Pengaruh Variasi Produk dan Promosi terhadap Volume Penjualan pada Paket Skincare Toko Indah Store di Sukabumi
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v4i3.43336Keywords:
Variasi Produk, Promosi, Volume PenjualanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi produk dan promosi terhadap volume penjualan pada paket skincare di Toko Indah Store di Sukabumi. Metode analisis yang digunakan adalah kuantitatif dan metode yang digunakan yaitu uji regresi linier berganda, uji t, dan uji f, dengan menggunakan sampling Rao Purba hingga diperoleh sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang dipilih secara acak. Hasil analisis menunjukkan bahwa promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan dengan koefisien regresi promosi sebesar 0.267 dengan koefisien determinasi sebesar 60.4%, sedangkan koefisien regresi variasi produk sebesar 0.142 dengan koefisien determinasi sebesar 27.3%. Variasi Produk dan Promosi terhadap Volume Penjualan mempunyai persamaan regresi linier berganda Y=-1.754+0.012X1+0.257X2. Uji hipotesis diperoleh F hitung lebih besar dari F tabel (74.466>3.09). Dengan begitu ada pengaruh positif yang signifikan secara simultan antara variabel Variasi Produk dan Promosi terhadap Volume Penjualan.
References
Amalia, A. H. (2017). Pengaruh Harga Dan Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Emas (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Fauziah, N. A., & Zed, E. Z. (2024). Pengaruh Iklan, Promosi Dan Review Produk Lipcream Makeover Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(2), 7966-7979.
Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan pelanggan. Surabaya: unitomo press.
Jumarodin, J. (2019). Pengaruh Variasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Bedukmutu di UMY. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 102-119.
Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., & Lestariningsih, N. D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian tindakan kelas dalam pendidikan olahraga. Insight Mediatama.
Nababan, A. F., & Simanungkalit, F. (2021). PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PADA KONSUMEN SHOPEE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PERBANKAN DAN KEUANGAN POLITEKNIK NEGERI MEDAN). Prosiding Konferensi Nasional Social & Engineering Polmed (KONSEP), 2(1), 377-388.
Nurhalim, A. D. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza di Kota Tangerang. Jambura Economic Education Journal, 5(1), 51-59.
Saragih, N., & Perangin-angin, N. R. (2022). PENGARUH BAURAN PROMOSI DAN CITRA MEREK TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PRODUK PARFUM DYLAN RICH MEDAN. KUKIMA: Kumpulan Karya Ilmiah Manajemen, 108-119.
Swastha, B., & T.Hani Handoko.(2015). Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.Yogyakarta
Wahyudi, A. N., Isabella, A. A., & Hairudin, H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Pada CV. Citra Abadi (CA) Bandar Lampung. Journal of Society Bridge, 1(3), 40-51.
Yanto, R. T. Y., & Putri, S. R. (2022). Pengaruh Personal Selling Terhadap Volume Penjualan Di Pt Astra International Tbk-Tso Auto2000 Cabang Pasteur Bandung. Pro Mark, 12(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arif Saputra, Hastono Hastono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).