Pengaruh Kualitas Produk, Penetapan Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Persepsi Merek (Pada PT. Megapolitan di Jakarta)

Authors

  • Amirudin Amirudin Universitas Pamulang
  • Ade Yusuf Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v2i4.27582

Keywords:

Kualitas Produk, Penatapan Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Persepsi Merek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk, Penetapan Harga dan  Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Persepsi Merek Pada  PT. Megapolitan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan asosiatif. Tanggapan responden tentang kualitas produk mendapatkan score 4,00, penetapan harga sebesar 4,05, kualitas pelayanan sebesar 3,67, kepuasan pelanggan sebesar 4,09 dan persepsi merek sebesar 3,87. Secara keseluruahn kondisi variabel berada dalam rentang skala 3,40-4,19 dengan kriteria baik. Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan sebesar 42,71%. Dari pengujian hipotesis diperoleh t-statistic 3,617 lebih besar dari t tabel 2,013 atau (3,617 > 2,013), hal ini juga ditunjukkan dengan nilai probability 0,0007 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. Pengaruh penetapan harga terhadap kepuasan pelanggan sebesar 29,93%. Dari pengujian hipotesis diperoleh t-statistic 2,529 lebih besar dari t tabel 2,013 atau (2,529 > 2,013), hal ini juga ditunjukkan dengan nilai probability 0,0149 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penetapan harga terhadap kepuasan pelanggan. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 24,538%. Dari pengujian hipotesis diperoleh t-statistic 2,268 lebih besar dari t tabel 2,013 atau (2,268 > 2,013), hal ini juga ditunjukkan dengan nilai probability 0,0280 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Secara simultan, kualitas produk, penetapan harga dan kualitas pelayanan memiliki berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan persamaan regresi Y = 0,750131 + 0,427135X1 + 0,299308X2 + 0.245388X3, dengan kontribusi pengaruhnya sebesar 52,92% dan sisanya 47,08% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari pengujian hipotesis diperoleh nilai F-statistic lebih besar dari f tabel  atau (17,23561 > 2,700) hal itu juga dibuktikan dengan Prob.(F-statistic < 0,05 atau (0,000 < 0,05). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh secara simultan antara kualitas produk, penetapan harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Pengaruh kepuasan pelanggan terhadap persepsi merek sebesar 34,96%. Dari pengujian hipotesis diperoleh t-statistic 2,082 lebih besar dari t tabel 2,013 atau (2,082 > 2,013), hal ini juga ditunjukkan dengan probability 0,0427 < 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepuasan pelanggan terhadap persepsi merek.

References

Algifari, 2010, “Analisis Regresiâ€, Yogyakarta, 2010.

Alma, Buchori, “Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasaâ€, CV. Alfabetha, Bandung, 2009.

Angipora Marius P. “Dasar-Dasar Pemasaranâ€, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2012.

Anoraga Panji, “Psikologi Kerjaâ€, Rineka Cipta, Jakarta, 2009.

Arief S. Sadiman, dkk, “Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannyaâ€, Rajawali Press, Jakarta, 2011.

Arikunto, Suharsimi, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2010.

Assauri, Sofian, “Manajemen Produksi Dan Operasi“, LPFE Universitas Indonesia, Jakarta, 2012.

Chandon, P., Wansink, B. and Laurent, G, “A Benefit Congruency Framework of Sales Promotion Effectivenessâ€, Journal of Marketing, Forthcoming, 2012.

Chandra, Gregorius, “Strategi Dan Program Pemasaranâ€, Andi Offset, Yogyakarta, 2011.

Darmadi, Sugiarto, “Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas Dan Perilaku Merekâ€, Edisi Pertama, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2014

David W.Craven “Strategic Marketingâ€, Mc-Graw Hill International, 2014.

Durianto, D., Sugiarto, “Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merekâ€, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2013.

G.R. Terry, & Rue, Leslie W. Rue, “Dasar-dasar Manajemenâ€, Bumi Aksara, Jakarta 2010.

Ghozali, Imam, “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSSâ€, Edisi Kelima, Badan Penerbit Undip, Semarang, 2011

Handi Chandra, Prinsip Kepuasan Nasabahâ€, Cetakan kelima, Elex Media Komputindo, Jakarta, 2013.

Hasan, Ali. 2013. Marketing. Media Utama, Yogyakarta.

Hasibuan, SP, “Dasar-dasar Perbankanâ€, Haji Masagung, Jakarta, 2012.

Hurriyati, Ratih, “Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumenâ€, CV. Alfabetha, Bandung, 2012.

Keller dan Amstrong, “Prinsip-prinsip Pemasaranâ€, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Erlangga, Jakarta, 2012

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller, “Manajemen Pemasaran†terj :Bob Sabran, Edisi 13 jilid 1 dan 2, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2012.

Kotler, Philip, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Keempat belas, PT. Indeks, Jakarta, 2012.

Kotler, Philip. dan Kevin Lane Keller, â€Manajemen Pemasaranâ€, PT Macaman Jaya Cemerlang, Jakarta, 2012.

Laksana, Fajar, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2013

Lovelock & Wright, “Principle of Services Marketing And Managementâ€, Prentice Hall Inc., Upper Saddle River, New Jersey, USA, 2011.

M.F.Shellyana J & H.Hidayat, “Hubungan Antara Persepsi Harga Konsumen Dan Konsep Pemasaran Terhadap Produk Merk Tokoâ€, Dalam Jurnal Ekonomi Pembangunan, Jakarta, 2012.

Malayu S.P Hasibuan, “Dasar-dasar Perbankanâ€, Haji Masagung, Jakarta, 2012.

Marknesis, Tim, “Customer Satisfaction and Beyondâ€, Marknesi, Yogyakarta, 2012.

Monroe, K. B. & Chapman, J.D. (2010). “Framing Effect of Buyers’ Subjective Product Evaluationsâ€, In Advances in Consumer Research Journal, Provo, UT: Association for Consumer Research,(193-197).

Mullins Jhon W, C.Orville, Jean-Claude Larreche, dan Harper W Walker Boyd, “Manajemen Pemasaranâ€, Erlangga, Jakarta, 2012.

Nanang Tasunar, “Kualitas Pelayananâ€, Gramedia Pustaka Utama, Ghalia Indonesia, Bogor, 2006.

Nugroho, Agung Ariyawan, “Manajemen Informasiâ€, Graha Ciptam Jakarta, 2008.

Rangkuti, Freddy, “The Power of Brands Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek, Plus Analisis Kasus dengan SPSSâ€, PT. Gramedia Utama, Jakarta, 2012.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Amirudin, A., & Yusuf, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Penetapan Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Persepsi Merek (Pada PT. Megapolitan di Jakarta). Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 2(4), 571–587. https://doi.org/10.32493/jism.v2i4.27582