Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Andalas Jaya Motor Cibodas Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v5i1.42755Keywords:
Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan PelangganAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan, baik secara parsial ataupun secara simultan pada bengkel Andalas Jaya Motor Cibodas Kota Tangerang. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasinya adalah 6.480 pelanggan, pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan tingkat batas kesalahan 10%, sehingga didapatkan sampel sebanyak 98 orang pelanggan. Analisis data mencakup uji hipotesis parsial dan simultan (uji t dan uji f). Hasil uji t variabel Kualitas Pelayanan (X1) diperoleh t-hitung 8,427 > t-tabel 1,985, dan nilai Sig 0,000 < 0,050, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini menyatakan bahwa Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Lalu Variabel Harga (X2) diperoleh t-hitung 9,778 > t-tabel 1,985, dan nilai Sig 0,000 < 0,050, maka H2 diterima dan H0 ditolak. Hal ini menyatakan bahwa Harga (X2) berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Selanjutnya uji f variabel Kepuasan Pelanggan (Y) diperoleh nilai f-hitung 75,688 > f-tabel 2,700, dan nilai Sig 0,000 < 0,050, maka H3 diterima dan H0 ditolak. Hal ini menyatakan bahwa Kualitas Pelayanan (X1), dan Harga (X2) berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y).
References
Aditama, R. A. (2020). Pengantar Manajemen: Teori dan Aplikasi. Malang: AE Publishing.
Algifari. (2016). Mengukur Kualitas Layanan. Yogyakarta: BPFE
Alvianna, S., Husnita, I., et al. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Panderman Coffeee Shop di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal of Management and Business Review, Vol 18, No 02.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, M., Amanda, A. (2020). Pengantar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Boimau, H., & Bessie, J. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online (Studi Pada Grab Bike Kota Kupang). Jurnal of Management (SMES), Vol 14, No 02.
Chastrena, U., & Sulistiyowati, N. L. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel BNU Modifikasi Di Wonoasri. Jurnal SIMBA, Vol 04, No 01.
Fakhrudin, A., Roellyanti, M. V., et al. (2022). Bauran Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish Publisher CV Budi Utama.
Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Haryoko, B., Septiani, F., et al. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Starbucks Coffee Plaza Kampung Kemang. Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol 03, No 02.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Istijanto. (2016). Membedah Strategi dan Taktik Pemasaran Terkini. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Kosasih, N. (2022). Pengantar Manajemen. Batang Hari: CV Guepedia.
Pangeran, M. R. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Telkom Regional VII kawasan Timur Indonesia (KTI) Makassar. Jurnal Mirai Manajemen, Vol 08, No 02.
Rahman, A., & Winarno, S. H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada CV. Jaya Motor Bekasi. Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol 03, No 01.
Rizal, A. (2020). Manajemen Pemasaran Di Era Masyarakat Industri 4.0. Yogyakarta: Deepublish Publisher CV Budi Utama.
Satriadi, Wanawir, et al. (2021). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Samudera Biru.
Setiawan, B. P., & Frianto, A. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Perusahaan Jasa Ekspedisi Krian). Jurnal of Business and Innovation Management, Vol 03, No 03.
Siswanto, B. (2021). Pengantar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Solikha, S., & Suprapta, I. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada PT. Go-Jek). Jurnal Ekobis, Vol 10, No 01.
Sudjana. (2017). Metode Statistika. Bandung: PT Taristo.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sumarsid, & Paryanti, B. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada GrabFood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi). Jurnal Ilmiah M-Progress, Vol 12, No 01.
Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa Edisi Terbaru. Yogyakarta: Penerbit Andi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Riyan Mahardika, Syafieq Fahlevi Almassawa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0)
yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).