Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Social Media Marketing terhadap Minat Beli Merek Jobb pada Marketplace Lazada
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v4i4.43977Keywords:
Electronic Word of Mouth, Social Media Marketing, Minat BeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth dan social media marketing terhadap minat beli merek Jobb pada marketplace Lazada. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden dari pengikut Instagram Jobb. Data dianalisis menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa electronic word of mouth memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli, dengan nilai t hitung > t tabel (5,820 > 1,984) dan signifikasi 0,000 < 0,05. Social media marketing juga berpengaruh signifikan terhadap minat beli, dengan nilai t hitung > t tabel (3,776 > 1,984) dan signifikasi 0,000 < 0,05. Secara simultan, electronic word of mouth dan social media marketing berpengaruh signifikan terhadap minat beli, dengan nilai F hitung > F tabel (63,246 > 3,090) dan signifikasi 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa minat beli merek Jobb dapat dijelaskan oleh electronic word of mouth sebesar 50,2% (adjusted R Square = 0,502), oleh social media marketing sebesar 64,4% (adjusted R Square = 0,644), dan secara simultan oleh kedua variabel sebesar 75,2% (adjusted R Square = 0,752), sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa electronic word of mouth dan social media marketing, baik secara parsial maupun simultan, memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli merek Jobb pada marketplace Lazada.
References
Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Apriandi, N. D., Soleh, A., & Irwanto, T. (2023). Pengaruh Penerapan Aida (Attention, Interest, Desire Dan Action) Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Telkomsel Di Kota Bengkulu. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Bisnis Digital, 2(2), 189–202. Diambil dari www.telkomsel.com
Ardhiansyah, A. N., & Marlena, N. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Dan E-Wom Terhadap Minat Beli Produk Geoffmax. AKUNTABEL (Vol. 18).
Arif, M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Electronic Word Of Mouth (EWOM) Dan lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Online. SiNTESa CERED Seminar Nasional Teknologi Edukasi dan Humaniora (Vol. 2021).
Ariyanto, A., Bangun, R., Rifqi, M., Ferlina, A., & Ruhjatini, S. (2023). Manajemen Pemasaran. (U. Saripudinn, Ed.). Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Asari, A., Astuti, T. W., Saleh, M. S., Purba, S., & Rachmatiyah. (2023). Peran Media Sosial Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Istana Agency.
Carlina, G., & Ekowati, S. (2022). Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Terhadap Minat Beli Konsumen Bakso OBoss Di Kota Bengkulu . Jurnal Ekombis Review, 10, 599–608.
Edison. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV Alfabeta.
Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: Qiara Media.
Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (8 ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 25 (19 ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Girsang, D., & Lusnia Sipayung, N. (2021). Peran Instagram Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Ke Objek Wisata Bukit Indah Simarjarunjung Kabupaten Simalungun. JURNAL DARMA AGUNG (Vol. 29).
Hardani, Nur Hikmatul Auliya, Helmina Andriani, Roushandy Asri Fardani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Dhika Juliana Sukmana, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. (Husnu Abadi, Ed.). Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Inayati, T., Johan Efendi, M., & Safika Dewi. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Electronic Word of Mouth, dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee Indonesia. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan (JTMIT), 1(3), 202–209.
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekanbaru. Valuta, 4(1).
Khomsin, M. A., Edris, M., Utomo, J., Kudus, U. M., & Tengah, J. (2022). Pengaruh Green Marketing, Pengetahuan, Inovasi Produk terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Pemasaran Digital, 1(2), 107–124.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran (alih bahasa: Begamin Molan) (12 ed., Vol. 1). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principle Of Marketing. New Jersey: Pretince Hall.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13 ed.). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Intisari Manajemen Pemasaran (alih bahasa: Diana Kurnia S) (6 ed.). Yogyakarta: Penerbit Andi.
M Hasibuan. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Made, N., Dewi, P., Imbayani, G. A., & Ribek, P. K. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi E-Word Of Mouth Pada Givanda Store Denpasar. Jurnal Emas, 2(3).
