Pengaruh Variasi Produk dan Promosi terhadap Volume Penjualan pada Paket Skincare Toko Indah Store di Sukabumi

Authors

  • Arif Saputra Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Hastono Hastono Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jism.v4i3.43336

Keywords:

Variasi Produk, Promosi, Volume Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi produk dan promosi terhadap volume penjualan pada paket skincare di Toko Indah Store di Sukabumi. Metode analisis yang digunakan adalah kuantitatif dan metode yang digunakan yaitu uji regresi linier berganda, uji t, dan uji f, dengan menggunakan sampling Rao Purba hingga diperoleh sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang dipilih secara acak. Hasil analisis menunjukkan bahwa promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan dengan koefisien regresi promosi sebesar 0.267 dengan koefisien determinasi sebesar 60.4%, sedangkan koefisien regresi variasi produk sebesar 0.142 dengan koefisien determinasi sebesar 27.3%. Variasi Produk dan Promosi terhadap Volume Penjualan mempunyai persamaan regresi linier berganda Y=-1.754+0.012X1+0.257X2. Uji hipotesis diperoleh F hitung lebih besar dari F tabel (74.466>3.09). Dengan begitu ada pengaruh positif yang signifikan secara simultan antara variabel Variasi Produk dan Promosi terhadap Volume Penjualan.

References

Amalia, A. H. (2017). Pengaruh Harga Dan Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Emas (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Fauziah, N. A., & Zed, E. Z. (2024). Pengaruh Iklan, Promosi Dan Review Produk Lipcream Makeover Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(2), 7966-7979.

Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan pelanggan. Surabaya: unitomo press.

Jumarodin, J. (2019). Pengaruh Variasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Bedukmutu di UMY. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 102-119.

Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., & Lestariningsih, N. D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian tindakan kelas dalam pendidikan olahraga. Insight Mediatama.

Nababan, A. F., & Simanungkalit, F. (2021). PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PADA KONSUMEN SHOPEE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PERBANKAN DAN KEUANGAN POLITEKNIK NEGERI MEDAN). Prosiding Konferensi Nasional Social & Engineering Polmed (KONSEP), 2(1), 377-388.

Nurhalim, A. D. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza di Kota Tangerang. Jambura Economic Education Journal, 5(1), 51-59.

Saragih, N., & Perangin-angin, N. R. (2022). PENGARUH BAURAN PROMOSI DAN CITRA MEREK TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PRODUK PARFUM DYLAN RICH MEDAN. KUKIMA: Kumpulan Karya Ilmiah Manajemen, 108-119.

Swastha, B., & T.Hani Handoko.(2015). Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.Yogyakarta

Wahyudi, A. N., Isabella, A. A., & Hairudin, H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Pada CV. Citra Abadi (CA) Bandar Lampung. Journal of Society Bridge, 1(3), 40-51.

Yanto, R. T. Y., & Putri, S. R. (2022). Pengaruh Personal Selling Terhadap Volume Penjualan Di Pt Astra International Tbk-Tso Auto2000 Cabang Pasteur Bandung. Pro Mark, 12(2).

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Saputra, A., & Hastono, H. (2024). Pengaruh Variasi Produk dan Promosi terhadap Volume Penjualan pada Paket Skincare Toko Indah Store di Sukabumi. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 4(3), 510–518. https://doi.org/10.32493/jism.v4i3.43336