Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Angkringan Khas Jogja Bu Tuti

Authors

  • Adisti Dwi Septiyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Ali Mubarok Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v4i2.42016

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada Angkringan Khas Jogja Bu Tuti. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel sebanyak 99 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi sebesar 42,0% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (8,378 > 1,985). Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi sebesar 19,0% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (-4,768 > 1,985). Kualitas produk dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y = 27,571 + 0,397X1 - 0,165X2. Nilai koefisien determinasi sebesar 51,3% sedangkan sisanya sebesar 48,7% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (50,543 > 2,700).

References

Abdullah, T. (2018). Tujuan Pemasaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Alma, B. (2020). Pengertian Keputusan Pembelian. Bandung: Alfabeta.

Anaroga. (2019). Pengantar Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri. (2018). Pengertian Bauran Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Azis, A., & Arif, F. (2023). Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen). Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(3), 285–292. https://doi.org/10.32493/jism.v4i1

Charles, W., F.Hair, J., & McDaniel, C. (2019). Konsep Inti Pemasaran. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Dr. Meiryani, S. A. (2021). Memahami Uji Multikolinearitas Dalam Model Regresi. Accounting binus.

Dwi Ningrum, N. H., & Maddinsyah, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tupperware Pada Distributor Ishwarya Parama Ciputat Timur Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(1), 31. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i1.9976

Ernawati. D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen, 7.

Fernando, M. F., & Aksari, N. M. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitary Ware Toto Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(1), 441. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v7.i01.p17

Garvin, D. A. (2018). Indikator Kualitas Produk. Yogyakarta: Free Press.

Gerung, C. J., Sepang, J., & Loindong, S. (2019). Pengaruh Kulitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail pada PT.WAHANA WIRAWAN MANADO. Jurnal EMBA, 5(2), 2221–2229. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/16521

Ghozali, Imam (2020) Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Ghozali, Imam, (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Ghozali. Imam, ( 2019). Aplikasi Analisis Multivariatete Dengan Program IBM SPSS 26 (Edisi 8) Cetakan Ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegor.

Harahap, S. S. (2019). Peranan Harga. Jakarta : Rajawali Pres.

Hasan. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Diva Press.

Hasibuan. (2021). Tujuan Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Hurriyanti. (2021). Bauran Pemasaran. Malang: Bayu Media Publishing.

Jasmani. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pemebelian pada PT. Baja Mandiri di Jakata. Jurnal Disrupsi Bisnis, 1(1), 113–134. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/DRB/article/view/1670/1383

Joshua, D., & Padmalia, M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Jurnal Entrepreneur Dan Entrepreneurship, 5(1), 27–32. https://doi.org/10.37715/jee.v5i1.384

Kotler dan Armstrong (2019) Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Kedua Belas”. Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller (2019) Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Macaman Jaya Cemerlang.

Laksana. (2019). Pengertian Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lupiyoadi. (2020). Unsur-Unsur Bauran Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat, Priansa.

Mardalena, S. &. (2020). Pengertian Manajemen. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Mcdonal, K. (2019). Tujuan Bauran Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Muangsal. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 5(2), 25–39. https://doi.org/10.38204/atrabis.v5i2.247

Muangsal. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 5(2), 25–39. https://doi.org/10.38204/atrabis.v5i2.247

Mustika Sari, R., & Prihartono. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi), 5(3), 1171–1184.

Nasution. (2019). Pengertian Kualitas Produk. Jakarta: Erlangga.

Nur, S. F. (2018). Pengertian Produk. Jakarta: Erangga.

Nurul Sheila Safitri, N. (2021). Pembelian Pada Distributor Teh Botol Sosro Wilayah Tangerang Selatan. Universitas Pamulang, 1.

Panjaitan. (2020). Tujuan Manajemen. Semarang: Mitra Cendekia.

Prawirosentono, S. (2022). Pengertian Kualitas Produk. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

PT. Sarana Tutorial Nurani. Hasibuan Melayu S.P., H. (2019). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara Raja Grafindo Persada. Siswanto, Bedjo (2021). Pengantar Manajemen. Jakarta:

Purba, L. (2017). Manajemen Pemasaran. Malang: Bayu Media Publishing.

Rama. (2020). pengaruh antara variasi produk, kualitas produk terhadap keputusan pembelian cafe ndalem simbah gondang nganjuk. unpkediri.

Salam. (2019). Tujuan Manajemen. Bandung: Mitra Utama.

Sarinah., Mardalena, (2020). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: CV Budi Utami

Sifatun, N. I. (2019). Pengertian Produk. Jurnal Manajemen Dewantara, 143-146.

Stanto, W. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Warnadi Aris.

Stoner. (2019). Tujuan Manajemen. Jakarta: PT.Prenhallindo.

Sudaryono. (2019). Fungsi Pemasaran. Yogyakarta: Deeplubish.

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bamdung : Alfabeta.

Tiara Ghassani, M., & Sri Suryoko, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Bandeng Juwana Vaccum Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pelanggan Pt. Bandeng Juwana Elrina Semarang). DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITICAL SCIENCE Tahun, 1–8. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/

Tjiptono, & Fandi. (2018). Pengertian Kualitas (Edisi 3). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, C. (2019). Pengertian Harga. Yogyakarta: Priansa.

Tjiptono. (2019). Tujuan Penetapan Harga. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono. (2020). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Andi.

Tjitono. (2019). Pengertian Dasar Keputusan Pembelian. Yogyakarta, Indonesia: ANDI.

Wibowo. (2019). Fungsi Pemasaran. Semarang: Randa Andi Wibowo (Edisi 1).

Yansah, & Defri. (2020). Pengertian Produk. Jakarta: Qiara Media.

Yuliana, I., Rofiq, Aunur, & Ummah, A. R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2450–2466. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.2338.

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Septiyani, A. D., & Mubarok, A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Angkringan Khas Jogja Bu Tuti. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 4(2), 353–364. https://doi.org/10.32493/jism.v4i2.42016