Nasution, A. U. (2020). Pengaruh Social Media Marketing dan Review Produk pada Marketplace Tokopedia terhadap Minat Beli (Studi Kasus pada Mahasiswa Manajemen Feb Usu). Jurnal Manajemen Universitas Sumatera Utara, 1–85.
Nurbiansyah, B. A., Herdiana, A., & Saputra, K. A. A. (2023). Pengaruh Terpaan Iklan Tokopedia Di Youtube Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Menggunakan Tokopedia. Kependidikan dan Kemasyarakatan, 8(1), 2721–6047.
Oktavia Nurul Kumala, F., & Fageh, A. (2022). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis, 6(1).
Popi Purnama, M., & Wibowo, S. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth di Sosial Media Instagram Terhadap Proses Keputusan Pembelian PayTV Transvision Studi Kasus : Transvision Kota Bandung 2020. e-Proceeding of Applied Science.
Prayoga, I., & Mulyandi, M. R. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Fore Coffee. Jurnal Syntax Transformation, 1, 2721–2769.
Prihartini, D., & Damastuti, R. (2022). Pengaruh e-WOM terhadap Minat Beli Skincare Lokal pada Followers Twitter @ohmybeautybank. Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1).
Qurrota Aynie, R., Hurriyati, R., & Dewi Dirgantari, P. (2021). Strategi Pemasaran Electronic Word of Mouth pada E-commerce Dalam Menghadapi Era Digital 4.0 di Indonesia. Inovasi, (1), 136–143.
Razali, G., Nikmah, M., Al-Anwar, S., Nyoman, I., Sutaguna, T., Andiena, P. A., Putri, N., dkk. (2023). The Influence Of Viral Marketing And Social Media Marketing On Instagram Adds Purchase Decisions. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 3(2).
Saputra, F., Khaira, N., & Saputra, R. (2023). Pengaruh User Interface dan Variasi Produk terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Literature). JKIS, 1(1).
Siregar, D., Daulay, A. H., & Siregar, S. (2021). Increasing Customer’s Saving Interest through Religiusity, Product Perception and Knowledge. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 918–925. Budapest International Research and Critics Institute.
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 4(1), 38–51. Lembaga Kajian Demokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat.
Solihin, D. (2022). The Role of Brand Image in Mediating the Effect of Electronic Word of Mouth (E-WOM) and Social Media on Purchase Intention. Majalah Ilmiah Bijak, 19(2), 193–205.
Stephen P. Robbins, & Mary Coulter. (2016). Manajemen (13 ed.). Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. (Alfabeta, Ed.). Bandung.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, & Danang. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus) (1 ed.). Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Supriyadi, M. E. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Kemasan Produk Terhadap Minat Beli Produk Skincare Somethinc. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 135–149.
Syafrida Hafni Sahir. (2021). Metodologi Penelitian. (Try Koryati, Ed.). Yogyakarta: KBM Indonesia.
Taufik, Y., Risna Sari, A., Zakhra, A., Ayesha, I., Perdana Siregar, A., Henri Kusnadi, I., & Tannady, H. (2022). Peran Social Media Marketing dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Produk Es Teh Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2).
Thamrin, A., & Tantri, F. (2016). Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4 ed.). Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
Utami, P. P., Wilona, K., & Tabitha, C. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Ekuitas Merek E-Commerce Sociolla. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial.
Wardinata, G., & Ali Alam, I. (2022). Pengaruh Perilaku Konsumen, Harga, Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Di Masa Pandemi Covid-19. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(5), 677–688. CV. Radja Publika.
Yunikartika, L., & Harti, H. (2022). Pengaruh Social Media Marketing dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Minat Beli Kuliner Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening pada Akun Instagram @carubanmangan. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 6(1), 212–230. Politeknik Dharma Patria Kebumen
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Yuliyanti, Zakaria Zakaria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).