling, teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Rao Purba dengan batas kesalahan yang ditorelir sebesar 10% sehingga diperoleh sampel sebanyak 96 responden. Sedangkan teknik penguumpulan data primer melalui kuesioner yang diolah menggunakan sistem aplikasi SPSS Versi 29. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinan sebesar 41,3%, dan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel (8,133 > 1,986) atau signifikasi 0,001 < 0,05. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi sebesar 59,7% dan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel (11,810 > 1,986) atau signifikasi 0,001 < 0,05. Store Atmosphere dan Harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y=8,527 + 0,176 X1 + 0,623 X2. Nilai koefisien determinasinya sebesar 61,4%, sedangakan sisanya sebesar 38,6%, dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai Fhitung > Ftabel atau (73,937> 3,094).

References

Amir, Faishol., Prijati (2015). Pengaruh Store Atmosphere dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cosmic Clothing Store. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 4(8), 1-18.

Arkam, M. M. (2020). Pengaruh Lokasi dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Di Warkop Suka Kopi Lesehan. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis. 5(1), 17-25

Assauri, S. 2018. Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep dan Strategi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Baiti, T. F. N., Tresnati, Ratih., Malik, Moch. (2020). Pengaruh Store Atmosphere dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Sate S.O.S di Kota Bandung. Prosiding Manajemen. 6(1), 128-132. 2460-6545.

Berman, B. Evans, J.R (1997) Marketing. 7illustrated. Prentice Hall.

Berman, Barry, Joel R. Evans, Patrali Chatterjee (2018) Retail Manajement A Strategic Approach, Edisi 13. New Jersey: Pearson Education Limited.

Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan. Gowa:Global RCI.

Dharmamesta,S,. B., & Handoko T., H. (2016). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Faroh, W. N. (2017). Analisa Pengaruh Harga, Promosi, dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pemasaran Online Melalui Jejaring Sosial Facebook. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 4(2). 3-24

Febriatmoko, Anjar. (2018). Pengaruh Store Atmosphere dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Palapa Toserba Surabaya), 6(4), 445-455.

Ghozali, I (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Program AMOS 24. Semarang : Badan Penerbit Universitas diPonegoro.

Jaya, Hendy Surya, Suparna, Gege.(2018),Pengaruh Atmosfer Toko, Kesesuaian Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Temday Store Denpasar.7(6). 2887-2912.

Katarika D. Merinda dan syahputra. 2017. Pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada coffe shop Bandung. Jurnal Ecodemica 1

Kotler, Philip & Amstrong, G. (2016) Dasar-Dasar Peasaran Jilid 1 Edisi Kesembilan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Managemen, Edisi 14, New Jersey : Prentice-Hall Published.

Mardeliana, Cici & Rachmi, Asminah. (2021). Pengaruh Store Atmosphere dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Rumah Makan Minang Sabana Mojokerto. 7(2). 53-56.

Paila J. A., Kalangi J.A.F., dan Rogahang J. J. 2018. Pengaruh suasana toko terhadap minat beli konsumen pada UD. Sinar Anugerah Pratama Manado. Jurnal Administrasi Bisnis 6 (1)

Pratiwi, Afrida. Junaedi, Dedi. Prastyo, Agung.(2019). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. 2(2). 150-159.

Ramadhan, S. H. (2017). Pengaruh Store Atmosphere dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Excelso Jalan Sulawesi No.71). 5(1). 1-7.

Romadon, A. S., Pramusinto, M. A., Kamelia, N. S. (2023) Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee. 21(3). 672-682. 1412-5331.

Soetanto, J. P., Septina, Fanny. Febry, Timotius. (2020) Pengaruh Kualitas Produk dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk AMONDEU. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. 5(1). 63-71

Sofyan, A. Saeful,, Oktini, Dede R, (2019). Pengaruh Store Atmosphere dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Steak Ranjang Dipatiukur Bandung, Prosiding Manajemen, 5(2), 970-976. 2460-6545,

Suryanti, Saputra. J, Asral. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Indomaret. Jurnal Terapan Ilmu Pengetahuan. 1, 23-33. 2809-4379.

Tansala, D., M, Tinneke., C. F. Olivia. (2019). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Di Gramedia Manado. Jurnal Administrasi Bisnis. 8(1). 21-27. 2338-9605.

Tjiptono, F.(2018). Pemasaran Jasa – Prinsip Penerapan dan Penelitian.

Yuana, D. (2018). Pengaruh Harga, Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Café Matchbox Too Coffee & Friends). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 7(12). 1-22. 2461-0593.

Downloads

Published

2024-05-06

How to Cite

Muthoharoh, L. K. N., & Praditya, A. (2024). Pengaruh Store Atmosphere dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Rafa Rabbit Pet Shop di Cabang Bintaro. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 4(1), 49–61. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v4i1.39151

Issue

Section

Articles