Analisis Budaya Menabung pada Anak Usia Dini Puri Serpong Kelurahan Setu Kecamatan Setu Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v4i2.42221Keywords:
Budaya, Menabung, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapaman budaya menabung pada anak usia dini. Metode penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif melalui teknik pengambilan data observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik analisis data menggunakan trianggulasi metode dan sumber. Hasil penelitian 1) Pentingnya megajarkan menabung pada anak usia dini dengan memberikan pemahaman: a. Persepsi kebutuhan masa depan, b. Keputusan menabung, c. Tindakan Penghematan, 2) Budayakan menabung sejak anak usia dini. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan pemahaman menabung sejak usia dini yang menjadi tanggung jawab orang tua dalam memberikan pendidikan keuangan.
References
Beverly, S. & Clancy, M. 2001. Financial Education in a Children and Youth Saving Account Policy Demonstration: Issues and Options. Research Background Paper 01 -5
Koentjaraningrat. (1982). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta : Aksara Baru.
Lail, J., & Maulana, A. (2015). Program sentono menabung, Jurnal Inovasi dan Keuangan, 4 (1), 54-57
Murtani, A. 2019. Sosialisasi Gerakan Menabung. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2019 Sindimas, Volume 1, Nomor 1, Halaman 279–283.
Pulungan, D. R., Khairani, L., Arda, M., Koto, M., & Kurnia, E. (2019). Memotivasi Anak Usia Dini Menabung Demi Masa Depan.
Rapih S., (2016) Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak : Mengapa dan Bagaimana? Scholaria, 6(2) , 14 – 28
Sri Mardiana, Yenny Merinatul Hasanah, Prasetyo Kurniawan. (2023) . MANAJEMEN KEUANGAN KELUARGA DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal ARASTIRMA Universitas Pamulang Vol. 3, No. 2 Agustus 2023: 404 - 409
Sugiyono. (2018). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Syatriadi, Tommy. (2013). Pengertian Menabung. http://tommysyatriadi.blogspot.co.id/2013/04/pengertian-menabung.html
Thung, Chai Ming, et.al. (2012). Determinants of Saving Behavior Among The University Students in Malaysia. A Research Project Submitted in Partial Fulfillment of the Requirement for The Degree of Bachelor of Commerce (Hons) Accounting, Faculty of Business and Finance, Journal in Department of Commerce and Accounting, University Tungku Abdul Rahman. 1-109.
Wirawan. (2012). Evaluasi: Teori, model, standar, aplikasi, dan profesi contoh aplikasi evaluasi program pengembangan sumber daya manusia, program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) mandiri perdesaan, kurikulum, perpustakaan, dan buku teks. Depok: Rajagrafindo Persada.
Yuwono, W. (2021). Konseptualisasi Peran Strategis dalam Pendidikan Literasi Keuangan Anak Melalui Pendekatan Systematic Review, Obsesi, volume 2, issue 2. 1419-1429
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Mardiana, Yenny Merinatul Hasanah, Noryani Noryani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).