Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Mcdonald Ceger Pondok Aren
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v5i1.47825Keywords:
Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada Mcdonald Ceger Pondok Aren baik secara parsial maupun secara simultan. Metodologi penelitian yang digunakan menggunakan metode Asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Mcdonald Ceger Pondok Aren, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Metode analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana, regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t parsial dan uji F simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Mcdonald Ceger Pondok Aren, hal tersebut dapat dibuktikan dari persamaan regresi linier sederhana Y=-0,092+0.779X. Nilai korelasi sebesar 0,859 (sangat kuat). Nilai koefisien determinasi RSquare sebesar 73,9%. Nilai thitung 16.645 > ttabel 1,984 dengan signifikan 0,001 < 0,05. Terdapat pengaruh positif dan signifikan harga terhadap Kepuasan Konsumen Mcdonald Ceger Pondok Aren, hal tersebut dapat dibuktikan dari persamaan regresi linier sederhana Y=3.858+0,812X2. Nilai korelasi sebesar 0,783 (hubungan kuat). Nilai koefisien determinasi RSquare sebesar 61,3%. Nilai thitung 12.452 > ttabel 1,984 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan dan harga secara simultan terhadap Kepuasan Konsumen Mcdonald Ceger Pondok Aren, hal tersebut dapat dibuktikan dari persamaan regresi linier berganda Y=-1.736+0,572X1+0,308X2. Nilai korelasi sebesar 0,880 (hubungan sangat kuat). Nilai koefisien determinasi R Square sebesar 22,5%. Nilai Fhitung 166.704 > Ftabel 3,94 dengan tingkat siginifikan 0,001 < 0,05.
References
Afthanorhan, A., Awang, Z., Rashid, N., Foziah, H., & Ghazali, P, L. (2019). Assessing The Effects of Service Quality on Customer Satisfaction. Vol. 9, 13-34.
Agustine, D. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Multilindo Utama Batam. Jurnal Equilibiria. Volume. 3 No. 2.
Anggraeni, J., Paramita, P. D., & Warso, M. M. (2016). Pengaruh keanekaragaman produk, kualitas pelayanan dan store atmosphere terhadap dap impulse buying di butik cassanova Semarang. Journal of Management, 2(2).
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86-94.
Aria, M., & Atik, I., L. (2018). Tata Kelola dan Administrasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi PT. BAM. Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan.
Arianii, S., Firdaus, M. R., & Hairudinor. (2019). Analysis of the Influence of Service Quality , Price , Trust and Corporate Image on Satisfaction and Customer Loyalty in Pt . Pos Indonesia Banjarmasin. European Journal of Management and Marketing Studies, 4(2), 46–61.
Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif. 1(2): 123-134.
Arianto, N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Alfamart Roda Hias Serpong. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(1). https://doi.org/10.32493/JEE.v2i1.3512
Avianty, V. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Cafe Stove Syndicale Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Vol. 8 No. 2.
Catherine, & Mukti, A. H. (2022). The Influence of Price, Quality of Service, Advancement and Customer Satisfaction on Customer Loyalty. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 7(3), 726–731.
Efnita, T. (2017). Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Wedding Organizer. Jurnal AdBispreneur. 2(2). Hal. 107-115.
Eka, N., & Sutedjo, B. (2023). Analisis Variasi Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan dan dampaknya pada Loyalitas Pelanggan (Studi pada Kopi Kenangan di Kota Semarang). Jurnal Mirai Management. 8(2). Pages 408 – 418.
Fadilah, Z. (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Toko Online Lazada (Studi kasus pada pelanggan Lazada di Perkantoran The Plaza Office Tower Jakarta). Skripsi. Universitas Darma Persada.
Hanaysha, J. (2016). Testing the Effects of Food Quality, Price Fairness, and Physical Environment on Customer Satisfaction in Fast Food Restaurant Industry. Journal of Asian Business Strategy, 6(2), 31–40.
Hartanto, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Lingkungan Fisik Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi di De Mandailing Cafe Surabaya. Agora, 7(1).
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Kencana, P., & Kasdiyo, K. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Jasa Service Di Dealer Honda Wahana Ciputat. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 26-37. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.106
Muhlidin, M., Rowiyani, R, & Muslikhun, A. (2023). Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Ramai Semarang. Jurnal Akuntan Publik, 1(1), 130–141.
Murni, R.A., & Widodo, D.E. (2022). Pengaruh Variasi Produk, Harga, Dan Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada Mini Market Taqwa Mulia. Jurnal Manajemen Diversifikasi. 2(3).
Rahayu, S., & Syafe’I, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah 5(2).
Rahmadani, F., Suardana, I. M., & Samudra, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Ud. Eva Group Mataram. Valid: Jurnal Ilmiah, 16(1), 123–135.
Rismayanti, E. (2021). Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Produk terhadap Kepuasan Konsumen Berbelanja di Upmart Universitas PGRI Semarang. Jurnal Spirit Edukasia. Special Edition, pp. 19-23.
Saputra B. R., & Alvi, P. A. (2017), Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Riau Kepri Cabang Siak, TEPAK. 7(2). Hal 285-293
Septiana, A., Dawam, A., & Tarman, M. (2023). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen dengan Variabel Intervening Kepuasan Konsumen di Pizza Hut Kota Pamekasan.
Sitinjak, I. (2018). Pengaruh Kewajaran Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas pelanggan yang Dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan Jasa Ojek Online (Go-Ride) PT. Gojek Indonesia (studi Empiris pada Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan). Jurnal Ilmiah Simantek, 50-63.
Solihin, D., & Ahyani, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Implikasinya pada Loyalitas Pelanggan. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(4), 431–445.
Sukmawati, R. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Garden Cafe Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta
Suyitna. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Cv Langgeng Jaya. Skripsi. Universitas Kristen Petra Surabaya
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2018) Pemasaran Strategik: Domain, Determinan, Dinamika (Edisi 4) Penerbit Andi Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dicky Rachmandani, Ahyani Ahyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0)
yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).