ANALISA TEMPERATUR DAN WAKTU PADA PROSES KARBURISASI PADAT TERHADAP STRUKTUR MIKRODAN KEKERASAN KOMPONEN SPROCKET MOTOR PRODUK DALAM NEGERI (LOKAL)
DOI:
https://doi.org/10.32493/jiptek.v1i2.6225Abstract
Abstrak :Karburisasi adalah metode yang paing banyak digunakan dalam perlakuan panas permukaan komponen yang dikarburisasikan dan biasanya terbuat dari baja dengan karbon reaktif rendah. Dalam hal ini penelitian tentang pengaruh perlakuan panas karburisasi padat terhadap baja padat terhadap baja karbon yang digunakan pada roda gigi ringan (komponen gear sprocket) dalam temperatur yang sama dan waktu penahan (holding time) yang berbeda sehingga didapatkan kekerasan yang dibutuhkan dengan efisiensi tinggi. Pengujian karburisasi gear sprocket tingkat kekerasan dan kedalaman karburisasi pada gear sprocket dengan temperatur 9250C dengan waktu tahan 4 jam dengan kedalaman karburisasi 1 mm. kekerasan yang tertinggi pada puncak sebesar 454,04HV dan pada kaki 315,03HV (waktu penahanan 4 jam), kekerasan terkecil sebesar 89,12HV diperoleh pada puncak (waktu penahanan 1 jam) serta pada kaki 82,72HV (waktu penahanan 2 jam). Hasil specktrometri diperoleh kadar karbon sprocket produk dalam negeri (lokal) lebih besar dari pada original (lokal= 0,76 %C dan original= 0,62 %C).
Kata kunci: karburisasi padat, roda gigi, holding time, kekerasan permukaan, perlakuan panas.References
Adyana, DN. Ir. Dr. Logam dan paduan, tinjauan tentang proses pengolahan dan hubungan antara struktur dengan sifat mekanis, 1990.
Sularso, Kiyokatsu Suga. Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. Cetakan kedelapan. PT. Pradnya paramita, Jakarta, 1994.
Poor, R., dan Verhoff, S., “New Technology is The Next Step in Vacuum Carburizingâ€, Surface Combution Inc., Maumee, Ohio, USA, Industrial heating oktober 2002.
ASM. Hand Book. Properties and Selection Iron, Steel and High Performance Alloy.
Beumer B. J. M. Ing, Ilmu Bahan Logam, Jilid 3 bhratara, 1994.