Pengaruh Discount, Display Product, dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying pada Pt. Matahari Departemen Store Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v3i2.30737Keywords:
Diskon, Tampilan Produk, Gaya Hidup Berbelanja, Pembelian ImpulsifAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh discount, display product, dan shopping lifestyle terhadap impulse buying di PT. Matahari Department Store Surakarta. Penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,740, artinya discount, display product, dan shopping lifestyle mempengaruhi impulse buying sebesar 74,0% dan 26,0% dihasilkan oleh variabel tambahan yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
References
Baskara, I. B. (2018). Pengaruh Potongan Harga (Discount) Terhadap Pembelian Tidak Terencana (Impulse Buying) (Studi Pada Pengunjung Matahari Department Store Johar Plaza Jember). 87–96.
Dewantoro, A. (2020). Pengaruh Shopping Lifestyle, Discount Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Pada Online Shop Lazada.Co.Id.
Febriyanti, Intan Rike, Raspati, G., Jaya, Umban Adi, & Aryadinata, A. (2021). Pengaruh Display Product Dan Price Discount Di Masa Pandemic Covid-19 Terhadap Impulse Buying Produk Food Supermarket (Studi Pada Konsumen Toserba Yogya Ciranjang). 4(4).
Hasim, M., & Lestari, R. B. (2023). Pengaruh Potongan Harga , Motivasi Belanja Hedonis , E-WOM Dan Gaya Hidup Berbelanja Terhadap Impulse Buying Di Tokopedia. 12(1), 59–69.
Herdiany, H. D., Utomo, C. W., Aryandha, P. N., & Jadi, A. (2022). Pengaruh Store Atmosphere , Display Product , Dan Price Discount Terhadap Impulse Buying. 3(2), 98–109. Https://Doi.Org/10.55314/Jcoment.V3i2.257
Mahmudah, A. R. (2020). Pengaruh Shopping Lifestyle , Fashion Involvement Dan Discount Terhadap Impulse Buying Pada Mahasiswa Pengunjung Rita Pasaraya Wonosobo ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unsiq ). 1(2), 290–299.
Mentari, & Pamikatsih, T. R. (2022). Pengaruh Price Discount Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying : Positive Emotion Sebagai Variabel Mediasi. 06(02).
Prathama, Y., & Ika, N. (2021). Impulse Buying Di E-Commerce Tokopedia Dimasa Pandemi. 4(1), 2–9.
Purwaningsih, B. (2019). Jurusan Manajemen Pemasaran , STIE Putra Bangsa Kebumen Abstrak Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Display Product , Store Atmosphere , Dan Hedonic Shopping Motives Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Toserba Jadi Baru Kebumen . Populasi. 1–5.
Rahmawati, N. T. (2018). Pengaruh Hedonic Shopping Value Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Mediasi.
Ramadhan, H. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Melalui Emosi Positif ( Studi Pada Konsumen Minimarket Mantu Lanang Sekaran Kota Semarang ) Skripsi.
Rifatin, Y., Sudarwanto, T., & Manajemen, S. (2021). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Konsumen Toko Pakaian Dhyhijab Jombang). 3(2), 367–379.
Sucidha, Irma. (2019). At – Tadbir Jurnal Ilmiah Manajemen Homepage: Ojs.Uniska.Ac.Id/Attadbir. 2, 1–10.
Suwandi, A. E., Made, N., Pratiwi, I., & Mulyati, A. (2022). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Discount Terhadap Impulse Buying Pada Matahari Department Store Plaza Surabaya. 166–170.
Temaja, I. K. W. B., Rahanatha, G. B., & Yasa, N. N. K. (2015). Pengaruh Fashion Involvement , Atmosfer Toko Dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Pada Matahari Department Store. 4(6), 1466–1482.
Wahyuni, R. S., & Setyawati, H. A. (2020). Pengaruh Sales Promotion , Hedonic Shopping Motivation Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee. 2(April), 144–154.
Warnerin, G., Niaga, P. T., Ekonomi, F., Surabaya, U. N., Dwijayanti, R., Niaga, P. T., Ekonomi, F., & Surabaya, U. N. (2020). Pengaruh Diskon Dan In-Store Display Terhadap Impulse Buying. 8(2), 896–903.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).