Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Angkringan Khas Jogja Bu Tuti
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v4i2.42016Keywords:
Kualitas Produk, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada Angkringan Khas Jogja Bu Tuti. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel sebanyak 99 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi sebesar 42,0% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (8,378 > 1,985). Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien determinasi sebesar 19,0% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (-4,768 > 1,985). Kualitas produk dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y = 27,571 + 0,397X1 - 0,165X2. Nilai koefisien determinasi sebesar 51,3% sedangkan sisanya sebesar 48,7% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (50,543 > 2,700).
References
Abdullah, T. (2018). Tujuan Pemasaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Alma, B. (2020). Pengertian Keputusan Pembelian. Bandung: Alfabeta.
Anaroga. (2019). Pengantar Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta.
Assauri. (2018). Pengertian Bauran Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Azis, A., & Arif, F. (2023). Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen). Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(3), 285–292. https://doi.org/10.32493/jism.v4i1
Charles, W., F.Hair, J., & McDaniel, C. (2019). Konsep Inti Pemasaran. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Dr. Meiryani, S. A. (2021). Memahami Uji Multikolinearitas Dalam Model Regresi. Accounting binus.
Dwi Ningrum, N. H., & Maddinsyah, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tupperware Pada Distributor Ishwarya Parama Ciputat Timur Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(1), 31. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i1.9976
Ernawati. D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen, 7.
Fernando, M. F., & Aksari, N. M. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitary Ware Toto Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(1), 441. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v7.i01.p17
Garvin, D. A. (2018). Indikator Kualitas Produk. Yogyakarta: Free Press.
Gerung, C. J., Sepang, J., & Loindong, S. (2019). Pengaruh Kulitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail pada PT.WAHANA WIRAWAN MANADO. Jurnal EMBA, 5(2), 2221–2229. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/16521
Ghozali, Imam (2020) Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Ghozali, Imam, (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Ghozali. Imam, ( 2019). Aplikasi Analisis Multivariatete Dengan Program IBM SPSS 26 (Edisi 8) Cetakan Ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegor.
Harahap, S. S. (2019). Peranan Harga. Jakarta : Rajawali Pres.
Hasan. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Diva Press.
Hasibuan. (2021). Tujuan Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Hurriyanti. (2021). Bauran Pemasaran. Malang: Bayu Media Publishing.
Jasmani. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pemebelian pada PT. Baja Mandiri di Jakata. Jurnal Disrupsi Bisnis, 1(1), 113–134. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/DRB/article/view/1670/1383
Joshua, D., & Padmalia, M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Jurnal Entrepreneur Dan Entrepreneurship, 5(1), 27–32. https://doi.org/10.37715/jee.v5i1.384
Kotler dan Armstrong (2019) Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Kedua Belas”. Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Keller (2019) Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Macaman Jaya Cemerlang.
Laksana. (2019). Pengertian Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lupiyoadi. (2020). Unsur-Unsur Bauran Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat, Priansa.
Mardalena, S. &. (2020). Pengertian Manajemen. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Mcdonal, K. (2019). Tujuan Bauran Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Muangsal. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 5(2), 25–39. https://doi.org/10.38204/atrabis.v5i2.247
Muangsal. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 5(2), 25–39. https://doi.org/10.38204/atrabis.v5i2.247
Mustika Sari, R., & Prihartono. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi), 5(3), 1171–1184.
Nasution. (2019). Pengertian Kualitas Produk. Jakarta: Erlangga.
Nur, S. F. (2018). Pengertian Produk. Jakarta: Erangga.
Nurul Sheila Safitri, N. (2021). Pembelian Pada Distributor Teh Botol Sosro Wilayah Tangerang Selatan. Universitas Pamulang, 1.
Panjaitan. (2020). Tujuan Manajemen. Semarang: Mitra Cendekia.
Prawirosentono, S. (2022). Pengertian Kualitas Produk. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
PT. Sarana Tutorial Nurani. Hasibuan Melayu S.P., H. (2019). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara Raja Grafindo Persada. Siswanto, Bedjo (2021). Pengantar Manajemen. Jakarta:
Purba, L. (2017). Manajemen Pemasaran. Malang: Bayu Media Publishing.
Rama. (2020). pengaruh antara variasi produk, kualitas produk terhadap keputusan pembelian cafe ndalem simbah gondang nganjuk. unpkediri.
Salam. (2019). Tujuan Manajemen. Bandung: Mitra Utama.
Sarinah., Mardalena, (2020). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: CV Budi Utami
Sifatun, N. I. (2019). Pengertian Produk. Jurnal Manajemen Dewantara, 143-146.
Stanto, W. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Warnadi Aris.
Stoner. (2019). Tujuan Manajemen. Jakarta: PT.Prenhallindo.
Sudaryono. (2019). Fungsi Pemasaran. Yogyakarta: Deeplubish.
Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bamdung : Alfabeta.
Tiara Ghassani, M., & Sri Suryoko, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Bandeng Juwana Vaccum Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pelanggan Pt. Bandeng Juwana Elrina Semarang). DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITICAL SCIENCE Tahun, 1–8. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/
Tjiptono, & Fandi. (2018). Pengertian Kualitas (Edisi 3). Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono, C. (2019). Pengertian Harga. Yogyakarta: Priansa.
Tjiptono. (2019). Tujuan Penetapan Harga. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono. (2020). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Andi.
Tjitono. (2019). Pengertian Dasar Keputusan Pembelian. Yogyakarta, Indonesia: ANDI.
Wibowo. (2019). Fungsi Pemasaran. Semarang: Randa Andi Wibowo (Edisi 1).
Yansah, & Defri. (2020). Pengertian Produk. Jakarta: Qiara Media.
Yuliana, I., Rofiq, Aunur, & Ummah, A. R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2450–2466. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i6.2338.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adisti Dwi Septiyani, Ali Mubarok
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).