Pengaruh E-Service Quality dan E-Word of Mouth terhadap Minat Konsumen Menggunakan Jasa Layanan Grab di Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v4i3.42058Keywords:
E-Service Quality, E-Word of Mouth, Minat BeliAbstract
Penelitan ini dilakukan dengan tujuan (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh E-Service Quality terhadap minat konsumen. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh E-Word of Mouth terhadap minat konsumen. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh E-Service Quality dan E-Word of Mouth terhadap minat beli. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna Grab di Tangerang Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 110 orang. Pegumpulan data menggunakan kuesioner dan kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistic dengan metode SEM (Structural Equation Modelling) dengan menggunakan software PLS 3.0. E-Service Quality berpengaruh signifikan terhadap Minat Konsumen dengan nilai tstatistik 4,189 > 1,96 dan nilai P Values 0.000 < 0,05 yang berarti bahwa variabel E-Service Quality berpengaruh signifikan terhadap Minat Konsumen. E-Word of Mouth berpengaruh signifikan terhadap Minat Konsumen, dengan nilai Tstatistic sebesar 3,770 > 1,96 dan nilai P Values 0.000 < 0,05 yang berarti bahwa variabel E-Word of Mouth berpengaruh signifikan terhadap Minat Konsumen. E-Service Quality dan e-Word of Mouth secara simultan memberikan pengaruh sebesar 63,2% sedangkan 36,8% dijelaskan oleh variabel lain diluar yang diteliti.
References
Agnelia, R. A. & Wardhana, A. (2016). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Baraya Travel Pool Buah Batu. Jurnal Ekonomi Bisnis Entrepreneurship 10 (2): 172–185.
Agustina, R, Afriana, R. A & Safrina, A. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Kebermanfaatan, Risiko dan Kepercayaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking Pada PT Bank Bukopin Tbk Banjarmansin. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(2).
Al-Dmour, H., Al-Qawasmi, S., Al-Dmour, R., & Basheer Amin, E. (2022). The Role of Electronic Word of Mouth (Ewom) And the Marketing Mix on Women’s Purchasing Intention of Children’s Dietary Supplements. International Journal of Pharmaceutical and Healthcare Marketing, 16(3), 376–391.
Alma B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: C.V. Alfabeta.
Alrwashdeh, M., Emeagwali, O. L., & Aljuhmani, H. Y. (2019). The effect of electronic word of mouth communication on purchase intention and brand image: An applicant smartphone brands in north Cyprus. Management Science Letters, 9(4), 505–518.
Anggriana, R., N. Qomariah, & B. Santoso. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online ‘Om-Jek’ Jember, Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia 7 (2): 137– 156,
Aptaguna, A. & E. Pitaloka. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek, Widyakala 3: 49–56.
Aptaguna, A., & Pitaloka, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Jasa Go-Jek. Jurnal Widyakala. 3(1).
Argitama, D. K., & Suryoko, S. (2020). Pengaruh E-Service Quality dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Penggunaan Produk Gopay (Studi Pada Pengguna Aplikasi Gojek Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 80-84.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bhatti, A. (2018). Sales Promotion and Price Discount Effect on Consumer Purchase Intention with the Moderating Role of Social Media in Pakistan. International Journal of Business Management, 3(4), 50–58.
Daud, D. (2019). The Relationship Between Consumers’ Price-Saving Orientation and Time-Saving Orientation Towards Food Delivery Intermediaries (FDI) Services: An Exploratory Study. Journal of Global Scientific Journals, 7(2).175 – 187.
Dhingra, S., Gupta, S., & Bhatt, R. (2020). A Study of Relationship among Service Quality of E-Commerce Websites, Customer Satisfaction, and Purchase Intention. International Journal of E-Business Research (IJEBR) 16(3).
Enjela, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Oriflame Cabang Pekanbaru. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Fathoni, A. (2020) Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 Di SD IT Al-Huda Wonogiri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Fathurahman, A., & Sihite, J. (2022). Effect Of Promotion, Brand Image, And Product Quality On Re-Purchase Interest Through Customer Satisfaction As Intervening On Erigo Apparel Products. Dinasti International Journal of Management Science, 3(4), 621-631. https://doi.org/10.31933/dijms.v3i4.1126
Ghozali, I., & Latan, H. (2017), Partial Least Square: Konsep, Metode, dan Aplikasi menggunakan program WarpPLS 5.0, Edisi ke-3, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Gitosudarmo, I. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.
