Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Home Industry Cabiciks Gunung Sindur Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v3i3.32989Keywords:
Kualitas Produk, Promosi Penjualan, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian pada usaha home industry cabiciks Gunung Sindur Kabupaten Bogor. Metodologi penelitian yang digunakan menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini dengan jumlah sampel 100 responden. Metode analisis data menggunakan uji koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji F simultan dan uji T parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh kualitas produk dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (97,961 > 3,09). Terdapat pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada home industry cabiciks dimana diperoleh nilai Thitung > Ttabel (4,402 > 1,984). Terdapat pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian diperoleh nilai Thitung > Ttabel (5,242 > 1,984). Diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,669 yang artinya kualitas produk (X1) dan promosi penjualan (X2) memberikan kontribusi terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 66,9%, sedangkan sisanya sebesar 33,1% disebabkan oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Diperoleh persamaan regresi dimana Y = 12,954 + 0,617 X1 + 0,634 X2, dari persamaan regresi dapat diketahui bahwa kualitas produk dan promosi penjualan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu variabel kualitas produk dan promosi penjualan dianggap penting sebagai penentu terhadap keputusan pembelian pada usaha home industry Cabiciks Gunung Sindur Kabupaten BogorReferences
Akbar, W., Tarantang, J., & Mirnawati, E. (2021). Tinjauan Ekonomi Syariah Atas Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Brand Lokal Di Kota Palangka Raya. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1(1), 96–105.
Andriani, F. (2021). Pengaruh Iklan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tokopedia (Studi Kasus Pada Pengguna Tokopedia Di Jabodetabek). Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(3), 266–278.
Anggriani, N. L., & Hamali, A. yusuf. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handuk Pada PT Tatapusaka Sentosa Textile Mills bandung. 3(1), 14–29.
As, F. K., Oyong, N., & Santoso, P. B. (2017). Peningkatan Kualitas Produk Batu Bara Merah Dengan Memanfaatkan Limbah Abu Serat Sabut Kelapa Dan Abu Serbuk Gergaji. Jurnal Kimia Mulawarman, 175–181.
Ayuni, D. M., & Prasetyawati, Y. R. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Guardian Health & Beauty Retail. Jurnal Manajemen & Bisnis Madani, 2(1), 18–34.
Bansaleng, J. mega, Sepang, J. L., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Kartu XL di Manado. Jurnal EMBA, 331–340.
Budianti, A. C., & Anjarwati, A. L. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Redmi 1S (Studi Pada Pengunjung Wtc Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 5, 1–9.
Hernawan, E., & Lihardo, J. (2022). Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Barang Elektronik Pada Tokopedia Di Masa Pandemi Covid-19. EMaBI, 1 no.2, 202–212.
Kaunang, V. J. G., Moniharapon, S., & Samadi, R. L. (2021). Pengaruh Pemasaran Interaktif, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Barang Elektronik Secara Kredit Di Perusahaan Fif Spektra Cabang Airmadidi. Jurnal EMBA, 9(3), 62–70.
M, A., & Ali, H. (2017). Model Kepuasan Pelanggan: Analisis Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Citra Merek Pada Giant Citra Raya Jakarta. Jurnal Manajemen, 21(3), 317-335.
Murniati, S.M., & Mustikasari, A. (2021) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Add-On Indihome Pada PT. Telkom Witel Bandung 2021. E-Proceeding Of Applied Science, 7 (5), 991-998.
Murnilawati, Hairudinor, & Rasyidi, M. N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Intervening Di Rumah Makan “Andina†Muara Teweh Kabupaten Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah. Jurnal Bisnis Dan Pembangunan, 8(1), 1–9.
Nurlestari, A. F. (2016). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Niat Kunjungan Ulang Wisatawan dengan Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Intervening Pada Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor. Jurnal Pariwisata, 2, 1–9.
Prasetiyo, B., & Rismawati, Y. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Harjagunatama Lestari (Toserba Borma) Cabang Dakota. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, 21(8), 793–794.
Primatika, R. A., & Astuti, S. R. T. (2018). Analisis Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Ekuitas Merek Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Nescafe Di Kota Semarang. Statistical Field Theor, 7(2), 1–13.
Purnama, E. S., & Pradana, B. I. (2020). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Brand Image dengan Brand Ambassador sebagai Variabel Moderasi di Hideout Café Kota Malang (Studi pada Konsumen Hideout Café Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(2), 1–10.
Radjapati, T. Y., Soepeno, D., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2018). Pengaruh Periklanan , Promosi Penjualan Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Telkomsel Di Tobelo The Influence Of Advertising , Sales Promotion And Personal Selling Buying Decision Simcard Telkomsel In Tobelo. Jurnal EMBA, 6(4).
Raka, M. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Pt Rafindo Mutiara Abadi (Kasus Hunian Perumahan Mutiara Tenayan Raya Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6(2), 1–14.
Sapitri, A. D., Abidin, Z., & Rifai, M. (2023). Kredibilitas Brand Ambassador Nct Dream Pada Produk Mie Lemonilo Dengan Keputusan Pembelian Pada Followers akun Twitter @Lemonilo. Jurnal Ilmu Pengetahun Sosial, 10(1), 18–28.
Shabrina, G. Y., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Fitur Layanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Dan Minuman Pada Pengguna Ovo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1258–1264.
Siaahan, S. D. N., & Putriku, A. E. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian. Journal Of Business And Economics Research (JBE), 2(2), 31-35.
Tarigan, Y. K. K., & Prihatini, A. E. (2019). Pengaruh Brand Experience dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Maskapai Penerbangan Sriwijaya Air (Dengan Rute Semarang-Jakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(3), 164–172.
Wahyuni, N. P. L., & Rahanatha, G. B. (2020). Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh Kewajaran Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Onlineshop Zalora Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(2), 779–798.
Yan, R. G. P. S., Repi, A., & Lumanauw, B. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Lokasi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Pt Tridjaya Mulia Sukses Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(1), 106.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).