Peningkatan Loyalitas Pelanggan Dengan Implementasi Corporate Social Responsibility Dan Corporate Image
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v2i4.25513Keywords:
Corporate Social Responsibility, Corporate Image, Loyalitas PelangganAbstract
Loyalitas merupakan bentuk komitmen pelanggan terhadap perusahaan yang tercermin dalam kesediaan merekomendasikan dan pembelian ulang secara konsisten. Loyalitas berdampak pada peningkatan keuntungan bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate social responsibility (CSR) dan corporate image terhadap loyalitas pelanggan. Responden penelitian adalah pelanggan PT. Pegadaian Wilayah VII Denpasar. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang diukur dengan skala likert. Teknik analisis mengunakan regresi liner berganda. Hasil penelitian menunjukkan CSR dan corporate image berpengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil penelitian ini membuktikan pentingnya untuk meningkatkan CSR secara efektif dan meningkatkan corporate image sebagai upaya untuk meningkatakan loyalitas pelanggan, khususnya pada perusahaan yang bergerak di bidang jasa.
References
Ahmad, M. J., Jawaid, A., Arshad, M. Z., & Paracha, S. H. (2021). Corporate Social Responsibility and Customer Loyalty: Exploring the Role of Satisfaction and Corporate Image in the Banking Industry. Market Forces, 16(1), 18-18.
Alfiyani, F. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening.
Aprisia, G., & Mayliza, R. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan (Corporate Image) Dan Penanganan Keluhan (Complaint Handling) Terhadap Loyalitas Pelanggan (Loyality) Natasha Skin Care Di Kota Padang.
Carvalho, S.W., Sen, S., Marcio, O.M., & Lima, R.C. 2010. Consumer Reactions to CSR: A Brazilian Perspective. Journal of Business Ethics, 91(2): 291-310.
Crowther, David (2008) Corporate Social Responsibility. Gulen Aras & Ventus Publishing Aps
Duarte, A. P., Mouro, C. & Neves, J. (2010). Corporate social responsibility: mapping its social meaning. Management Research: The Journal of the Iberoamerican Academy of Management. 8 (2), 101-122
Faricia, A. (2021). Pengaruh Custtomer Satisfaction, Customer Trust, Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Customer Loyalty Maskapai Lion Air Di Jakarta (Doctoral dissertation, Universitas Tarumanagara).
Hasan, I., Farida, L., & Kholilah, K. (2021). The role of Islamic Corporate Social Responsibility in building corporate image to increase customer loyalty. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 17(2), 83-94.
Horng, J.-S., Liu, C.-H., Chou, S.-F., Tsai, C.-Y., & Hu, D. C. (2018). Does corporate image really enhance consumer’s behavioural intentions? Asia Pacific Journal of Tourism Research, 23(10), 1008–1020.
Hutama, K. Y., & Ekawati, N. W. (2020). The Influence of Price Fairness and Corporate Image on Customer Loyalty towards Trust. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 4(8), 209-214.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management. In Upper Sadlle River (15th ed.). Pearson
Kotler, P., Keller, K.L. (2012). Marketing Management. 14th edition. New Jersey, NJ 07458. Pearson Education, Inc.
Megayanti, Nita dan Abdul Rohman, 2009, Pengaruh Program Corporate Social Responsibility Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Telkom Kandatel Yogyakarta, Jurnal Komunikasi, Vol. 3 No. 2
Ningrum, L. W. (2021). Pengaruh Corporate Image, Customer Relationship Marketing Dan Social Media Promotion Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening.
Nursanti, S. D. (2016). Pengaruh Implementasi Corporate Social Responsibility dan Citra Perbankan terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Pembantu Ungaran).
Octarianinsih, T. (2021). Pengaruh implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank BNI Syariah Mataram (Doctoral dissertation, UIN Mataram).
Rhenald, K. (2003). Marketing Public Relations. Jakarta: PT Temprint.
Yazid, A. S., Mkheimer, I. B. R. A. H. I. M., & Mahmud, M. S. (2020). The effect of corporate image on customer loyalty: The mediating effect of customer satisfaction. Journal of Research on the Lepidoptera, 51(2), 124-138.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).