Hair Jr, J. F., Matthews, L. M., Matthews, R. L., & Sarstedt, M. (2015). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (Ed. 2). United States of America: SAGE Publications, Inc
Hamdan, H., & Rizka, N. (2021). The Influence of Trust, Service Quality, Product Quality and Promotion in Shaping Repurchase Intention in Xl Axiata Providers. Journal of Law, Politic and Humanities, 1(2), 71-87. https://doi.org/10.38035/jlph.v1i2.65
Hastuti, R. K. (2019). GoFood kuasai 75% Pangsa Pasar Indonesia. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190923131149-37- 101425/gofood-kuasai-75-pangsa-pasar-indonesia
Ihsan, M., & Siregar, A. P. (2019). Pengaruh E-service Quality Terhadap Keputusan Pengguna Jasa Ojek Online Go-Ride dalam Aplikasi Go-Jek melalui Kepercayaan Konsumen di Kota Jambi. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 4(1), 170-175.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo. Press.
Islam, M. S. ul, Khaliq, A., Muien, H. M., & Shahwar, M. (2022). Consumers’ Views and Responses towards Sales Promotion Strategies in Pakistan: Fresh Evidence from Second Generational Approach. International Journal of Management Research and Emerging Sciences, 11(4), 109–118.
Jayani, D. H. (2019). 10 Alasan Membeli Makanan Secara Online. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/19/10-alasan-membeli-makanan-secara-online
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Valuta, 4(1), 71–85.
Karmila, N. W. A., & Sunia, I. W. (2020). Pengaruh E-Service Quality, Word Of Mouth, Price, dan Promotion Terhadap Minat Konsumen Menggunakan Layanan Jasa Go-Jek (Studi Kasus Pada Masyarakat Pengguna Go-Jek Di Kota Denpasar). TIERS Information Technology Journal, X, No.X(39), 41–54.
Karmila, N.W.Y., & Sunia, I.W. (2020). Pengaruh E-Service Quality, Word Of Mouth, Price, dan Promotion Terhadap Minat Konsumen Menggunakan Layanan Jasa Go-Jek (Studi Kasus Pada Masyarakat Pengguna Go-Jek di Kota Denpasar). TIERS Information Technology Journal. 9(1).
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip Marketing. Edisi Ke Tujuh. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid. 2. Jakarta: PT Indeks.
Kurnia, T. (2018). Grab Ancam Eksistensi GoFood dan Go-Pay. https://www.google.com/amp/s/m.liputan6.co m/amp/3406483/grab-ancam-eksistensigo-food-dan-go-pay
Kusuma, R. (2020), Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid-19, Jurnal Golden Age, 2(1).
Lestari, S. A., & Rahmidani, R. (2019). Pengaruh Harga Dan Word of Mouth (Wom) Terhadap Minat Beli Laptop Merek Toshiba Dikalangan Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Jurnal Ecogen, 2(3), 524.
Lu, M. H., Abu Hassan Sha’ari, M. A., Annamalai, D., Norazmi, M. S. A. Bin, Hizani, N. A. B., & Tan, K. K. (2021). Factors Influence Customers Purchase Intention towards Hypermarkets at Kota Bharu, Kelantan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 23(2), 159–166.
Mahzura, T. A. S. (2020). Pemanfaatan E-Commerce dalam Peningkatan Penjualan pada Buger Sei Putih Kota Medan. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima, 2(1), 65- 80.
Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama, Jakarta: Mitra. Wacana Media.
Muhammad, R. W., Rochaeti, E., & Setiawan, E. (2021). Pengaruh Media Social Marketing Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Pada Produk Sepatu Converse Pada Mahasiswa FEB Universitas Prof Dr Hamka. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(2), 31–40.
Nasirun, N., Noor, S. M., Sultan, A. A., Haqimie, W. M., & Haniffiza, W. M. (2019). Role of Marketing Mix and Halal Certificate towards Purchase Intention of Agro Based Products. International Journal of Modern Trends in Business Research (IJMTBR), 2(7), 37–46.
Nielsen. (2019). Gen Z Sustainable Consumers Go Digital—And Use Activism To Shape A Smarter Market . Diakses pada 13 Maret 2020. https://www.nielsen.com/us/en/insights/article/2019/gen-z-sustainable-consumers-go-digital-and-use-activism-to-shape-a-smarter-market/.
Nugraha, S. S., H. Soesanto, & Sufian, S. (2017). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Citra Merek Dalam Meningkatkan Minat Menggunakan Go-Jek (Studi Pada Go-Jek Di Kota Semarang. Universitas Diponegoro.
Nur’Aeni, Hermiati, N. F., & Oktavani, T. A. (2022). Pengaruh Promosi Media Sosial, Harga Dan E-Wom Terhadap Minat Beli Skincare Ms Glow. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 5(1), 270–281.
Oni, R. U., Sentanu, W., Valentinus, N., & Manaf, P. A. (2020). Factors That Influence Online Purchase Intention through E-Commerce in Indonesia. International Journal of Management (IJM), 11(11), 158–171.
