Pengaruh Promosi dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Kopi Sungguh Pasar Modern Intermoda Cisauk
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v2i1.24626Keywords:
Promosi, Variasi Produk, Minat Beli KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan variasi produk baik secara parsial maupun secara simultan terhadap minat beli konsumen pada kopi Sungguh Pasar Modern Intermoda Cisauk, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang bersifat asosiatif. Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda diperoleh Y = 1,818 + 0,764x1 + 0,290x2 + e, yang artinya nilai konstanta sebesar 1,818 nilai ini menunjukkan bahwa saat promosi dan variasi produk bernilai (0) atau tidak meningkat minat beli konsumen (Y) akan bernilai 1,818 dan kedua variabel memiliki pengaruh positif. Nilai koefisien determinasi sebesar sebesar 0,903 artinya promosi (x1) dan variasi produk (x2) berpengaruh terhadap minat beli konsumen sebesar 90%, nilai korelasi untuk promosi 0,950 dengan signifikan (0,000 < 0,025) dan nilai korelasi variasi produk 0,889 dengan signifikan (0,000 < 0,025). Uji hipotesis diperoleh F hitung > f tabel (485.657 > 3.10) dengan nilai sig (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara promosi (X1) dan Variasi produk (X2) Terhadap minat beli konsumen (Y) pada kopi Sungguh Pasar Modern Intermoda Cisauk.
References
Aminoto, T., & Agustina, D. (2020). Mahir Statistika Dan SPSS. Taksimalaya: Deepublisher.
Fauzi, Y. (2015). Manajemen Pemasaran Prespektif Maqasid Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 01(03), 143-160.
Febry, T., & Toefilus. (2020). SPSS Pada Penelitian Manajemen Bisnis. Bandung: Media Sains Indonesia.
Ghodang, H., & Hantono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Konsep Dasar Dan Aplikasi Analisis Regresi Dan jalur Dengan SPSS. Medan: Mitra Group.
Heryanto, I. (2015). Analisis pengaruh produk, harga, Distribusi, Dan promosi Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Kepada pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(2), 80-101.
Hidayat , A. A. (2021). Penelitian & Uji Validitas Relabilitas. Surabaya: Health Books Publising.
Jumarodin, Sutanto, A., & Adhilla, F. (2019). Pengaruh variasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Bedukmutu Di UMY. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 102-119.
Latief, A. (2018). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 90-99.
Purnomo, R. A. (2017). Analisis Statistik Ekonomi Dan Bisnis Dengan SPSS. Ponorogo: Wade Grop. Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif, Penelitian Dibidang manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish.
Santoso , S. (2019). Mahir Statistik Parametrik Konsep Dasar Dan Aplikasi Dengan SPSS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Silaningsih, E., & Utami, P. (2018). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Produk Olahan Makanan Ringan. Jurnal Sosial Humaniora, 9(2), 144-158.
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Manajemen, Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Penelitian Tindakan Dan Evaluasi. Bandung: Alfabeta. Surajiyo, Nasruddin, & Paleni, H. (2020). penelitian Sumber Daya Manusia, Pengertian, Teori Dan Aplikasi Menggunakan IBM SPSS. Yogyakarta: Deepublish.
Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2018). Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner kika’s Catering di Media Sosial. PRofesi Humas, 3(1), 102-119.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).