PROSES DEMINERALISASI AIR TANAH MENJADI AIR TDS 0 PPM MENGGUNAKAN METODE RESIN PENUKAR ION TUNGGAL (SINGLE IONIC RESIN EXCHANGE METHOD)

Authors

  • Eko Hari Sutopo Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jiptek.v1i1.4590

Abstract

Abstrak: Air demin atau air TDS 0 ppm banyak digunakan untuk berbagai macam kebutuhan , dari mulai kebutuhan industri, hingga air minum. Demineralisasi air menggunakan resin penukar ion adalah salah satu cara untuk memurnikan air, dengan cara menyerap semua ion-ion mineral dari dalam air ke dalam resin. Untuk memurnikan air, dasar pemikiran nya adalah mengganti semua kation yang larut dalam air dengan kation hidrogen dari dalam resin. Demikian juga, harus mengganti semua anion dalam air (selain OH- ) dengan anion OH– dari dalam resin. Dengan adanya pertukaran antara setiap kation dengan H+ dan setiap anion dengan OH- maka terjadi reaksi antara ion H+ dan OH- di dalam air.Untuk proses pembuatan air TDS 0 dapat dilakukan dengan cara sederhana dan biaya relative terjangkau yaitu dengan menggunakan Resin Penukar Ion. Satu liter resin anion dan satu liter resin kation mampu memproduksi air baku air tanah dengan TDS rata rata 100 ppm menjadi air TDS 0 ppm dalam waktu rata rata 2 jam dan selanjutnya resin dapat digunakan kembali secara berulang kali hingga lebih dari 100 kali regenerasi. Proses regenerasi dilakukan setelah resin mengalami titik jenuh.

 

Kata kunci: Air demineralisasi, TDS, reverse osmosis, resin

References

. Michael Gottleib, Resin Tech Inc., Ken Flegle, Energy Systems Inc., Jim Chambers, ChemTreat Inc., 1992. Operating Experiences With Type 2 Resins In Make Up Demineralizers, International Water Conference, Pittsburgh, PA, October 19-21.

. M. Moldofsky, F.X. McGarvey, Sybron Chemicals Inc., David Hayek, Leonard Tarpley, Corpus Christi Petrochemical Company, International Water Conference, Pittsburgh, PA, 46th Annual Meeting.

. Diyah E. L. 2006, â€Kimia Airâ€, Diktat Penyegaran Operator dan Supervisor Reaktor, Pusbang Teknologi Reaktor Riset.9. A.S.GOKHLE, P.K; MATHOR and K.S.

Venkateswarhu, 1987, “Ion Exchange Resin for Water Purification; Properties and Characteristionâ€,Water chemestry Division, Bhabha Atomic. Research Centre. Bombay, India.

Downloads

Published

2020-10-30

How to Cite

Sutopo, E. H. (2020). PROSES DEMINERALISASI AIR TANAH MENJADI AIR TDS 0 PPM MENGGUNAKAN METODE RESIN PENUKAR ION TUNGGAL (SINGLE IONIC RESIN EXCHANGE METHOD). Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (JIPTEK), 1(1), 44–50. https://doi.org/10.32493/jiptek.v1i1.4590