Pengaruh Digital Marketing dan Service Quality terhadap Keputusan Pembelian Indihome pada PT Telkom Jakarta Barat
DOI:
https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v4i4.43982Keywords:
Digital Marketing, Service Quality, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Digital Marketing dan service quality terhadap keputusan pembelian indihome pada PT Telkom Jakarta barat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif, yaitu menggunakan analisis data secara mendalam dalam bentuk angka. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, pengujian instrumen data, uji asumsi klasik, uji kolerasi dan determinasi, uji hipotesis. Digital Marketing dan service quality terhadap keputusan pembelian indihome pada PT Telkom Jakarta barat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Digital Marketing dan service quality terhadap keputusan pembelian indihome pada PT Telkom Jakarta barat, dengan persamaan regresi Y = 12,515 + 0,327X + 0,370X Semakin tinggi digital marketing dan service quality maka akan semakin meningkatnya keputusan pembelian. Demikian pula sebaliknya, jika digital marketing dan service quality rendah maka keputusan pembelian juga akan mengalami penurunan. Kontribusi pengaruh digital marketing dan service quality adalah sebesar sebesar 62,7% sedangkan sisanya 37,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari pengujian hipotesis menggunakan uji statistik, diperoleh fhitung > ftabel (43,015> 270), hal itu juga dibuktikan dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian maka H03 ditolak dan Ha3 diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan pelanggan pada Indihome PT Telkom Jakarta Barat.
References
Abidin, R. F., & Ibrahim N, (2019). Analisa dan Pengimplementasian Digial Marketing Pada Studio Brother’s Photo. Jurnal STRATEGI- Jurnal Maranatha, I(2), 397-410
Ali, H, (2019), Marketing dan kasus-kasus pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service)
Ardani, Wayan. 2022. “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku pelanggan” 2.
Arianto, B, (2020). Peran Buzzer Media Sosial dalam Memperkuat Ekosistem Pemasaran Digital, Jurnal Optimum UAD, 10(1), 51-65
Chakti, A. G. (2019), The book of digital marketing, In Makassar: Celebes Media Perkasa.
Harga, D A N, and Terhadap Kepuasan. 2020. “Abstrak” 01, no. 01: 1–14.
Haryoko, U. B., Septiani, F., & Risnalinda, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Starbucks Coffee Plaza Kampung Kemang. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(2), 40-47.
Haryono, N., & Octavia, R. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Mutu Layanan Terhadap Kepuasan pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas pelanggan. Jurnal Industri Elektro dan Penerbangan, 4(2).
Hery. (2019). Manajemen pemasaran. Jakarta: PT Grasindo, Anggota IKAPI.
Hipotesis). Surabaya: CV.Jakad Media Publishing.
Ilmiyah, F. (2015). Peharuh budaya organisasi dan lingkugan kerja terhada produktivitas kerja responden pada bagian produksi PR trubus alami Malang. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Imron, Imron. 2019. “Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan pelanggan Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV . Meubele Berkah Tangerang” 5, no. 1: 19–28.
Ismail, F. (2018). Statistika. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP. Ismanto, J. (2020). Manajemen pemasaran. Pamulang: UNPAM PRESS.
Isnaini, E. (2091). Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan pelanggan converse gandaria city. Pamulang: Universitas Pamulang.
Jasumin, Rio Jovinsen. 2022. “Pengaruh Digital Marketing , Promosi , Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kopi Soe Di Kutabumi” 2, no. 2.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Manajemen pemasaran.
Kotler, Philip (2016). Marketing 4.0: Moving From Traditional to Digital.
Krisdayanto, I., Haryono, A. T., & Gagah, E. (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan di I Cafe Lina Putra Net Bandungan. Journal of Management , Vol 4, No 4.
Malik, Muhammad, Al Zulhijjah, and Said Muhammad. 2022.“Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Digital Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT . Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Cabang Utama Banjarmasin” 1, no. 2: 99–106.
Mufarrikoh, Z. (2020). Statistika Pendidikan (Konsep Sampling Dan Uji
Musfar, T. F. (2020). Manajemen Pemasaran Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok Dalam Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. MEDIA SAINS INDONESIA.
Nurhadi. (2016). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja responden Pada PT.Seluler Media Infotama Jakarta. Pamulang: Universita Pamulang.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA.CV.
Sukmawati, R. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan pelanggan Garden Cafe Koperasai Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sunyoto, D. (2019). Dasar- dasar manajemen pemasaran. Yogyakarta: CAPS. Suryani, L., Karlina, D., & Cay, S. (2020). Pengantar manajemen. Pamulang: UNPAM PRESS.
Takdir. (2017). Pengaruh strategi STP dan personal selling terhadap peningkatan penjualan pada PT. Bumi Sarana Utama di Makassar. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service. Quality, dan Satisfaction. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.
Wulandari, V. A. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhdap kepuasan pelanggan pada PT.Petrotekno di Ciloto Bogor. Pamulang: Universitas Pamulang
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anggi Septiani, Fauziah Septiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).