Pengaruh Disiplin Kerja dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Godong Ijo Asri Depok Jawa Barat

Authors

  • Nopi Oktavianti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Yeni Liana Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Nariah Nariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v4i2.43314

Keywords:

Disiplin Kerja, Budaya Organisasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Disiplin Kerja dan Budaya Organisasi secara simultan terhadap Kinerja Karyawan pada Pt Godong Ijo Asri Depok. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah 50 karyawan/orang, dan teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh dengan sampel sebanyak 50 responden. Hasil penelitian ini adalah Disiplin Kerja (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan (Y) yang ditunjukan oleh hasil uji hipotensis secara simultan dimana nilai thitung > ttabel atau 13,287 > 2,012, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Budaya Organisasi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan (Y) yang ditunjukan oleh hasil hipotensis secara simultan dimana thitung > ttabel atau 12,490 > 2,012, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Budaya Organisasi terhadap Kineja Karyawan. Disiplin Kerja (X1) dan Budaya Organisasi (X2) berpengaruh secara simultan terhadap Kinerja Karyawan (Y) yang ditunjukan oleh hasil uji hipotensis dimana Fhitung > Ftabel atau 119,434 > 3,191, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh positif san signifikan secra simultan antara Disiplin Kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan.

References

A. Ikhsan (2016) Analisis Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kepuasan kerja Terhadap Kinerja Karyawan Non Dosen Universitas Mercu Buana Jakarta.

Bintoro, D. (2017). Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Gava Media

E. Prasetyo, P. Marlina (2019) Pengaruh Displin Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. “jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen”.

Ghozali, & Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.Yogyakarta: Penerbit Grava Media.

Ghozali, Imam. "Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25." (2018).

Girsang, Lismayanti, Zulkarnain Zulkarnain, and Isnaniah Isnaniah. "Pengaruh Pelatihan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Lintas Aman Andalas Medan." Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (Jimbi) 2.1 (2021): 1-8.

Hartono, “Metodelogi Penelitian Sistem Informasi”. Yogyakarta: CV Andi Ofiset. Yogyakarta (2015).

Heidjrachman dan Husnan. (2012). Manajemen Personalia”. Yogyakarta: BPFE

I. Giantari, I. Riana (2017) Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Karyawan Klumpu Bali Resort Sanur. “Jurnal Manajemen Universitas Udayana”.

Muhamad Setiawan, .(2019) Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Bank Mandiri Cabang Unika Atmajaya – Semanggi Jakarta Selatan.

Oktavianti, N. U. Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Kerja Karyawan PT. DEW Indonesia.

P. Pratiwi, V. Lengkong, C. Mintrdjo (2017) Pengaruh Orientsi Kerja, dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (studi pada TP. PLN Persero Wilayah Suluttenggo Area Manado()

Paeno, P. (2018). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Agra Energi Indonesia. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 1(3).

Prof. Dr. Sugiyono (2017). Metedologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

R. Ardi, N. Sukmasari (2016) Pengaruh Displin Kerja, dan Promosi Jabatan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rembang.

S.P, Hasibuan, Melayu. (2013) .Manajemen Sumber Daya Manusia.

Sarinah, S., & Mardalena, M. (2017). Pengantar manajemen

Singgih Santoso, “SPSS Statistik Parametik”. Cetakan Kedua, PT. Elek Media (2015)

Siregar, Sofian. (2014) Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan perbandiangan manual dan SPSS. Jakarta: Kencana.

Sondong P. Siagian “Sistem Informasi Manajemen”. Bumi Aksara Jakarta (2016).

Sulaksono, J. (2018). Budaya Organisasi dan Kinerja. Deepublish

Sumaki, Windy. "Pengaruh Disiplin Kerja, Budaya Organisasi, dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. PLN (Persero) wilayah suluttenggo area Manado." Jurnal berkala ilmiah efisiensi 15, no. 5 (2015).

Wahyu Hidayat, .(2019) Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Bisnis Dan Pariwisata. Masters thesis.

Wales, Gabriela V., Silvya L. Mandey, and Rudy S. Wenas. "Pengaruh Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Manado." Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 5.3 (2018).

Widiati, Emilia. "Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Kesehatan pada Rumah Sakit Panti Secanti Gisting." Jurnal Magister Manajemen 1, no. 1 (2012): 108-142.

Downloads

Published

2024-08-24

How to Cite

Oktavianti, N., Sari, Y. L., & Nariah, N. (2024). Pengaruh Disiplin Kerja dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Godong Ijo Asri Depok Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 4(2), 482–490. https://doi.org/10.32493/jism.v4i2.43314