Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe Bapade’s Coffee Kemanggisan Jakarta Barat

Authors

  • Titian Mustika Irawan Universitas Pamulang
  • Derizka Inva Jaswita Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v4i1.36517

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Promosi, Kepuasan Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, dan promosi baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada Cafe Bapade’s Coffee Kemanggisan Jakarta Barat. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan uji hipotesis diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu (5,900 > 1,661). Hal tersebut juga diperkuat dengan nilai Sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian H0 ditolak H1 diterima artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan uji hipotesis diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu (1,810 > 1661). Hal tersebut juga diperkuat dengan nilai Sig < 0,05 (0,215 > 0,05). Dengan demikian H0 ditolak H2 diterima artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara promosi terhadap kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan uji hipotesis diperoleh nilai Fhitung > Ftabel yaitu (87,057 > 3,090). Hal tersebut juga diperkuat dengan nilai Sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian H0 ditolak dan H3 diterima artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan konsumen pada Cafe Bapade’s Coffee Kemanggisan Jakarta Barat.

References

Anisa, N., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Dimsum Teh Susi Cabang Desa Cibentang Ciseeng Bogor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA). 3(2).

Azwar, S. (2020). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bastian, I.F., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Harga dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Clotiva di Jakarta Utara. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen). 3(4).

Buchari Alma. (2020). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (revisi). CV Alfabeta: Bandung

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). CV. Penerbit Qiara Media.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryoko, dkk. (2020). Analisis Data Penelitian Kualitatif: Konsep, Teknik, dan Prosedur Analisis. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar

Hasibuan, M. S. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi.PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Irawan, H. (2021). Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Kotler, P. (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: Prenhalindo.

Kotler, P., Armstrong, Gary. 2019. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid I. Erlangga. Jakarta.

Kotler, P., Keller, K.L. (2020). Manajemen Pemasaran. (Edisi ke-13, jilid 1). Erlangga, Jakarta.

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.

Normansya, R., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Konsumen dalam Menggunakan Jasa Pengiriman pada J&T Express Cabang Taman Tekno Tangerang Selatan. JIMAWA (Jurnal Ilmiah Mahasiswa). 3(1).

Robbins, S. P., Coulter, M. (2019). Management. United States of America: Pearson Education Inc.

Saleh, Muhammad Yusuf., Mia Said. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Makasar:CV Sah Media

Solihin, D., & Ahyani, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan serta Implikasinya pada Loyalitas Pelanggan. Jurnal Disrupsi Bisnis. 6(4).

Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Depok: Rajawali Pers

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.Bandung

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran. CV Andi Offset. Yogyakarta.

Tjiptono. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan Edisi 1. Yogyakarta

Warnadi., Aris Triyono. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2024-03-07

How to Cite

Irawan, T. M., & Jaswita, D. I. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe Bapade’s Coffee Kemanggisan Jakarta Barat. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 4(1), 26–37. https://doi.org/10.32493/jism.v4i1.36517