Pelatihan Dan Pendampingan Manajemen Keuangan Sera Pemasaran Digital Terhadap Pelaku UMKM Dikelurahan

Authors

  • Moch Rizal
  • Muhammad Luthfi
  • Wenty Febrianty
  • Rawidjo .
  • Rama Yuli

DOI:

https://doi.org/10.32493/jlkklkk.v3i3.p7-16.26112

Abstract

hatin di karenakan kondisi Pandemi Covid 19 yang mengakibatkan seluruh aspek ekonomi terkena dampaknya. Bagi kalangan masyarakat kelas menengah dan ke bawah tentunya kondisi ini semakin sulit bagi mereka, para karyawan yang tadinya bekerja sekarang sebagian besar menganggur karena terkena PHK sehingga perlu ada alternative pekerjaan diantaranya adalah dengan berwirausaha. Para pelaku usaha UMKM juga mengalami kendala yang sama, bisnis yang mereka kelola yang tadinya berjalan baik sekarang mulai terseok-seok dengan adanya pandemi dimana pelanggan mereka makin lama makin berkurang akibat adanya pandemi Covid 19 yang melanda sudah 2 tahun ini. PKM STIE Muhammadiyah Jakarta melakukan pelatihan dan pendampingan kepada pelaku UMKM di Kelurahan Sarua Indah Tangerang Selatan meliputi pelatihan mengelola keuangan, pelatihan dan pengenalan pajak, dan pelatihan pemasaran digital. Target luaran yang diharapkan dari Pengabdian Masyarakat adalah : 1) Meningkatkan kemampuan Pelaku UMKM dalam bidang pengembangan bisnis dan analisis peluang pasar, khususnya pasar online; 2) Para Pelaku UMKM dapat meningkatkan kemampuan / skill dalam hal manajemen administrasi dan keuangan; 3) Meningkatkan kemampuan dalam melakukan kegiatan pemasaran melalui platform online; 4) Mempromosikan bisnis Pelakuk UMKM dengan mitra bisnis STIEMJ seperti pemilik modal, bank, pemasok, distributor, dan lain-lain.

References

Freddy Aldo Setiawan. (2021). Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Indonesia, 10 (1), 41 – 59.

Haryanti, S., Mursito, B., & Sudarwati. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik pada PT. Danar Hadi Surakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 144–151.

Pasaribu, V. L. D., Agrasadya, A., Shabrina, N., & Krisnaldy, K. (2020). Menjadi Enterpreneur Muda Yang Memiliki Jiwa Leadership Untuk Menghadapi Masa Depan. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Pasaribu, V. L. D., Susanti, F., & Hartuti, E. T. K. (2019). Memotivasi Siswa dan Siswi SMK Letris Indonesia di Dalam Menentukan Pilihan Untuk Melanjutkan Pendidikan Atau Bekerja Setelah Lulus Sekolah. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 161-172.

Pasaribu, V. L. D., Sulaiman, S., Sutiman, S., Thaharudin, T., & Purnomo, B. Y. (2020). Pengenalan Letak Posyandu Terdekat Dikelurahan Pisangan Dengan Manajemen Pemasaran Revolusi 4.0 Untuk Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Letak Dan Fungsi Posyandu Terdekat Pada Kelurahan Pisangan. Dedikasi Pkm, 1(1), 105-110.

Pasaribu, V. L. D., Oktrima, B., Prabowo, B., Arianto, N., & Haryoko, U. B. (2020). Progam Pendampingan Dan Penyelenggaraan Pendidikan Anak Pada Usia Dini Terhadap Prestasi Belajar Dilingkungan Rt 020 Rw 009. Kel Giri Peni. Kec Wates. Yogyakarta. Jurnal Lokabmas Kreatif, 1(1), 71-75.

Pasaribu, V. L. D., Jannah, M., Fazar, M., Putra, S. P., Monalisa, M., & Sofa, M. (2021). MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS USAHA DIMASA PANDEMI PADA IBU PKK RT 004/003 KELURAHAN SAWAH BARU CIPUTAT, TANGERANG SELATAN. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 295-301.

Pasaribu, V. L. D., Yuniati, H. L., Pranata, R., Sembayu, R., Purba, S. M., & Nurbayani, T. T. A. (2021). MANAJEMEN KEUANGAN UNTUK MENGHADAPI DAN BERTAHAN DI ERA COVID 19. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(2), 12-18.

Pasaribu, V. L. D., Dwiyatni, A., Sabina, C., Ridwan, M., Gunawan, D. D., & Noviani, B. C. (2021). EVALUASI PENERAPAN 3M DIMASA PANDEMIC COVID 19. Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen, 2(2), 54-60.

Pasaribu, V. L. D., Syafei, A. N., Farhan, A., Aufaizah, A., Irani, C., & Firtiayani, S. R. (2021). PENGARUH DISPLIN

Downloads

Published

2022-12-05