Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pada Gerai Tommy Hilfiger Pondok Indah Mall Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v4i3.41594Keywords:
Kualitas Pelayanan, Promosi, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian pada Gerai Tommy Hilfiger Pondok Indah Mall Jakarta secara parsial dan simultan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik Non-probability sampling. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen pada Gerai Tommy Hilfiger Pondok Indah Mall Jakarta dengan sampel sebanyak 98 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada gerai Tommy Hilfiger, Hal tersebut ditunjukan dengan nilai t hitung sebesar 7,985 > dari t tabel 1,985. Promosi juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada gerai Tommy Hilfiger, Hal tersebut ditunjukan dengan nilai t hitung 9,901 > t tabel 1,985. Kualtias pelayanan dan promosi secara stimultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada gerai Tommy Hilfiger yang ditunjukkan oleh persamaan regresi berganda Y = 9,722 + 0,274X1 + 0,523X2 dan nilai F hitung > F tabel (56,998> 2,700). Nilai koefisien determinasi sebesar 54,5%, sedangkan sisanya sebesar 45,5% dipengaruhi faktor lain.
References
Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.
Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Arianto, N., Aroha, S., & Aroha, S. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Daphubu Kampung Aceh di Pamulang Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Swara Manajemen, 3(2), 270-284.
Arisandra, M. L., Saputra, R. A. K., & Khoiriyah, M. (2021). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BATIK TENUN IKAT DI CV. SILVI MN PARADILA PARENGAN MADURAN LAMONGAN. Competence: Journal of Management Studies, 15(2), 124-133.
Armstrong, G., & Kotler, P. (2017). Principles of Marketing. 17th red. New York.
Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep & Strategi). Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Astari, I. Y. (2019). Pengaruh Display, Harga, Promosi, Pelayanan, Dan Interior Terhadap Keputusan Pembelian Pada Gerai Grosir Pakaian Aziziah Kota Kediri. Jurnal Ekuivalensi, 5(1), 83-97.
Cynthia, D., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 104-112.
G.R. Terry dalam R.Supomo dan Eti Nurhayati. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia . Jakarta: Penerbit Kencana.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ismayana, S., & Hayati, N. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik PIXY. JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi), 10(2), 1-15.
Kotler, P dan Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Kumbara, V. B. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604-630.
Naufal, A. R., & Magnadi, R. H. (2017). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Rahma Rahmi Collection). Diponegoro Journal of Management, 6(4), 197-205.
Robert G dkk. (2017) Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Vodkasoda Shirt. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 2, Nomor 2.
Roberts, D. M., Fedota, J. R., Buzzell, G. A., Parasuraman, R., & McDonald, C. G. (2014). Prestimulus oscillations in the alpha band of the EEG are modulated by the difficulty of feature discrimination and predict activation of a sensory discrimination process. Journal of cognitive neuroscience, 26(8), 1615-1628.
Sari, A., & Ernawati, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Gerai Zam-Zam Dara Kota Bima. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(3), 146-153.
Seputro, B. H. (2018). Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha “Vixion”(Studi Kasus Di Dealer Sumber Baru Motor Kota Magelang). Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Sidabalok, C. C., & Sugiyanto, S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Outfitbycimoi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(25), 209-226.
Sitompul, S. S., Chrispin, G., & Hamzah, M. L. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Battery Sepeda Motor. INVEST: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), 27-37.
Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: PT.Rajadrafindo Persada.
Sugiyono . (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Supomo, R., & Nurhayati, E. (2018). Manajemen sumber daya manusia. Bandung: Yrama Widya, 3.
Supriyani, R., & Faroh, W. (2023). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Xavier Marks Gading Serpong. Jurnal Ilmiah Swara Manajemen, Vol 3 (4) 2023: 810-819.
Swasta, Basu dan Handoko, T. Hani . 2007. Manajemen Pemasaran:Analisa
Warnadi, Dan Aris Triyono. 2019. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.
Wibowo, R. A. (2019). Manajemen Pemasaran. Semarang: Radna Andi Wibowo.
Wijaya, Tony. (2018). Manajemen Kualitas Jasa, Edisi Kedua, Jakarta: PT.Indeks.
Wulansari, R. (2019). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Boga Sejahtera Di Cikarang. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(4), 248-254
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yudi Hartono, Ali Maddinsyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).