Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Kawasan Wisata Cicalengka Dreamland Kabupaten Bandung Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.32493/jism.v5i1.47844Keywords:
Lokasi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan KonsumenAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lokasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada kawasan wisata Cicalengka Dreamland Bandung Jawa Barat. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif, dengan metode pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 18.053 konsumen dan sampel dengan menggunakan rumus slovin berjumlah 99 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lokasi (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y). Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara lokasi terhadap kepuasan konsumen. Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lokasi dan kualitas pelayanan secara bersama-sama atau simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.
References
Abdullah, T., & Tantri, F. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Aditia, A. R., Wadud, M., & DP, M. K. (2020). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen sepeda motor NMAX pada PT Yamaha A. Rivai Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 1(1).
Algifari. (2017). Analisis regresi untuk bisnis dan ekonomi (Edisi pertama). Yogyakarta: BPFE.
Andrew, F., & Sikula, L. (2019). Manajemen sumber daya manusia dalam bisnis modern. Bandung: Mandarmaju.
Aria, M., & Atik, L. I. (2018). Tata kelola administrasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi di PT BAM Kabupaten Tegal. Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Meda (Juripol), 1(1).
Ariandi, M. Z. (2018). Pengaruh lokasi dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada restoran Garuda Medan.
Arianto, N. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pengunjung dalam menggunakan jasa hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(2).
Ariza, R. A., & Aslami, N. (2021). Analisis strategi pemasaran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pada era digital di Kota Medan. Visa: Journal of Visions and Ideas, 1(2).
Assauri, S. (2018). Manajemen pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Awang, M. Y., Peny, T. L., Maruli, E., & Anigomang, F. R. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada rumah makan Wong Jowo Kalabahi di Kabupaten Alor. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(23), 767–778.
Barata, A. A. (2003). Dasar-dasar pelayanan prima. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Barus, Y. Y., Sinaga, R. V., & Sagala, R. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen (Studi Kasus pada Milala Service Station Medan). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 20(1).
Chelviana, K., Made, A., & Iyus, A. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan lokasi toko modern di Kecamatan Bulelen. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(2).
Firmansyah, A. (2018). Perencanaan manajemen (Edisi Ke-1). Yogyakarta: Deepublish.
Ghozali, I. (2017). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2021). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 26 (Edisi 10). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hanggita, A. T. (2018). Analisis faktor pemilihan lokasi usaha jasa pada UMKM di Kecamatan Paciran. Jurnal Manajemen Bisnis, 8(2).
Haryoko, U. B. (2020). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Firman Dekorasi (Wedding Organizer). Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1).
Hasibuan, M. S. P. (2017). Manajemen: Dasar, pengertian, dan masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Hestanto. (2023, Februari 12). Pengertian pariwisata menurut para ahli. Diambil September 2024, dari https://www.hestanto.web.id/pengertian-pariwisata-menurut-para-ahli/
Hidayati, T., Handayani, I., & Ikasari, I. H. (2019). Statistika dasar panduan bagi dosen dan mahasiswa. Purwokerto: CV. Pena Persada.
Imron, I. (2019). Analisa pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen menggunakan metode kuantitatif pada CV. Meubele Berkah Tangerang. IJSE (Indonesian Journal on Software Engineering), 5(1).
Indrasari, Y. (2019). Analisis kepuasan pelanggan terhadap pelayanan jasa pengiriman barang PT. Pos Indonesia Cabang Malang. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 11(1).
Jaya, M. L. M. (2021). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Yogyakarta: Quadrant.
Jumrotul, L. E. (2018). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(1).
Kasmir. (2017). Customer service excellent. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Kotler, P. (2017). Manajemen pemasaran (Edisi ke-13). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Manajemen pemasaran (Edisi 1). Jakarta: Erlangga.
Lie, D., Butarbutar, M., Simatupang, S., Efendi, Damanik, H. A., & Silaen, M. F. (2021). Pengaruh lokasi terhadap kepuasan konsumen pada kedai kopi Baravi Pematangsiantar. Strategic: Journal of Management Sciences, 1(2).
Majid, A., V, A. F., Oktavianti, A. E., Rista, M. A., & Santika, D. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen (Studi kasus pada Rocket Chicken Cabang Lamongan). Journal of Economic, Management, and Business Research (JEMBER), 2(1).
Mamonto, F. W., Tumbuan, W. J. F. A., & Rogi, M. H. (2021). Analisis faktor-faktor bauran pemasaran (4P) terhadap keputusan pembelian pada rumah makan Podomoro Poigar di era normal baru. Jurnal EMBA, 9(2).
Ningtiyas, T. S. (2019). Pengaruh persepsi harga, lokasi, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada jasa pengiriman barang. IQTISHADequity Jurnal Manajemen, 2(1).
Persari, D., & Dkk. (2018). Implementasi strategi pengembangan kepariwisataan. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 15(1).
Pio, J., Mamuaya, N. Ch., & Angmalisang, S. (2022). Pengaruh lokasi, kualitas pelayanan, dan persepsi harga terhadap kepuasan konsumen Kedai Kopi Janji Jiwa Jilid 667 Tomohon. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(3).
Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan media video call dalam teknologi komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1(2).
Purwanti, A., & Wahdiniwaty, R. (2017). Analisis kualitas pelayanan, kepercayaan, dan kewajaran harga pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan pada Cinderella School of English for Children di Bandung. JIMM Unikom, 3.
Ramdan, T., & Sufyani, M. A. (2019). Manajemen. Depok: Rajawali Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ucy Damayanti, Kris Dipayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta
Kesepakatan tentang Lisensi dan Hak Cipta
Dalam mengirimkan naskah ke SWARA Manajemen, penulis menyatakan bahwa:
Mereka telah diberi wewenang oleh rekan penulisnya untuk mengambil bagian dalam pengaturan ini.
Karya yang dideskripsikan sebelumnya belum pernah dipublikasikan secara resmi, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian kuliah, resensi, tesis, atau jurnal overlay yang diterbitkan.
Bahwa karya tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain,
Bahwa publikasinya telah disetujui oleh semua penulis dan oleh otoritas yang berwenang – secara implisit atau eksplisit – yakni dari lembaga tempat karya tersebut dikerjakan.
Mereka menjamin adanya hak untuk mereproduksi materi yang telah diterbitkan atau dilindungi hak cipta di tempat lain.
Mereka menyetujui lisensi dan perjanjian hak cipta ini.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0)
yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).