Motivasi Belajar Berwirausaha Dalam Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Peluang Bisnis Dan Mengembangkan Jiwa Berwirausaha Pada Siswa SMK/MA Pondok Pesantren Al-Manar Cibeuteung Udik, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor

Authors

  • Jamaludin Jamaludin Universitas Pamulang
  • Nurmin Arianto Universitas Pamulang
  • Thamrin Thamrin Universitas Pamulang
  • Masran Mustakim Universitas Pamulang
  • Nahoras Bona Simarmata Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jlkklkk.v3i1.p8-14.19309

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk mengetahui cara memotivasi ahasiswa untuk belajar, untuk mengetahui cara berwirausaha, untuk mengetahui cara memanfaatkan media sosial sebagai peluang bisnis, dan untuk mengetahui cara menumbukan jiwa berwirausaha pada siswa SMK/MA Pondok Pesantren Al-Manar Cibeteung Udik, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam PKM ini 1). Metode Ceramah/Presentasi Metode ceramah/presentasi dipilih untuk memberikan penjelasan tentang : a. Memberikan pengetahuan terkait dengan upaya menumbuhkan minat berwirausaha. b. Presentasi mengenai faktor yang mendukung upaya menumbuhkan minat berwirausaha diharapkan mereka bisa mengaplikasikan kedalam kegiatannya dalam bewirausaha; 2). Metode Tanya Jawab, Metode Tanya jawab sangat penting bagi para peserta pelatihan. Metode ini memungkinkan para siswa/i menggali pengetahuan sebanyak- banyaknya tentang menumbuhkan minat berwirausaha, faktor yang mendukung upaya menumbuhkan minat berwirausaha; 3. Sharing Session Tentang Menumbuhkembangkan Jiwa Kewirausahaan.Metode pelaksanaan PKM ini adalah dengan cara: Dalam melaksanakan kegiatan PKM ini digunakan beberapa metode yaitu: 1. Metode Ceramah / Presentasi, 2. Metode Tanya Jawab. Metode Tanya jawab sangat penting bagi para peserta. 3. Sharing Session. Hasil dari PKM ini nantinya akan dievaluasi berdasarkan taraf penyelesaian materi pelatihan, dan selanjutnya tim kegiatan PKM akan melakukan evaluasi tersebut dengan mengamati dan memeriksa metode pelaksanaan yang sudah dirancang dan yang telah diberikan kepada Siswa Al-Manar

Keywords: Motivasi, Wirausaha, Media Sosial

References

Endang Mulyani, dkk. (2008). “Kajian Model Bisnis Center di SMK dalam Mendukung Pengembangan Entrepreneur Muda Indonesiaâ€.

DPSMK DIKTI. Nurmin A, dkk. 2018. “Pelatihan Manajemen

Pengembangan Diri Warga Belajar Pkbm Bimasdaâ€. Jurnal Dharma

Laksana. http://openjournal.unpam.ac.id/index. php/jpdl/article/view/1687.Nurmin Arianto, dkk. 2021.

“Menumbuhkan Semangat Pengusaha Muda Siswa Smk Muhammadiyah Parungâ€.

Jurnal Padma. http://openjournal.unpam.ac.id/index.

php/JPDM/article/view/9903.

Pasaribu, V. L. D., Agrasadya, A., Shabrina, N., & Krisnaldy, K. (2020). Menjadi Enterpreneur Muda Yang Memiliki Jiwa Leadership Untuk Menghadapi Masa Depan. Abdi Laksana: Jurnal

Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Pasaribu, V. L. D., Susanti, F., & Hartuti, E. T. K. (2019). Memotivasi Siswa dan Siswi SMK Letris Indonesia di Dalam Menentukan Pilihan Untuk Melanjutkan Pendidikan Atau Bekerja Setelah Lulus Sekolah. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 161-172.

Downloads

Published

2022-06-21

Issue

Section

Articles