Pamungkas, G., & Hamdan, H. (2021). the Influence of Lifestyle, Design and Price Perceived on Purchase Intention Yamaha NMAX Motorcycles in Tangerang City. Journal of Law, Politic and Humanities, 1(4), 173-186. https://doi.org/10.38035/jlph.v1i4.81
Powa, G. A., Lapian, S. L. H. V. J., & Wenas, R. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Handphone Pada Mahasiswa Feb Unsrat. Jurnal EMBA, 6(3), 1188–1197.
Priansa. D.J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.
Putri, A. P. S., & Oktaroza, M. L. (2022). Pengaruh Keamanan Data dan E-Service Quality terhadap Minat Menggunakan Peer to Peer Lending. Bandung Conference Series: Accountancy, 2(1), 547–553.
Rizwan, M., Irshad, Q., Ali, K., Nadir, M., & Ejaz, M. (2013). Impact Of Sales Promotional Tools On Purchase Intention. International Journal of Research in Commerce and Management, 2(1), 156.
Rusdiana, D. (2022). Effect of E-Service Quality, Product Completeness and Promotion on Consumer Repurchase Interest (Case Study Matahari.Com). Jurnal Ekonomi, 11(01), 111–120.
Samudro, A. & Hamdan, H (2021). the Effect of e-WOM, Security and Trust on Purchasing Decisions of Green Lake City Housing. Journal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. 7(3). 312-323.
Simamora, B. (2018). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sohaib, M., Hui, P., & Akram, U. (2018). Impact of eWOM and risk-taking in gender on purchase intentions: Evidence from Chinese social media. International Journal of Information Systems and Change Management, 10(2), 101–122.
Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan, Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3).
Sosanuy, W., Siripipatthanakul, S., Nurittamont, W., & Phayaphrom, B. (2021). Effect of electronic word of mouth (e-WOM) and perceived value on purchase intention during the COVID-19 pandemic: the case of ready-to-eat food. International Journal of Behavioral Analytics, 1(2), 1–16.
Suarna, I. F., & Herawanty, I. D. P. (2018). E-Service Quality, Kelengkapan Produk, Promosi Dan Minat Beli Ulang Konsumen Matahari.Com. Jurnal Ekubis, 3(2), 1–5. http://www.apjii.or.id
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,
Suhaily, L., & Soelasih, Y. (2018). How E-Service Quality, Experiential Marketing, and Price Perception to make Repurchase Intention on On-line Shopping? The International Journal of Business Management and Technology, 2(3).
Sunyoto, D. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Center for Academic. Publishing Service (CAPS).
Supriyatna, I. (2020). Promo GoFood, Ada Diskon hingga Rp 100.000. Kompas.Com.https://money.kompas.com/read/2020/10/07/163900426/promo-gofood-ada-diskon-hingga-rp-100.000
Syachrony, M.I., Hamdan, H., & Ilhamalimy, R.R. (2023). The Effect of E-Service Quality, Website Quality, Promotion, and E-Trust on Repurchase Intentions at E-Commerce Shopee in DKI Jakarta. BASKARA: Journal of Business and Entrepreneurship. 5(2).
Ting, O., Ariff, M. S., Zakuan, N., Sulaiman, Z., & Saman, M. (2016). E-Service Quality, E-Satisfaction and E-Loyalty of Online Shoppers. In Business to Consumer Market; Evidence form Malaysia. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 131, 12012.
Tjiptono, F. (2017). Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Utomo, N. W. (2020). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk H&M Di Jakarta Barat. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(3), 285–290.
Wicaksono, I. A., & Darmo, I. S. (2019). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Purchase Intention Dengan E-Wom Dan Perceived Value Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Industri Kreatif Dan Kewirausahaan, 1(2), 97–108.
Wijayanto, N. (2019). Survei: Tingkat Pemesanan GO-FOOD Ungguli GrabFood. https://ekbis.sindonews.com/read/1380049/34 /survei-tingkat-pemesanan-go-foodungguli-grabfood-1550554847
Winarto, C. (2019), Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa GrabFood Di Surabaya [disitir 13 Januari 2022]
Wisnu S. B. (2016). Analisis Pengaruh Harga, Desain dan Limited Edition Produk t-shirt Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Konsumen T-Shirts Dreambirds di Media Sosial Facebook). Skripsi Universitas Sanata Dharma.
Yuswohady. (2020). Memprediksi Perubahan Perilaku Konsumen di New Normal. InfoBrand.Id. (Diakses pada https://infobrand.id/memprediksi-perubahan-perilaku-konsumen-di-new-normal.phtm
Zebua, A.J. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Shopie Paris BC. Yenni Kecamatan Muara Bulian. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. 18(2). 222-229
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).