Pengaruh Promosi dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Kopi Sungguh Pasar Modern Intermoda Cisauk

Authors

  • Betisama Buulolo Universitas Pamulang
  • Mada Faisal Akbar Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v2i1.24626

Keywords:

Promosi, Variasi Produk, Minat Beli Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan variasi produk baik secara parsial maupun secara simultan terhadap minat beli konsumen pada kopi Sungguh Pasar Modern Intermoda Cisauk, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang bersifat asosiatif. Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda diperoleh Y = 1,818 + 0,764x1 + 0,290x2 + e, yang artinya nilai konstanta sebesar 1,818 nilai ini menunjukkan bahwa saat promosi dan variasi produk bernilai (0) atau tidak meningkat minat beli konsumen (Y) akan bernilai 1,818 dan kedua variabel memiliki pengaruh positif. Nilai koefisien determinasi sebesar sebesar 0,903 artinya promosi (x1) dan variasi produk (x2) berpengaruh terhadap minat beli konsumen sebesar 90%, nilai korelasi  untuk promosi 0,950 dengan signifikan (0,000 < 0,025) dan nilai korelasi variasi produk 0,889 dengan signifikan (0,000 < 0,025). Uji hipotesis diperoleh F hitung > f tabel (485.657 > 3.10) dengan nilai sig (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara promosi (X1) dan Variasi produk (X2) Terhadap minat beli konsumen (Y) pada kopi Sungguh Pasar Modern Intermoda Cisauk.

References

Aminoto, T., & Agustina, D. (2020). Mahir Statistika Dan SPSS. Taksimalaya: Deepublisher.

Fauzi, Y. (2015). Manajemen Pemasaran Prespektif Maqasid Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 01(03), 143-160.

Febry, T., & Toefilus. (2020). SPSS Pada Penelitian Manajemen Bisnis. Bandung: Media Sains Indonesia.

Ghodang, H., & Hantono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Konsep Dasar Dan Aplikasi Analisis Regresi Dan jalur Dengan SPSS. Medan: Mitra Group.

Heryanto, I. (2015). Analisis pengaruh produk, harga, Distribusi, Dan promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Kepada pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(2), 80-101.

Hidayat , A. A. (2021). Penelitian & Uji Validitas Relabilitas. Surabaya: Health Books Publising.

Jumarodin, Sutanto, A., & Adhilla, F. (2019). Pengaruh variasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Bedukmutu Di UMY. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 102-119.

Latief, A. (2018). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 90-99.

Purnomo, R. A. (2017). Analisis Statistik Ekonomi Dan Bisnis Dengan SPSS. Ponorogo: Wade Grop. Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif, Penelitian Dibidang manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish.

Santoso , S. (2019). Mahir Statistik Parametrik Konsep Dasar Dan Aplikasi Dengan SPSS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Silaningsih, E., & Utami, P. (2018). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Produk Olahan Makanan Ringan. Jurnal Sosial Humaniora, 9(2), 144-158.

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Manajemen, Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Penelitian Tindakan Dan Evaluasi. Bandung: Alfabeta. Surajiyo, Nasruddin, & Paleni, H. (2020). penelitian Sumber Daya Manusia, Pengertian, Teori Dan Aplikasi Menggunakan IBM SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2018). Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner kika’s Catering di Media Sosial. PRofesi Humas, 3(1), 102-119.

Downloads

Published

2022-03-02

How to Cite

Buulolo, B., & Akbar, M. F. (2022). Pengaruh Promosi dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Kopi Sungguh Pasar Modern Intermoda Cisauk. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 2(1), 8–15. https://doi.org/10.32493/jism.v2i1.24626