Pengaruh Discount, Display Product, dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying pada Pt. Matahari Departemen Store Surakarta

Authors

  • Nurul Hidayah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta, Sukoharjo
  • Tri Ratna Pamikatsih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta, Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v3i2.30737

Keywords:

Diskon, Tampilan Produk, Gaya Hidup Berbelanja, Pembelian Impulsif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh discount, display product, dan shopping lifestyle terhadap impulse buying di PT. Matahari Department Store Surakarta. Penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,740, artinya discount, display product, dan shopping lifestyle mempengaruhi impulse buying sebesar 74,0% dan 26,0% dihasilkan oleh variabel tambahan yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

References

Baskara, I. B. (2018). Pengaruh Potongan Harga (Discount) Terhadap Pembelian Tidak Terencana (Impulse Buying) (Studi Pada Pengunjung Matahari Department Store Johar Plaza Jember). 87–96.

Dewantoro, A. (2020). Pengaruh Shopping Lifestyle, Discount Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Pada Online Shop Lazada.Co.Id.

Febriyanti, Intan Rike, Raspati, G., Jaya, Umban Adi, & Aryadinata, A. (2021). Pengaruh Display Product Dan Price Discount Di Masa Pandemic Covid-19 Terhadap Impulse Buying Produk Food Supermarket (Studi Pada Konsumen Toserba Yogya Ciranjang). 4(4).

Hasim, M., & Lestari, R. B. (2023). Pengaruh Potongan Harga , Motivasi Belanja Hedonis , E-WOM Dan Gaya Hidup Berbelanja Terhadap Impulse Buying Di Tokopedia. 12(1), 59–69.

Herdiany, H. D., Utomo, C. W., Aryandha, P. N., & Jadi, A. (2022). Pengaruh Store Atmosphere , Display Product , Dan Price Discount Terhadap Impulse Buying. 3(2), 98–109. Https://Doi.Org/10.55314/Jcoment.V3i2.257

Mahmudah, A. R. (2020). Pengaruh Shopping Lifestyle , Fashion Involvement Dan Discount Terhadap Impulse Buying Pada Mahasiswa Pengunjung Rita Pasaraya Wonosobo ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unsiq ). 1(2), 290–299.

Mentari, & Pamikatsih, T. R. (2022). Pengaruh Price Discount Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying : Positive Emotion Sebagai Variabel Mediasi. 06(02).

Prathama, Y., & Ika, N. (2021). Impulse Buying Di E-Commerce Tokopedia Dimasa Pandemi. 4(1), 2–9.

Purwaningsih, B. (2019). Jurusan Manajemen Pemasaran , STIE Putra Bangsa Kebumen Abstrak Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Display Product , Store Atmosphere , Dan Hedonic Shopping Motives Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Toserba Jadi Baru Kebumen . Populasi. 1–5.

Rahmawati, N. T. (2018). Pengaruh Hedonic Shopping Value Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Mediasi.

Ramadhan, H. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Melalui Emosi Positif ( Studi Pada Konsumen Minimarket Mantu Lanang Sekaran Kota Semarang ) Skripsi.

Rifatin, Y., Sudarwanto, T., & Manajemen, S. (2021). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Konsumen Toko Pakaian Dhyhijab Jombang). 3(2), 367–379.

Sucidha, Irma. (2019). At – Tadbir Jurnal Ilmiah Manajemen Homepage: Ojs.Uniska.Ac.Id/Attadbir. 2, 1–10.

Suwandi, A. E., Made, N., Pratiwi, I., & Mulyati, A. (2022). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Discount Terhadap Impulse Buying Pada Matahari Department Store Plaza Surabaya. 166–170.

Temaja, I. K. W. B., Rahanatha, G. B., & Yasa, N. N. K. (2015). Pengaruh Fashion Involvement , Atmosfer Toko Dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Pada Matahari Department Store. 4(6), 1466–1482.

Wahyuni, R. S., & Setyawati, H. A. (2020). Pengaruh Sales Promotion , Hedonic Shopping Motivation Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee. 2(April), 144–154.

Warnerin, G., Niaga, P. T., Ekonomi, F., Surabaya, U. N., Dwijayanti, R., Niaga, P. T., Ekonomi, F., & Surabaya, U. N. (2020). Pengaruh Diskon Dan In-Store Display Terhadap Impulse Buying. 8(2), 896–903.

Downloads

Published

2023-06-14

How to Cite

Hidayah, N., & Pamikatsih, T. R. (2023). Pengaruh Discount, Display Product, dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying pada Pt. Matahari Departemen Store Surakarta. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(2), 322–332. https://doi.org/10.32493/jism.v3i2.30737