Umkm Mahir Menghitung Biaya Produksi Dan Strategi Labeling Packging Guna Meningkatkan Pendapatan Kelompok Umkm Pamulang Estate
DOI:
https://doi.org/10.32493/jlkklkk.v3i2.p67-72.23064Abstract
Para pelaku UMKM ScaleUp harus benar-benar bersaing tidak hanya dari segi pemasaran dalam
hal ini adalah labelling atau packaging, tetapi juga kesiapan pengelolaan keuangannya, tujuannya
agar para pelaku UMKM Pamulang Estate dapat melakukan perkembangan usaha dengan tepat
sesuai dengan sasaran dan juga memperhatikan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor
69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan, keterangan yang tercantum pada label
sekurangkurangnya memuat; Nama produk, Daftar bahan yang digunakan, Berat bersih atau isi
bersih, Nama dan alamat pihak yang memproduksi atau memasukkan pangan ke dalam wilayah
Indonesia; Tanggal, bulan, dan tahun kadaluwarsa. Lemahnya kesadaran akan pentingnya
disiplin pembukuan atau pengelolaan keuangan masih menjadi hal yang serius di lingkungan para
pelaku UMKM Tangerang Selatan. Kegiatan tim pengabdian masyarakat dilakukan secara
terukur dan proses monitoring dan evaluasi dari kegiatan ini dapat mengukur ketercapaian target
dan luaran yang menjadikan pelaku UMKM yang disiplin melakukan pencatatan keuangan
sederhana, mebuat biaya produksi untuk setiap varian produk yang dijual dan memperhatikan
labelling sebagai dasar informasi untuk konsumen yang akan membeli produk mereka sehingga
terciptanya wirausaha yang tangguh dan mampu mengikuti perkembangan teknologi untuk
menopang kemajuan usahanya yang akan dipublikaskan dalam jurnal pengabdian masyarakat.
Kata Kunci : UMKM, Biaya Produksi, Labelling
References
Angipora, Marinus, 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Irrubai, Mohammad Liwa. 2015, Strategi Labeling, Packaging Dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga Di Kelurahan Monjok Kecamatan Selaparang Kota Mataram Nusa
Tenggara Barat. State Islamic University (UIN) Mataram Juli Sulaksono, Nizar Zakaria, Peranan Digital Marketing Bagi Usaha
Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten
Kediri, Generation Journal /Vol.4 No.1/ e-ISSN: 2549-2233 / p-ISSN:
-4952
Kotler, Philip, 2000. Manajemen Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Prenhallindo. RPIJM (Rencana Program Investasi Jangka Menengah) Bidang Cipta Karya Tahun 2019-2023. 2019. Tangerang Selatan. Bab 2. Tambunan, Tulus .2000. Perkembangan Industri Skala Kecil di Indonesia, Jakarta: PT Mutiara Sumber Widya Tambunan, Tulus. 2003. Perkembangan UMKM dalam Era AFTA: Peluang, Tantangan,
Permasalahan dan Alternatif Solusinya. Paper Diskusi pada Yayasan Indonesia Forum. Tambunan, Tulus. 2012, Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: IsuIsu Penting. LP3ES Undang Undang Republik Indonesia No.20, Usaha Mikro Kecil dan Menengah. 2008