Pengaruh Harga dan Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian pada Kopi Dewe di Ciledug Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v3i3.33310Keywords:
Harga, Store Atmosphere, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Harga dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kopi Dewe di Ciledug Kota Tangerang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel 91 responden. Analisis yang digunakan yaitu uji validasi, uji reliabilitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t dan uji f. hasil penelitian pengujian hipotesis secara psrsial variabel Harga (X1) diperoleh t hitung > t tabel ( 6,674 > 1,662). Hal tersebut diperkuat dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Artinya Harga berpengaruh posistif terhadap keputusan pembelian. Uji statistik variabel Store Atmosphere (X2) diperoleh t hitung > t tabel (9,336 > 1,662) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Artinya Store Atmosphere berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, Pengujian hipotesis secara simultan diperoleh nilai f hitung > f tabel (43,498 > 3,10). Hal ini juga diperkuat dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa Harga dan Store Atmosphere berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian. Koefisien determinasi diperoleh R square sebesar 0,497 artinya harga dan store atmosphere secara bersama-sama memiliki kontribusi sebesar 49,7% terhadap keputusan pembelian.. Sedangkan sisanya sebesar 50,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.References
Alma Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.
Andi Rasyid (2017). Manajemen Pendidikan. Makasar: CELEBES MEDIA PERKASA
Arikunto. S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Berman Barry., & Joal. R. Evans (2017). "Ritail Manajemen, 12th edition". New Jersey: Pearson Education Limited.
Charles Lemb et al “Pemasaran†Salemba Ampat, Jakarta 2017
Dara. Y., (2018). Pengaruh harga, store atmosphere dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada cafe Matchbox too coffee & friends. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 7, Nomor 12.
Delimah Pasaribu, V. L. (2020). Pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada Restoran De'Cost di Giant Pamulang Square. Manajerial, 12 No.2.
Fahmi Irham (2011:2). Manajemen Teori, Kasus dan Solusi. Bandung: ALFABETA
G.R Terry (2018:2). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian AC Merek Daikin pada PT Penta Mitra Aircon Karawaci Tangerang. Skripsi Universitas Pamulang
Ghozali, I (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Gunarsih, C. M., J. K., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Productivity, 2, No 1.
Handoko. (2012). Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pipa PVC pada PT Lifelon Jaya Makmur Bogor. Skripsi Universitas Pamulang.
Haryono (2018). Sitogeneyika. Yogyakarta: Lily
Hasibuan, M. S.P (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi. Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara
Hasibuan. (2017). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsmen pada PT Snapindo Warlab Sukses Cabang Ala Sutra Tangerang, Selatan. Skripsi Universitas Pamulang.
Hendro Arianto, D. P., & B. S. (2020, Juni). Pengaruh kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, lokasi dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada Cafe Kopisae. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 9, Nomor 6.
Hery (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Gava Media
Iful. A., & Budi Satrio. (2015). Pengaruh Harga dan Kualita Produk Pada Keputusan Pembelian Peralatan Masak di Showroom Maxim Housewares Grand City Mall Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 4, No 12.
Kotler Philip, Amstrong Gery (2013). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi Ke-12. Penerbit Erlangga.
Kotler, & Amstrong. (2018). Prinsip-Prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Jakarta: Salemba Empat.
Machfoedz (2016). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra. Ilmu
Marlius, D. (2017). Keputusan pembelian berdasarkan faktor psikologis dan bauran pemasaran pada PT. Intercom Mobilindo Padang. Jurnal pundi, 1(1).
Nurmin. A., & Albani, A. F. (2018, Mei). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Pada Samsung Store Mall Bintarao Exchange. Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma, 1, No 3.
R.esti W., Mandey, S. L., & Wenas, R. S. (2022, Juli). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Makanan, dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Dabu-Dabu Lemong Resto dan Coffee Kawasan Megamas Di Manado. Jurnal EMBA, 10 No. 3.
Rizky. P., & Ali. M. (2022, January). Pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada McDonald’s Cabang Graha Raya Bintaro. Jurnal Ekonomi Efektif, 4, No. 2.
Siswanto, B. (2021) Pengantar Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara
Sudaryono. (2018). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. "Edisi 2". Bandung: Alfabeta Bandung.
Sunyoto. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.
Tansala, D., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. (2019). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Di Gramedia Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 8(1), 21-27.
Tantowi, A. I., & Pratomo, A. W. (2020, Maret). Pengaruh Store Atmosphere dan Experiential MarketingTerhadap Keputusan Pembelian Di Kopi Daong Pancawati. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8 No. 2.
Tjiptono. (2017). Pemasaran Jasa (1st ed). Yogyakarta: Deepublish.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).