Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe Bapade’s Coffee Kemanggisan Jakarta Barat
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v4i1.36517Keywords:
Kualitas Pelayanan, Promosi, Kepuasan KonsumenAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, dan promosi baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada Cafe Bapade’s Coffee Kemanggisan Jakarta Barat. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan uji hipotesis diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu (5,900 > 1,661). Hal tersebut juga diperkuat dengan nilai Sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian H0 ditolak H1 diterima artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan uji hipotesis diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu (1,810 > 1661). Hal tersebut juga diperkuat dengan nilai Sig < 0,05 (0,215 > 0,05). Dengan demikian H0 ditolak H2 diterima artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara promosi terhadap kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan uji hipotesis diperoleh nilai Fhitung > Ftabel yaitu (87,057 > 3,090). Hal tersebut juga diperkuat dengan nilai Sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian H0 ditolak dan H3 diterima artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan konsumen pada Cafe Bapade’s Coffee Kemanggisan Jakarta Barat.
References
Anisa, N., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Dimsum Teh Susi Cabang Desa Cibentang Ciseeng Bogor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA). 3(2).
Azwar, S. (2020). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bastian, I.F., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Harga dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Clotiva di Jakarta Utara. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen). 3(4).
Buchari Alma. (2020). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (revisi). CV Alfabeta: Bandung
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). CV. Penerbit Qiara Media.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Haryoko, dkk. (2020). Analisis Data Penelitian Kualitatif: Konsep, Teknik, dan Prosedur Analisis. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar
Hasibuan, M. S. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi.PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Irawan, H. (2021). Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Kotler, P. (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: Prenhalindo.
Kotler, P., Armstrong, Gary. 2019. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid I. Erlangga. Jakarta.
Kotler, P., Keller, K.L. (2020). Manajemen Pemasaran. (Edisi ke-13, jilid 1). Erlangga, Jakarta.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.
Normansya, R., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Konsumen dalam Menggunakan Jasa Pengiriman pada J&T Express Cabang Taman Tekno Tangerang Selatan. JIMAWA (Jurnal Ilmiah Mahasiswa). 3(1).
Robbins, S. P., Coulter, M. (2019). Management. United States of America: Pearson Education Inc.
Saleh, Muhammad Yusuf., Mia Said. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Makasar:CV Sah Media
Solihin, D., & Ahyani, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan serta Implikasinya pada Loyalitas Pelanggan. Jurnal Disrupsi Bisnis. 6(4).
Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Depok: Rajawali Pers
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.Bandung
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran. CV Andi Offset. Yogyakarta.
Tjiptono. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan Edisi 1. Yogyakarta
Warnadi., Aris Triyono. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Titian Mustika Irawan, Derizka Inva Jaswita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).