Peningkatan Loyalitas Pelanggan Dengan Implementasi Corporate Social Responsibility Dan Corporate Image

Authors

  • Wayan Ardani Universitas Mahendradatta, Denpasar-Bali

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v2i4.25513

Keywords:

Corporate Social Responsibility, Corporate Image, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Loyalitas merupakan bentuk komitmen pelanggan terhadap perusahaan yang tercermin dalam kesediaan merekomendasikan dan pembelian ulang secara konsisten. Loyalitas berdampak pada peningkatan keuntungan bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate social responsibility (CSR) dan corporate image terhadap loyalitas pelanggan. Responden penelitian adalah pelanggan PT. Pegadaian Wilayah VII Denpasar. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang diukur dengan skala likert. Teknik analisis mengunakan regresi liner berganda. Hasil penelitian menunjukkan CSR dan corporate image berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil penelitian ini membuktikan pentingnya untuk meningkatkan CSR secara efektif dan meningkatkan corporate image sebagai upaya untuk meningkatakan loyalitas pelanggan, khususnya pada perusahaan yang bergerak di bidang jasa.

References

Ahmad, M. J., Jawaid, A., Arshad, M. Z., & Paracha, S. H. (2021). Corporate Social Responsibility and Customer Loyalty: Exploring the Role of Satisfaction and Corporate Image in the Banking Industry. Market Forces, 16(1), 18-18.

Alfiyani, F. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening.

Aprisia, G., & Mayliza, R. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan (Corporate Image) Dan Penanganan Keluhan (Complaint Handling) Terhadap Loyalitas Pelanggan (Loyality) Natasha Skin Care Di Kota Padang.

Carvalho, S.W., Sen, S., Marcio, O.M., & Lima, R.C. 2010. Consumer Reactions to CSR: A Brazilian Perspective. Journal of Business Ethics, 91(2): 291-310.

Crowther, David (2008) Corporate Social Responsibility. Gulen Aras & Ventus Publishing Aps

Duarte, A. P., Mouro, C. & Neves, J. (2010). Corporate social responsibility: mapping its social meaning. Management Research: The Journal of the Iberoamerican Academy of Management. 8 (2), 101-122

Faricia, A. (2021). Pengaruh Custtomer Satisfaction, Customer Trust, Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Customer Loyalty Maskapai Lion Air Di Jakarta (Doctoral dissertation, Universitas Tarumanagara).

Hasan, I., Farida, L., & Kholilah, K. (2021). The role of Islamic Corporate Social Responsibility in building corporate image to increase customer loyalty. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 17(2), 83-94.

Horng, J.-S., Liu, C.-H., Chou, S.-F., Tsai, C.-Y., & Hu, D. C. (2018). Does corporate image really enhance consumer’s behavioural intentions? Asia Pacific Journal of Tourism Research, 23(10), 1008–1020.

Hutama, K. Y., & Ekawati, N. W. (2020). The Influence of Price Fairness and Corporate Image on Customer Loyalty towards Trust. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 4(8), 209-214.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management. In Upper Sadlle River (15th ed.). Pearson

Kotler, P., Keller, K.L. (2012). Marketing Management. 14th edition. New Jersey, NJ 07458. Pearson Education, Inc.

Megayanti, Nita dan Abdul Rohman, 2009, Pengaruh Program Corporate Social Responsibility Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Telkom Kandatel Yogyakarta, Jurnal Komunikasi, Vol. 3 No. 2

Ningrum, L. W. (2021). Pengaruh Corporate Image, Customer Relationship Marketing Dan Social Media Promotion Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening.

Nursanti, S. D. (2016). Pengaruh Implementasi Corporate Social Responsibility dan Citra Perbankan terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Pembantu Ungaran).

Octarianinsih, T. (2021). Pengaruh implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank BNI Syariah Mataram (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Rhenald, K. (2003). Marketing Public Relations. Jakarta: PT Temprint.

Yazid, A. S., Mkheimer, I. B. R. A. H. I. M., & Mahmud, M. S. (2020). The effect of corporate image on customer loyalty: The mediating effect of customer satisfaction. Journal of Research on the Lepidoptera, 51(2), 124-138.

Downloads

Published

2022-12-02

How to Cite

Ardani, W. (2022). Peningkatan Loyalitas Pelanggan Dengan Implementasi Corporate Social Responsibility Dan Corporate Image. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 2(4), 470–479. https://doi.org/10.32493/jism.v2i4.25513