Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skincare Acne Series Ms Glow

Authors

  • Rika Astuti Erikha Universitas pamulang
  • Wahyu Nurul Faroh Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v4i1.37869

Keywords:

Harga, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga (X1) dan promosi (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) produk Skincare Acne Series MS Glow (Studi kasus pada Mahasiswa Reguler C Manajemen dan Bisnis di Universitas Pamulang). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan untuk menguji dan menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan dengan menggunakan analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t dan uji f. Jumlah Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 90 responden .Pengujian hipotesis harga (X1) diperoleh nilai thitung 4,118 > ttabel 1,984 dan tingkat signifikan 0,001 < 0,05, dengan demikian Ho1 ditolak dan Ha1 diterima, berarti secara parsial variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengujian hipotesis promosi (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 4.158 > ttabel 1,984 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, dengan demikian Ha1 diterima dan Ho1 ditolak, berarti secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel promosi terhadap keputusan pembelian. Hasil uji simultan untuk keseluruhan variabel menunjukan nilai Fhitung sebesar 57,455 dengan tingkat signifikan 0,000 sedangkan Ftabel sebesar 3,09. Dengan demikian Fhitung 57,455 > Ftabel 3,09 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya hipotesis yang menyatakan variabel harga dan promosi secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Abdiguna, S., & Faroh, W. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT MOB Tangerang. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(4), 779-792.doi:http://dx.doi.org/10.32493/jism.v3i4.34441

Agus Dwi Cahya, R. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Roti Bakar 97). Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan, Vol 5 No 1.

Alfani, A. W. (2019). Pengaruh Brand Awareness, Harga< Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Teh Pucuk Harum Pada Mahasiswa/I Pelita Indonesia Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 7. No. 2, Juni, 238-249.

Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian handphone merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Managemen dan Keuangan Vol. 6 No. 1.

Anugrah Janwar Tunis dan Sopa Martina. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di The Secret Factory Outlet. Jurnal Fokus, Vol.III, Universitas BSI Bandung.

Ari Setyaningrum, J. U. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta:Andi

Armstrong, Kotler. 2015. Marketing an Introducing Prentice Hall Twelfth edition. England : Pearson Education, Inc

As'alul Magfiroh, Z. A. (2016). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Binis Tahun Angkatan 2013/2014 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Pembeli Indosat Ooredoo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 40 No.1.

Bate’e, M. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 2 No 2.

Brestilliani, L. (2020). Pengaruh Brand Awareness, Brand Ambassador, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Stesia). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 9, No 2, Februari.

Burhanudin Gesi, R. L. (2019). Manajemen Dan Eksekutif. Jurnal Manajemen. 3(2).

Calvin, J. (2021). Pengaruh Harga Dan Promosi Di Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Call Me Bro. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 6, Nomor 4.

Faroh, W., Hastono, H., & Irmal, I. (2023). Peningkatan Kualitas Perangkat Desa Dalam Meningkatkan Kualitas Umkm Dengan Digital Marketing di Desa Sukajadi Bogor. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(4), 375-378. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/article/view/37155

Faroh, W., Lestari, A., & Kustitik, K. (2023). Optimalisasi Penggunaan Internet Untuk Membuka Peluang Usaha Siswa Smk Sasmita Jaya 2. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat : Kreasi Mahasiswa Manajemen, 3(2), 113-117. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/article/view/30715

Fransisca Jovita Amelfdi, E. A. (2021). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image Dan Kualitas Produk Terdahap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Vol 5, No 6.

Japlani, A. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Pada Butik Di Kota Metro Lampung. Jurnal Manajemen Vol. 14 No. 2.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2016). Marketing Management. 14th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Management -15/E. Essex, England: Pearson Education.

Mandasari, Ratna. (2020). Pengaruh Entrepreneurship Motivation, Self Efficacy Dan Risk Tolerance Terhadap Intensi Mahasiswa Menjadi Entrepreneur (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen FEB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

Muhammad Abdul Kohar Septyadi, M. S. (2022). Literature Review Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga Dan Promosi. Jurnal Managemen dan Ilmu Pendidikan Sosial Volume 3, Issue 1.

Putri, J., & Faroh, W. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Aplikasi Shopee (Studi Kasus Toko Online Bobby Bakery). Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(3), 637-650. doi: http://dx.doi.org/10.32493/jism.v3i3.33322

Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Vol. 6 (2), Hal.78-83.

Rano Dwi Prakoso, A. R. (2015). Pengaruh Kesadaran Merek (Brand Awareness), Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Honda Vario. Jurnal Aplikasi Bisnis Vol. 1 No. 1.

Ronald Tumanggor Rahmat Hidayat SE., M. (2019). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pelanggan Indihome Di Kota Bandung 2018). e-Proceeding of Applied Science : Vol.5, No.1 April, Hal.56.

Setyaningrum, J. A. (2015). Prinsip - Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Sumarsid, A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi). Jurnal Ilmiah M-Progress Vol.12, No. 1.

Sunyoto, D. (2015). Strategi Pemasaran. Cetakan pertama. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.

Supriyani, R., & Faroh, W. (2023). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Xavier Marks Gading Serpong. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(4), 810-819. doi: http://dx.doi.org/10.32493/jism.v3i4.34776

Wibowo, N. E. (2017). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Yellow Truck Cabang Sunda Bandung Tahun 2017). e-Proceeding of Applied Science Vol.3, No.2, hal. 230.

Wiwin Wianti, W. S. (2019). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt Gramedia Asri Media Cabang Cinere Mall Depok. Jurnal STEI Ekonomi Vol. 28 No. 02, Desember.

Downloads

Published

2024-03-07

How to Cite

Erikha, R. A., & Faroh, W. N. (2024). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skincare Acne Series Ms Glow. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 4(1), 121–131. https://doi.org/10.32493/jism.v4i1.37869