Pengaruh Harga dan Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian pada Kopi Dewe di Ciledug Kota Tangerang

Authors

  • Dedek Kumara Universitas Pamulang
  • Selvi Oktaviana Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v3i3.33310

Keywords:

Harga, Store Atmosphere, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Harga dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kopi Dewe di Ciledug Kota Tangerang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel 91 responden. Analisis yang digunakan yaitu uji validasi, uji reliabilitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t dan uji f. hasil penelitian pengujian hipotesis secara psrsial variabel Harga (X1) diperoleh t hitung >  t tabel ( 6,674 > 1,662). Hal tersebut diperkuat dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Artinya Harga berpengaruh posistif terhadap keputusan pembelian. Uji statistik variabel Store Atmosphere (X2) diperoleh t hitung > t tabel (9,336 > 1,662) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Artinya Store Atmosphere berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, Pengujian hipotesis secara simultan diperoleh nilai f hitung > f tabel (43,498 > 3,10). Hal ini juga diperkuat dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa Harga dan Store Atmosphere berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian. Koefisien determinasi diperoleh R square sebesar 0,497 artinya harga dan store atmosphere secara bersama-sama memiliki kontribusi sebesar 49,7%  terhadap keputusan pembelian.. Sedangkan sisanya sebesar 50,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Alma Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

Andi Rasyid (2017). Manajemen Pendidikan. Makasar: CELEBES MEDIA PERKASA

Arikunto. S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Berman Barry., & Joal. R. Evans (2017). "Ritail Manajemen, 12th edition". New Jersey: Pearson Education Limited.

Charles Lemb et al “Pemasaran†Salemba Ampat, Jakarta 2017

Dara. Y., (2018). Pengaruh harga, store atmosphere dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada cafe Matchbox too coffee & friends. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 7, Nomor 12.

Delimah Pasaribu, V. L. (2020). Pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada Restoran De'Cost di Giant Pamulang Square. Manajerial, 12 No.2.

Fahmi Irham (2011:2). Manajemen Teori, Kasus dan Solusi. Bandung: ALFABETA

G.R Terry (2018:2). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian AC Merek Daikin pada PT Penta Mitra Aircon Karawaci Tangerang. Skripsi Universitas Pamulang

Ghozali, I (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Gunarsih, C. M., J. K., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Productivity, 2, No 1.

Handoko. (2012). Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pipa PVC pada PT Lifelon Jaya Makmur Bogor. Skripsi Universitas Pamulang.

Haryono (2018). Sitogeneyika. Yogyakarta: Lily

Hasibuan, M. S.P (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi. Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara

Hasibuan. (2017). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsmen pada PT Snapindo Warlab Sukses Cabang Ala Sutra Tangerang, Selatan. Skripsi Universitas Pamulang.

Hendro Arianto, D. P., & B. S. (2020, Juni). Pengaruh kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, lokasi dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada Cafe Kopisae. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 9, Nomor 6.

Hery (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Gava Media

Iful. A., & Budi Satrio. (2015). Pengaruh Harga dan Kualita Produk Pada Keputusan Pembelian Peralatan Masak di Showroom Maxim Housewares Grand City Mall Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 4, No 12.

Kotler Philip, Amstrong Gery (2013). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi Ke-12. Penerbit Erlangga.

Kotler, & Amstrong. (2018). Prinsip-Prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Jakarta: Salemba Empat.

Machfoedz (2016). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra. Ilmu

Marlius, D. (2017). Keputusan pembelian berdasarkan faktor psikologis dan bauran pemasaran pada PT. Intercom Mobilindo Padang. Jurnal pundi, 1(1).

Nurmin. A., & Albani, A. F. (2018, Mei). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Pada Samsung Store Mall Bintarao Exchange. Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma, 1, No 3.

R.esti W., Mandey, S. L., & Wenas, R. S. (2022, Juli). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Makanan, dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Dabu-Dabu Lemong Resto dan Coffee Kawasan Megamas Di Manado. Jurnal EMBA, 10 No. 3.

Rizky. P., & Ali. M. (2022, January). Pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada McDonald’s Cabang Graha Raya Bintaro. Jurnal Ekonomi Efektif, 4, No. 2.

Siswanto, B. (2021) Pengantar Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara

Sudaryono. (2018). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. "Edisi 2". Bandung: Alfabeta Bandung.

Sunyoto. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.

Tansala, D., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. (2019). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Di Gramedia Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 8(1), 21-27.

Tantowi, A. I., & Pratomo, A. W. (2020, Maret). Pengaruh Store Atmosphere dan Experiential MarketingTerhadap Keputusan Pembelian Di Kopi Daong Pancawati. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8 No. 2.

Tjiptono. (2017). Pemasaran Jasa (1st ed). Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Kumara, D., & Oktaviana, S. (2023). Pengaruh Harga dan Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian pada Kopi Dewe di Ciledug Kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(3), 569–582. https://doi.org/10.32493/jism.v3i3.33310